Wednesday, August 8, 2012

Bento Untuk Buka Puasa




Pengalaman baru bagi kami yang saat ini tinggal di Jerman dalam menjalankan puasa di musim panas. Bukan cuaca panas yang menjadi tantangan kami, melainkan panjangnya waktu siang dan pendeknya waktu malam. Di awal Ramadhan kemarin, imsak jatuh ketika jam 2.30 subuh dan maghrib di hampir jam 10 malam. Puasa kami cukup panjang tapi alhamdulillah bisa terlakoni juga. Sebelumnya tidak terbayang bisa puasa dengan kondisi tersebut.


Mengadakan buka shaum bersama sepertinya berat sekali dengan perbedaan waktu seperti ini. Oleh karena itu untuk bisa berbagi nikmat ramadhan dengan ibu-ibu pengajian disini, terpintas ide untuk membuat bento/bekal sebagai tajil/makanan pembuka. Isinya sangat sederhana, hanya terdiri atas risoles, bacang, kurma yang disate dengan foodpicks, dan lumpia vietnam/summer rolls isi sayuran dan tempura udang. Tentunya semua home made, di sini tidak ada yang jual, jadi semua dibuat dan dimasak sendiri.

Sebagai hiasan saya gunakan daun selada keriting dan keju atau salami/ham yang dicetak dengan cetakan bunga berbagai ukuran kemudian ditumpuk dan dikuatkan dengan tusukan spaghetti. Sambil ngebento juga berdoa semoga yang menyantapnya & juga teman2 muslim lain, diberikan hidayah, keberkahan, kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. amiin.

Selamat berpuasa yah...
 


No comments:

Post a Comment

matched content: