Wednesday, September 2, 2015

Resep nasi liwet dan nasi warna warni praktis



Ah senangnya bisa memasak nasi warna warni yang enak tanpa harus pusing siapin bumbu dan sebagainya. Lah kok bisa? Ini dia rahasianya. Simak juga resep nasi liwet Sunda yang buatnya simple tapi rasanya maknyuss.


Hidangan di atas menggunakan beras merah yang pulen enak. Berasnya didapat langsung dari petaninya. Sajian khas sunda yang hanya ditemukan di pedesaan, lauknya terdiri atas ikan asin yang dibakar, aneka lalapan beserta sambal. Lalapannya mulai dari yang bisa buat  mulut wangi (kemangi) sampai yang bisa buat  mulut bau (pete) hihihi. Bagi kami di jerman ini makanan mewah banget, karena ikan asin disini susah diperoleh apalagi nasi yang warnanya merah ungu seperti ini.


Nasi warna siap didandani dalam bento
Nah kalau  nasi yang ini bukan nasi yang warnanya alami tetapi diberi pewarna. Salah satu cara untuk membuat penampilan bento menarik adalah dengan menggunakan nasi warna warni. Ada banyak cara membuat nasi warna warni secara alami atau dengan menggunakan pewarna sintetik. Masing-masing punya kelemahan dan keunggulannya. Tergantung preferensi masing-masing. 

Belakangan ini ada yang memproduksi nasi warna warni yang pewarnanya menggunakan pewarna alami, seperti kunyit (warna kuning), angkak (warna merah), ubi ungu (warna ungu). Apalagi nasinya bisa dibuat instant. Jadi meringankan banget pekerjaan membuat bento. Di jaman sekarang gak hanya mie aja yang bisa instant tetapi sajian nasi juga bisa dibuat instant. Hebat yah produk Endonesah *sambil kibas rambut.


Nasi instant banyak ragamnya ada yang nasi uduk, seperti nasi warna merah dikotak bento di atas. Nasi merah ini dimasak menggunakan nasi uduk instant. Ada juga nasi instant liwet berbagai rasa. Bedanya kalau nasi uduk pakai santan, kalau nasi liwet biasanya gak ada, cuman pakai minyak aja.

Nasi seperti ini emang praktis banget kalau tetiba ingin makan enak tapi malas masak. Satu paket nasi uduk biasanya terdiri atas beras, santan (bentuknya kayak krim), daun salam dan serai kering, serta bubuk pewarnanya yang alami. Kalau yang liwet, selain beras dilengkapi dengan daun salam, serai dan laos kering, ikan asin (bisa teri atau jambal tergantung rasanya), bawang goreng, minyak sayur dan bumbu penyedapnya.

Tergolong sering banget dapat hadiah nasi instant terutama dari teh intan dan mama nya, kalau pulang ke Indonesia pasti disempilin satu nasi instant seperti ini, Nasi uduk warna merah, nasi liwet instant rasa jambal, nasi liwet instant rasa teri. Berikutnya bakal dikasih nasi yang kayak gimana lagi yah? *eh masih ngarep.

TIPS memasak nasi liwet instant: Kalau saya biasanya hanya menggunakan sedikit bumbu penyedap sisanya ditambahin sendiri garam, karena berasa banget gurihnya, mirip MSG. Alternatif lain, tambah jumlah berasnya pakai beras sendiri, alhasil rasanya tetap nikmat dan gurihnya tidak buat pusing kepala (bagi yg ga biasa dengan MSG).

Kalaupun gak ada nasi instant seperti ini. Membuat nasi liwet sendiri juga bisa.


Cara memasak nasi liwet basic:

Setahu saya, liwet adalah salah satu metode memasak nasi, yakni memasak beras hingga menjadi nasi yang matang dalam sebuah panci, biasanya di panci kastrol. Beras tidak diaron dan dikukus. Melainkan proses pematangannya berlangsung disatu wadah/tidak dipindah-pindah. Prinsipnya kayak masak di ricecooker sebetulnya ya. Meski tidak diberi bumbu apa-apa itu namanya sudah nasi liwet, kalau di jawa barat, nasi liwet basic. *istilah saya aja klo yg ini

Berbeda dengan di Solo jawa tengah, nasi liwet adalah makanan khas yang berasnya dimasak seperti nasi uduk disajikan dengan berbagai macam hidangan pendamping. Saya belum pernah icip sih, tapi yakin rasanya pasti enak juga.

Cara memasak nasi liwet sunda, tinggal masukankan beras pulen yang sudah di cuci dalam panci, beri air secukupnya (kurang lebih 1 buku jari di atas permukaan beras), Jika ingin nasinya berasa enak, masak beras bersama daun salam, serai, garam, gula atau penyedap rasa (bagi yang suka). kemudian tutup dan masak dengan api besar hingga mendidih dan airnya meresap. Setelah itu kecilkan api dan biarkan nasi matang dan tanak. Tumisan bawang merah atau bawang goreng bisa ditaburkan di atas nasi setelah matang. Resep nasinya bisa dilihat di bawah.


Cara memasak nasi liwet atau uduk warna warni:

cara buat sendiri nasi uduk warna
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi warna

Nasi warna warni kalau menggunakan resep nasi uduk , biasanya ada bahan santan. jadi hasilnya agak berlemak. kalau nasinya berlemak akan susah dibentuk-bentuk karena mencar/pyar/bear. nah untuk mengakalinya bisa tanpa menggunakan santan jadinya seperti nasi liwet saja atau jumlahnya dikurangi kalau memang ingin ada rasa gurih santan.


memasak nasui uduk warna di ricecooker
cara membuat nasi warna di ricecooker
Jika  ingin nasinya warna warni, tambahkan ekstrak pewarna alami (yang ini dengan ektrak dari angkak) bersama bahan lainnya (Resep nasi liwet di bawah), kemudian aduk rata dan masak hingga matang. Aduk sesekali supaya warnanya merata terutama ketika setengah matang, dan airnya hampir habis, diaduk lagi supaya warna dan bumbunya merata. Warna bisa berubah tergantung kualitas pewarnanya setelah melalui proses pematangan. 


cara membuat nasi warna
Nasi warna pinki tua untuk bento 

Nasi yang sudah berwarna seperti ini siap dipakai untuk bento. Kalau mau dibentuk lakukan ketika masih hangat supaya mudah.

Video cara memasak nasi liwet warna merah


silahkan klik gambar di atas untuk lihat videonya.


Resep nasi liwet ikan asin

nasi liwet sunda teri cabe rawit dan pete
Nasi liwet karya warung nini (teh intan), dengan topping teri, cabe rawit, cabe gendot dan pete.

Variasi nasi liwet banyak sekali tergantung topping. Topping ditumis atau dimasak secara terpisah, Ketika nasi liwetnya hampir matang, disiramkan ke atas nasi. Biasanya tumisannya berupa goreng ikan asin. Berikut salah satu resepnya yang paling mudah dibuat:

Bahan nasi:

500 gr beras cuci bersih atau sekitar 3.5 cangkir takaran beras. Kalau bisa pakai beras yang pulen dan wangi.
2-3 lembar daun salam
1 batang serai digeprek
Air secukupnya (kalau suka santan bisa juga ditambah dengan air santan)
Kaldu ayam bubuk secukupnya

TIPS: Bisa ditambah sedikit margarin supaya tidak lengket ke panci/ricecooker yang digunakan.

Bahan tumisan:

  • Ikan asin secukupnya sesuai selera, jenisnya bisa dipilih sendiri misalnya ikan jambal roti, ikan teri, ikan gabus, cumi telur asin, ikan peda, dll. Ikan asinnya di cuci dan di goreng terlebih dahulu.
  • 4 siung bawang merah diiris
  • 1 cabe diris tipis
  • 1 batang bawang daun iris kasar
  • Cabe rawit secukupnya dibiarkan utuh
  • Garam dan gula secukupnya
  • bisa ditambah pete atau bahan lainnya sesuai selera


Cara memasak nasi liwet:

1. Masukan beras dan semua bahan ke dalam panci bubuhi dengan kaldu ayam dan atau sedikit garam kemudian aduk rata dan tutup. Masak dengan api besar di awal hingga mendidih.

2. Sambil menunggu beras mendidih, kita bisa sambil memasak toppingnya. Tumis bawang merah hingga wangi, masukan cabe dan ikan asin yang sudah digoreng, aduk rata. Jika api terlalu panas bisa ditambah air sedikit supaya tidak gosong. Masukan cabe rawit dan bawang daun serta beri garam dan gula jika perlu. Sesuaikan rasa, kemudian angkat.

3. Jika beras sudah mendidih dan airnya sudah mulai berkurang, aduk aduk supaya bawahnya tidak gosong. Kecilkan api dan tutup kembali.

4. Sebelum nasi matang siramkan hasil tumisan tadi ke atas beras kemudian tutup dan tunggu hingga matang.

5. Jika memasak menggunakan ricecooker lakukan hal yang sama seperti di atas, masukan semua bahan nasi ke dalam rice cooker, aduk hingga rata, kemudian masak hingga nasi matang, sambil sesekali dibuka dan diaduk rata. Tumisan dimasukan ketika beras sudah 3/4 matang atau biasanya ketika mode ricecooker berubah dari cook jadi warm, bisa dimasukan ketika itu. Kemudian tunggu beberapa saat (5-10  menit) hingga nasi tanak. 


Nasi liwet enak disantap bersama dengan sambel terasi, aneka lalapan, ikan goreng, ayam goreng, tahu, tempe, pepesan, dll. Biasanya nasi liwet disantap rame-rame lebih nikmat. Tidak cocok untuk yang diet, karena suka refleks nambah berkali-kali.

8 comments:

matched content: