Monday, December 14, 2015

Ristorante Pizzeria Venezia di Karlovy Vary

memasak spaghetti
Spaghetti frutti di mare
Salah satu tantang ketika melakukan perjalanan jauh atau liburan, bagi kami, adalah mendapatkan makanan makanan halal lagi cocok dengan lidah plus kantong. Ada makanan kelihatan enak dan halal, eh harganya tak ramah dompet. Begitu pun sebaliknya.

Sebenarnya kami sekeluarga tidak terlalu ribet dalam urusan makan. Anak-anak dikasih roti tawar dioles mentega dan keju saja sudah doyan banget. Atau makan salad plus buah zaitun. Akan tetapi, ada kalanya kami ingin makanan yang lebih memuaskan selera. Atau memuaskan lidah, tepatnya.


Salah satu pilihan ketika berlibur di tempat di mana makanan halal susah ditemukan, kami kadang mendatangi kedai masakan Italia. Atau pizzeria. Di Pizzeria tak hanya tersedia pizza. Namun juga pasta, serta beberapa macam makanan lainnya. Kami pilih saja yang versi vegetarian atau berbahan dasar ikan. Anak-anak doyan pizza dan pasta. 

Di kota Karlovy Vary atau Carlsbad di Republik Ceko juga demikian. Di kota yang turisnya paling ramai nomor dua di Ceko ini, kami tidak melihat satu tempat makan pun yang berlabel halal. Kami hanya seharian di kota ini. Mungkin ada seh di pusat kota, kami aja kali yang kelewatan atau kurang perhatian.

Karlovy Vary kota cantik. Punya gedung-gedung merah nan elegan. Kota ini terkenal sebagai kota spa di Eropa. Ia bahkan pernah jadi setting salah satu film James Bond: Casino Royale. kami berada di sana ketika musim dingin. Karena sudah beberapa jam berjalan, perut sudah minta diisi. Padahal sebenarnya belum masuk jam makan siang.

Setelah mengamati beberapa rumah makan di pinggir jalan, akhirnya kami putuskan melipir ke sebuah pizzeria. Makan pizza aja, deh. Namanya Ristorante - Pizzeria - Venezia. Itali banget dah. 

"Horeeee!" anak-anak menyambut dengan ria.

Kami masuk ke dalam rumah makan yang terlihat apik dan nyaman. Suasana di dalamnya sepi saja. Sampai saya agak ragu. Enak gak nih, makanannya?

Memasak lasagna
Lasagna isi terong
Kami memilih tempat duduk, lalu meletakkan mantel dan jaket di gantungan. Pramusaji datang sambil membawa tiga buku menu. mempelajarinya, saya sadari bahwa makanan yang dijual lumayan banyak jenisnya. Mulai makanan pembuka hingga penutup. Selain pizza dan pasta, tersedia berbagai hidangan utama berbahan daging serta ikan.

Anak-anak langsung memilih pizza. Kami pilih pizza vegetarian, Margerita, serta pizza tonno, atau pizza topping ikan tuna. Keduanya memang favorit mereka. Favorit kami juga. Suami saya pilih spaghetti frutti di mare. Atau spaghetti sea food. Sedangkan saya pilih pasta vegetarian saja. Lasagna isi terong bakar. Menurut informasi di buku menu, sih, itu resep kreasi chef mereka. Kalau minumnya anak-anak lebih memilh minuman ringan atau cokelat hangat. Untuk para orang tua, kopi. 

Restoran ini sungguh nyaman dan luas. Menurut situsnya, ia bisa menampung hingga 160 orang pelanggan. Di bagian depan bentuknya mirip teras berdinding kaca transparan. Sehingga orang bisa memandang ke luar tanpa perlu merasa khawatir kehujanan atau kedinginan. Wifi gratis tersedia. Di zaman sekarang ini, free wifi sudah menjadi daya tarik sendiri bagi sebuah rumah makan. Pas makan sudah bisa saling bertukar pesan di wa, pamer di media sosial, atau selfie trus diunggah. hehehe.

Kalau ada wifi di tempat makan, menunggu agak lama tidak masalah. Walau saya lebih suka memperhatikan sekitar. Tak lama, pizza pesanan pun hadir. Ukurannya lumayan lebar. Berdiamater sekitar 40 cm. Mata anak-anak berbinar-binar. Sayang gak bawa saos sambal. Makan pizza dicocol sambal tentu lebih sedapppp.

Lasagna pesanan saya datang. Disajikan di atas sebuah piring lebar. Bersama potongan daun salad. Bumbu isi lasagna-nya agak asam. Akan tetapi, isi terong bakar yang dicincang ini sangat unik rasanya. Buat saya, enak. Walau kelihatannya sedikit, porsinya mengenyangkan perut saya. 

Suami saya bahagia menyaksikan porsi spaghetti frutti di mare pesanannya yang aduhai. Tidak hanya mie spaghettinya menumpuk di piring pasta yang cekung. Namun karena seafood-nya pun banyak. Jarang-jarang spaghetti frutti di mare safoodnya sebanyak ini.

Kesimpulan kami makan di restoran ini, rasanya enak. Enakkk pakai banget nggak juga, seh. Tidak mengecewakan lidah dan porsinya tak mengecewakan perut. Anak-anak suka pizzanya. Pesan tiga habis buat bertiga. Saya dan suami cuma kebagian masing-masing sepotong. 

Soal harga, untuk sekelas restoran yang dilayani seperti ini, tidak terlalu mahal. Oh ya, saat kami makan pelanggan lain berdatangan hingga hampir penuh kursi dan mejanya. Jadi kalau pas ke Karlovy Vary dan bingung mencari makanan, restoran ini bolehlah saya rekomendasikan. 

Ristorante Pizzeria Venezia

    Zahradní 60/43, 360 01 Karlovy Vary, Tschechische Republik
    Jam buka 11:00–00:00 Uhr

No comments:

Post a Comment

matched content: