Tuesday, March 8, 2011

Cara memilin pastel

Memadukan seni dengan keterampilan masak memang susah susah gampang yah. Bukan hanya membuat bento yang cantik cantik, tetapi juga dalam membuat jajanan pasar atau makanan ringan khas ibu pertiwi, seperti pastel misalnya. 

Pastel
Pastel hasil dipilin tanpa alat

Berikut ini hasil mempraktekan ilmu membuat bentuk pastel dalam bentuk video, yang diajarkan oleh Dea.

Video cara memilin pastel tanpa alat:



Sebelum dimulai tentu saja bahan-bahan perlu disiapkan, diantaranya kulit pastel (butter, tepung terigu dan air garam) dan juga isiannya (wortel, ayam, kentang, buncis). Resepnya banyak macamnya bisa di lihat linknya: resep pastel goreng yang renyah atau lihat video di bawah. Yang ingin kami tunjukkan kali ini adalah cara memilin pinggiran pastelnya saja.


Adonan kulit dibuat bundar dengan menggunakan cetakan  berbentuk bulat yang ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Setelah itu letakan isian di tengah dan lipat kulit sehingga membentuk setengah lingkaran dengan mempertemukan ujungnya. Selanjutnya adalah merekatkan ujungnya tersebut, dengan memulai dari bagian paling ujung, pegang dengan ibu jari dan telunjuk yang mengapit, tekan pinggirannya dengan ibu jari kemudian lipat ke bagian dalam, begitu seterusnya sampai bagian pinggir terpilin semua.

Untuk resep lengkap pastel, silahkan klik video di bawah ini:

Video dan Cara membuat pastel:

12 comments:

matched content: