Tuesday, May 13, 2014

Bento 'cepat sembuh'


Untuk teman-teman bento mania yang sedang sakit, semoga cepat sembuh yah. Berikut bento yang bisa buat pasien tersenyum. Kebetulan sudah lama tidak posting tutorial, saya sertakan juga cara membuatnya di sini.



Bekal ini diniatkan ketika menjenguk teman yang sedang sakit. Bingung mau membawa apa. Tapi sayang di kulkas sedang tidak ada persediaan lengkap. Selain itu lagi malas ke supermarket untuk beli bunga, jadi akhirnya buat bunga sendiri dari persediaan di kulkas.  Jadilah  bento/bekal cemilan yang terdiri atas pastel goreng dan pisang molen.


Sudah lama tidak makan pisang molen, jadi terpacu untuk membuatnya sendiri. Setelah cari resep di internet langsung buat pisang molen sendiri, ternyata tidak terlalu ribet membuatnya. 



Ketika menunggu pisang di goreng, iseng, saya cetak adonan sisa kulit molen satu persatu dengan cetakan huruf, sesuai dengan kata yang diiinginkan. setelah itu menggorengnya bersamaan. Kemudian pisang molen diletakan sedemikian rupa di kotak plastik dan huruf-hurufnya ditaruh di atas pisang molen. saya rekatkan dengan mengoleskan nutella ke setiap huruf supaya cetakan huruf bisa melekat pada pisang molennya.


Demikian juga pastelnya, bagian paling atas pastel diberi potongan nori yang sudah di gunting membentuk mata dan mulut (pakai nori puncher pernah diperlihatkan di sini). saya oleskan mentega/margarine supaya norinya melekat sempurna.

Resep pastelnya bisa disimak di video berikut:

Video dan Cara membuat pastel:

Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya

Hiasan

Untuk mengisi ruang-ruang kosong di kotak, digunakan daun selada juga hiasan bunga yang dibuat secara sederhana dari irisan tomat dan timun, seperti berikut ini:

cara membuat bento: potong tomat cherry dengan  pola zigzag, pakai pisau yang  ujungnya runcing dan tajam
cara membuat bento: buat daun dengan potongan timun, bisa pakai pisau atau bisa juga dengan menggunakan cetakan

cara membuat bento: setelah itu rangkaikan tomat dan potongan timun dengan menggunakan tusuk gigi. siap untuk dipakai sebagai hiasan bento

bento 'cepat sembuh' :)

7 comments:

  1. cantik sekaliiii...iya ya, kalau sedang sakit dikasih bento bakalan akan lebih jadi bahagiaaa...abis ntu cepat pulih deech

    ReplyDelete
  2. lia... yang cantik maksudnya bentonya hihi... akuuu maauuu dikirimin......

    ReplyDelete

matched content: