Tuesday, December 9, 2014

Sate Sayuran

Kalau sate berbahan protein hewani, pasti kita sudah sangat kenal. Mulai berbahan ayam, daging sapi, kambing, kelinci, sampai sate sari laut. Sate banyak penggemarnya. Termasuk kami sekeluarga.


Musim panas biasanya juga musim nyate. Orang-orang mengadakan pesta kebun sambil bakar-bakar. Tak semua sate ditusuk. Banyak yang berupa steak. Daging di potong, dibumbui, dibakar. Tak perlu repot membumbui sendiri. Di supermarket sudah tersedia daging yang sudah dibumbui. Kalau mau versi halal, ada di toko Turki. Tapi biasanya cuma ada ayam dan kofte, terbuat dari daging sapi/kambing cincang, dan dibumbui. Musim dingin kalau mau nyate di dalam rumah. Pakai alat bakar listrik.

Nah biar gak eneg terlalu banyak makan daging, saya sering nyate sayuran juga. Kadang tak perlu dibumbui. Dipotng-potong, trus ikut dibakar di atas arang. Yang sering kami pakai adalah terong, jamur kancing, zucchini, dan paprika. Kadang juga tomat dna bawang bombay.

Kalau mau dibumbui, saya pakai bumbu sederhana. Terdiri dari minyak zaitun, sedikit garam, merica, ditambah potongan daun peterseli. Kadang juga ditambai paprika bubuk. Campur semuanya, oleskan ke permukaan sayuran sebelum dibakar. Enakkkkkkk!!!

No comments:

Post a Comment

matched content: