Friday, March 11, 2011

Bento ayam goreng dan lalapan

Indonesian fried chicken bento
Bento ayam goreng lengkap dengan lalapan dan sambal

Menyunda (sunda), bento yang dibuat kali ini. Awalnya ingin membuat nasi timbel komplit, tapi karena daun pisangnya gak punya dan males beli karena di jerman daun pisang relatif mahal, jadi akhirnya supaya nasinya terlihat menarik meski tanpa daun psisang, nasi dicetak menjadi bentuk beruang, kelinci dan anjing yang lagi pada tersenyum bahagia.


bunny rice
Nasi bentuk kelinci diberi nori (bagian mata dan mulut) serta bulatan surimi supaya tampak lebih kawaii
Tiga cetakan nasi ini dibeli lewat ebay. Waktu itu senang sekali bisa memenangkan lelangnya dengan hanya seharga 1 euro untuk 3 buah cetakan. Tapi kemudian baru tersadar, bahwa toko/yang jualnya ada di Cina. jadi sebetulnya lebih mahal ongkos kirimnya dari pada cetakannya hehehe.... Tapi seru-seru aja bisa nge-bid di ebay dengan harga murah seperti itu.

tomato with sambal/hot chili sauce
potongan tomat yang dibuat menjadi tempat sambal terasi
Untuk mendukung tema bekal dengan menu makanan sunda, di bagian dasar kotak bento saya taburi dengan salat segar beranekaragam, Potongan tomat dibuat menjadi tempat sambal terasi. Tomat saya potong seperempat dan isinya dibuat sambal.

Paha ayam dimasak dengan bumbu kuning, diungkap semalamam, dimasak dahulu dengan bumbu halus yakni bawang bombay (aslinya bawang merah), bawang putih dan kemiri, ditambah daun salam dan kunyit bubuk.

Untuk pencuci mulut berupa buah segar strawberi. Hiasan lainnya berupa kulit buah tomat yang dibentuk mawar serta surimi/imitation crab.


2 comments:

  1. mbak mau nanya kalo buat merah2 pipinya itu pake apa?potongan wortel kah?ada alternatif lain gk ya selain wortel untuk bulatan merah di pipi gtu hehe maksaih bnyak mb..:)

    ReplyDelete
  2. itu bagian yang warna merah pakai surimi. pakai wortel juga bisa. supaya gampang dicetak wortelnya direbus dulu, trus cetak pakai sedotan atau cetakan bulat. atau lebih gampang lagi pakai saus aja. maaf baru balas, baru ol lagi nih.

    ReplyDelete

matched content: