Thursday, January 3, 2013

Wisata Kuliner di Siprus : Fish & Chips

Memesan makanan buat anak-anak selama bepergian seringkali jadi dilema. Anak-anak tak seadaptif orang tuanya dalam hal makan-memakan. Mereka, tentu saja tak bisa serta merta diperintah untuk menjajal makanan yang baru mereka lihat atau kenal. Pilihan paling mudah biasanya adalah kentang goreng.


Syukurlah kentang goreng adalah makanan biasa di satu pulau di Lautan Mediterania ini. Pengaruh penjajahan Inggris membuat Fish & Chips populer di negeri ini. Dua kali kami memesan Fish & Chips buat anak-anak selama di Siprus. Sekali di sebuah restoran sari laut di Pafos, Siprus selatan. Satu lagi ketika makan di sebuah ruman makan di kota tua Famagusta, Siprus utara.

Nama sama penyajian berbeda. Fish & Chips pertama mirip dengan ikan goreng plus kentang goreng di sebuah kedai ikan terkenal Jerman, Nordsee. Hanya saja, di versi restoran ini ada tambahan salat segar. Berupa potongan tomat, mentimun dan daun salat. Disajikan bersama mayonais. Ikannya dari ikan putih digoreng dengan tepung.

Versi Siprus utara lebih mencengangkan dan mengenyangkan. Isinya tak hanya kentang goreng, salat dan ikan goreng. Tapi ada tambahan nasi Turki. Dua potong besar ikannya sepertinya berjenis mackerel. Anak tertua saya tentu tak mampu menghabiskannya sendiri. Kami semua sepakat, Fish & Chips Famagusta lebih afdol rasanya.

2 comments:

  1. Hallo, salam kenal (^^,) ,, wah fish n chip nya tampak lezat ya ,, bener banget ,, menu spt ini favorit anak@ aku juga deh ,, hehehehehe ,,
    btw, blog bento nya bagus (^^,)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga... Anak-anak saya gak doyan burger, lebih pilih ini. makasih dah mampir ke blog kami...

    ReplyDelete

matched content: