Thursday, July 1, 2010

Salate : Inspirasi Menyegarkan di Musim Panas

buku resep jerman
Buku resep salad

Bersamaan dengan buku masakan Turki ini, saya juga meminjam buku tentang salat. Judulnya "Salate" oleh Christian Teubner.


Sejak tinggal di Jerman ini, kegemaran saya makan salat makin meningkat. Mungkin karena disini saya melihat orang sudah umum makan salat dan salat siap makan tersedia di mana-mana. Supermarket, toko roti, restauran cepat saji dengan harga bervariasi. Porsinya mengenyangkan bagi saya. Sausnya bervariasi. Tinggal dipilih sesuai selera. Saus yoghurt adalah favorit saya. Ini adalah makanan sehat alternatif saat bepergian.

Di buku ini disajikan bermacam-macam resep daun salat. Jenis-jenis daun salatnya adalah yang umum dijual di Jerman. Dari segala musim. Sayuran musim panas, dingin, semi dan gugur. Saya juga baru tahu bahwa salat tak hanya dimakan sebagai makanan segar. namun bisa disajikan sebagai makanan pembuka, makanan utama maupun pencuci mulut. tergantung cara kita mengolahnya. Kalau untuk makanan utama misalnya, salat disajikan bersamaan dengan karbohidrat, seperti gandum dan pasta.

Kata Teubner, elemen utama salad adalah saus. Hampir setiap jenis daun salat punya padanan saus tersendiri. Yang paling umum adalah saus mayonaise. Beliau juga mengetengahkan cara membuat sendiri berbagai macam saus salat.

Saya tak mencatat resep-resep di dalamnya. Buku ini bagi saya bagus untuk referensi dan memperkaya khasanah dunia salat. Cara-cara menghias, memotong berbagai sayuran serta menyajikannya juga sangat berguna.

No comments:

Post a Comment

matched content: