Wednesday, September 23, 2015

Resep Rujak Buah Mudah dan Segar

Rujak Es Krim

Siang-siang yang panas, banyak alternatif untuk menyegarkan mulut, salah satunya menikmati rujak es krim. Salah satu pilihan yang pas menikmati buah dengan bumbu kacang yang dipadu padan dengan es krim serut rasa kopyor atau vanila. Kebetulan di jalan menuju perumahan kami, ada penjual rujak es krim yang selalu antri kalau pas beli di sini, hehehe. Buka jam 11 siang dan tutup jam 3 sorean. Rujak es krim ini tidak lain adalah rujak buah yang diberi topping es krim.

Kalau manda lebih suka membeli untuk dibawa pulang. Masukkan sebentar rujaknya di kulkas dan es krimnya di freezer, akan terasa lebih dingin dan segar saat disantap. Rasa rujak es krim yang dimakan bersamaan akan lumer di mulut nano-nano rasanya, mulai dari manisnya bumbu, asemnya buah dan pedasnya cabe dalam bumbu uleknya. Ditambah dingin nyus es krim yang sudah ditambah coklat susu cair, nyaaammm....


Rujak Es Krim Nyuss

Untuk yang tinggal di daerah yang kebetulan mudah menemukan penjual rujak es krim, tidak masalah memenuhi rasa ingin dengan membawa dompet dan keluar sebentar untuk membelinya. Harga seporsi rujak es krim 10 ribu rupiah. Mungkin berbeda-beda sesuai porsi es krimnya *kalau manda es krimnya beli 1 cup penuh* Sampai di rumah topping es krim ditambahi coklat susu cair dan kemudian dimakan bersama-sama sampai lumer nano-nano di mulut.

Lalu, bagaimana kalau tidak menemukan penjual rujak es krim seperti yang manda jumpai di kota yogyakarta?

Baiklah, mari kita mencoba membuat rujak buahnya dulu ya.. Nanti es krimnya bisa buka resep es putar, hehehehe..

Resep Rujak Buah


Bahan :
  • cabe sesuai selera (2 cabe rawit udah skala pedas sedang)
  • terasi dibakar/digoreng kering (terasi sudah dipotong kecil agar teksturnya bisa mripil)
  • garam (sejumput atau 1/2 sdt)
  • air asem (asem jawa dilarutkan ke air panas secukupnya, ambil airnya 1 sdm)
  • gula jawa (sesuai selera dan menyesuaikan banyaknya buah)
  • kacang tanah yang digoreng (sesuai selera, pengalaman 2 tangkep gula jawa 1 sdm kacang tanah)
Buah :
  • pepaya mengkel (pepaya yang belum matang sekali, biasanya berwarna orange)
  • mangga (lagi musim), enak mangga arumanis yang masih mengkel
  • mentimun
  • bengkoang
  • jambu air
  • nanas (nanas madu lebih enak)
  • kedondong (buat saya optional)
Dan buah-buahan yang menjadi selera anggota keluarga, asal tidak lunak ketika diaduk-aduk dan dipotong tipis ya.. Setelah buah dicuci bersih, kita serut buah dengan alat serut yang banyak dijual di toko-toko. Kalau tidak ada manual dengan pisau juga bisa dengan sayatan yang tipis-tipis. 

Cara membuat bumbunya juga mudah sekali, tinggal campur seluruh bahan dan ulek dengan urutan : cabe, kacang tanah, garam, air asem, terasi dan gula jawa. Untuk bumbu lotis, tidak udah ditambah air dan dicocol dengan buah yang irisannya lebih tebal. Untuk bumbu rujak, tambahkan air asemnya dan campur buah-buahan di dalam bumbu.

Jadi inget penjual lotis dan rujak yang berkeliling di seputaran rumah, kadang-kadang mereka menambahkan pisang mentah dan rasa bumbunya jadi lebih enak dan pas ada sepet-sepetnya. Cara menikmati buah-buahan dengan dicocol bumbu ini membuat kami tidak bosan menyantap buah yang jarang bisa dimakan sendirian, hehehehehe. Buah-buahan yang menurut saya nggak ada rasanya, xixixixi..

Kalau belum nemu bagaimana caranya membuat es puter, dinginkan saja rujaknya ke dalam freezer (biar lebih cepat), lalu nikmati selagi dingin (bukan beku). Mudah sekali kan cara membuatnya? Selamat mencoba ya..

4 comments:

matched content: