Tuesday, April 12, 2011

Zimtsterne dan Vanilla Kipferl

PR LBT 4 kali ini temanya Rolled Cookies.
Mencoba mempraktekkan kue-kue khas negara ini, salah satunya zimtsterne dan vanilla kipferl. Resepnya diambil dari buku Koch und lebenskunst aus Deutschland dan karton pembungkus loyang kipferl. Harusnya zimtsternenya dipakai icing gula, tapi saya tidak terlalu suka manis jadi dilhilangkan saja, sedangkan vaniila kipferlnya sebagian saya balut DCC 75% yg tidak terlalu manis, persediaan gula halus juga habis jadi tidak saya pakai juga.
Ini dia resepnya :

Zimtsterne (bintang kayumanis)
Bahan :
3 butir putih telur
250 gr Gula halus
250 gr Almond bubuk
kulit jeruk lemon dari 1 buah lemon
2 sdt kayumanis/zimt
gula bubuk dan tepung untuk mencetak supaya tidak lengket.

Cara Membuatnya :
Kocok putih telur hingga berbusa, matikan mixer, masukan gula bubuk dan bubuk almond, kayumanis dan kulit jeruk. Aduk rata hingga bisa di cetak. Taburi tempat untuk menggiling adonan dengan terigu dan gula halus, taruh adonan diatasnya, giling dan cetak. Tempatkan diloyang datar yg dialasi kertas roti, panggang 150 derajat selama 20 menit. Setelah dingin bisa dihiasi icing sugar, jika suka.

Vanilla Kipferl
Bahan :
95 gr Terigu
25 gr almond bubuk
60 gr gula
1 bungkus vanilla
100 gr butter suhu ruang
1 butir telur
50 gr keju parut
gula bubuk dan DCC untuk hiasan

Cara Membuatnya :
Semua bahan kecuali yg untuk hiasan diaduk rata, adonannya lengkat bgt karena memang untuk dicetak diloyang lgs. Setelah bahan tercampur rata, cetak lgs kedalam loyang. Nanti kapan2 aku posting di group LBT ya bentuk loyangnya. Panggang 160 cerajat selama 15-17 menit. Dinginkan, beri taburan gula halus atau dicelup DCC. Siap dinikmati teh panas atau secangkir kopi.
Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

matched content: