Sunday, February 8, 2015

Cetakan Bento

Apakah teman sering mendengar istilah cetakan bento? Penggemar bento tentunya kenal. Saya pribadi tergolong sering mendengar, bahkan mendapat pertanyaan dari beberapa sahabat bento mania di fan page, tentang cetakan bento. Bagaimana menggunakannya, di mana membelinya, cetakan apa yang paling berguna, dll.

Cetakan-cetakan yang digunakan untuk membuat bento sangat banyak jenis dan ragamnya. Semua tergantung jenis bahan makanannya. Untuk pemula cetakan seperti ini biasanya dicari, karena lebih praktis jika membuat beberapa kyaraben atau bento berbentuk karakter. Dalam waktu yang cepat bisa mencetak dengan hasil yang memuaskan. 

Awal berkenalan dengan bento, saya tergolong sangat ganas dalam berburu cetakan. Sepertinya alat-alat bento menjadi sebuah keharusan untuk menyalurkan hobi saya tersebut. Meski pada beberapa kasus cetakan bento kadang jarang juga dipakai apalagi jika karakter tersebut bisa dibentuk hanya dengan pisau, atau bentukan tangan sendiri.

Beberapa waktu yang lalu sempat juga berkenalan dengan pengusaha catering bento via fb. Wah saya sangat kagum dengan ide-ide bekal makanan bento yang dikomersialkan untuk pesta ulang tahun anak dan acara lainnya. Untuk membuat bentuk kyaraben yang rapih dalam jumlah yang banyak, sepertinya cetakan bento tersebut sangat berperan. Berkat cetakan, dalam waktu cepat bisa membuat bentuk-bentuk karakter lucu yang disukai anak. Pernah juga melihat tumpeng modern yang hiasannya menggunakan bahan makanan cetak berbentuk kharakter lucu, seperti layaknya bento tapi dalam tampah besar.

Saat ini, cetakan bento lebih mudah diperoleh ketimbang beberapa tahun lalu ketika kami memulai blog ini. Untuk itu, kami dan teman-teman bento mania patut bersyukur. Seiring dengan meningkatnya peminat bento, maka peralatannya pun lebih lazim tersedia.

Kali ini saya ingin sekali membahas kembali beberapa cetakan bento yang bermanfaat, tidak hanya untuk membuat bekal makan siang (bento) keluarga tetapi juga untuk hiasan-hiasan hidangan dalam acara khusus. Atau untuk kebutuhan komersial. Cetakan tersebut bisa mempercantik atau memperlucu penampilan makanan serta membuat orang semakin ingin menyantapnya. Jenis-jenis cetakan bento berikut bisa berperan dalam meringkas waktu pembuatan bento. Apalagi jika bento yang dibuat dalam jumlah banyak semisal untuk katering. Hingga keberadaan alat seperti cetakan bento dirasa sangat bermanfaat.



Cetakan sayuran/Vegetable cutter/cookie cutter

Cetakan seperti ini bisa terbuat dari plastik atau aluminium. Digunakan untuk mencetak sesuatu dalam bentuk 2 dimensi seperti mencetak irisan sayuran, wortel, timun, keju, ham, roti, telur dadar, dll. Cetakan untuk membuat kue kering/cookies juga bisa dimanfaatkan untuk membuat bento jika bentuknya sesuai dengan tema bentonya. Beberapa cetakan seperti ini juga didesain khusus untuk bahan makanan tertentu seperti cutter khusus untuk merias telur.




Cetakan nasi

Cetakan nasi digunakan untuk membuat nasi beraneka ragam bentuk. Ada yang bentuknya seperti hello kitty, ikan, mobil, panda, dll. Biasanya cetakan seperti ini terbuat dari plastik, tidak lengket sehingga mudah mengeluarkan nasi dari cetakan. Bahkan ada juga cetakan sushi yang kita tidak perlu menggulungnya, cukup dengan mencetaknya maka sushi akan terbentuk sempurna. Cetakan nasi onigiri yang bentuknya segitiga juga cukup ngetren di Jepang. Orang Jepang biasanya membentuknya dengan tangan, tapi tentunya bagi pemula lebih gampang jika menggunakan cetakan.

Cetakan telur

Cetakan ini fungsinya ada dua jenis untuk mencetak telur rebus atau telur ceplok. Merubah telur rebus yang bentuk umumnya bulat lonjong menjadi bentuk unik kesukaan anak, seperti bentuk ikan, mobil, bola, kelinci, hati dll. Cetakan ini ada dua ukuran, kecil untuk telur puyuh dan ada ukuran yang lebih besar untuk telur ayam. Selain itu ada juga yang bisa mencetak kuning telur dengan berbagai bentuk. Cara penggunaan cetakan tersebut bisa dilihat di postingan sebelumnya.






Sedangkan untuk telur ceplok, lebih mudah penggunaannya, hanya tinggal meletakan telur mentah didalam cetakan telur tersebut di atas wajan Teflon, dimasak hingga matang. Cetakan ini mencetak bentuk dua dimensi, sedangkan cetakan telur rebus bentuknya 3 dimensi.








Cetakan sandwich

Digunakan untuk mencetak roti sesuai bentuk yang diinginkan. Dengan cetakan ini kita bisa membuat sandwich isi yang pinggirnya tertutup rapi. Ada juga cetakan yang hanya digunakan untuk membuat bentuk 2 dimensi, seperti bentuk hati, bintang, beruang, dll biasanya cetakan ini juga dijual bersama stempelnya.





















Stempel

Alat seperti ini biasanya digunakan untuk membuat stempel motive pada roti atau bahan makanan lain. Sehingga ketika dipanggang, motive tersebut akan terlihat jelas.












Pembolong nori / nori puncher

Digunakan untuk membuat smiley atau raut wajah dari selembar nori (rumput laut untuk sushi). Selain raut wajah ada juga bentuk lainnya, seperti bentuk beruang, bintang, pohon dll. Bentuk seperti itu biasanya berupa pembolong kertas yang biasa dijual di bagian stationary untuk membuat kartu-kartu ucapan dll.













Cetakan sosis

Cetakan sosis ini biasanya terbuat dari plastik yang fungsinya untuk membuat sosis dengan bentuk tertentu, seperti bunga tulip, kepiting, penguin, cumi/oktopus.











Beberapa diantara sekian peralatan bento selain cetakan bento di atas yang juga penting dalam merias adalah gunting, pisau kecil, pinset, tusuk gigi, sedotan dalam berbagai ukuran, kertas minyak yang tipis, dll. Bagaimana barang-barang tersebut bisa kita manfaatkan? Simak terus postingan kami, yaaa! …


8 comments:

  1. wiii kereenn yaa.. jadi seneng ngebento kalau lucu-lucu beginii.. yang belum punya stamps nyaa... +_+

    ReplyDelete
    Replies
    1. danke... ayo berburu lagi ima hehehe...

      Delete
  2. Wiiihh... lucu-lucu bangeet... Naksir ama yg cetakan telur itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... iyah, Mbak yg itu emang lucu, yah.

      Delete
  3. Saya punya mba cetakan ini, tapi ternyata anak2 suka ga sabaran nungguin saya cetak, nasi sudah amblas selauk2nya duluan hihihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihih, iyo yen dicetak isih kudu ngenteni yo, Mbak Uniek..

      Delete
  4. Salam kenal mbak :) senang bisa menemukan blog ini hehe.. Anak sy belum 1th masuk TK, jd sy jg msh blajar membuat bekal utk anak sy. Ingin tanya bagaimana ya menyiapkan bekal bento tnp merusak bentuknya selama dibw anak hingga waktu makan di sekolah? Anak sy laki-laki, biasa jam makan di sekolah sekitar 90 menit dr jam masuk. Di kelas terdpt loker sih utk tas, tp sy masih ragu menyiapkan bekal bento dan itu akan bertahan hehe.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang ada triknya mbak, nanti aku coba pulish ya di postingan berikutnya... mengepak bkal tgtg jenis bekalnya. kalau makannnya itu disntap dingin salah satu caranya spy makanan tetep segr bs pakai ice pack utk menghindri basi.

      Delete

matched content: