Tuesday, August 4, 2015

Cara menganyam dan memasak ketupat

ketupat tutorial
cara membuat ketupat


Meski lebaran sudah lewat tapi tetap ingin sharing cara membuat ketupat yang baru saya peroleh ketika lebaran kemarin. Mulai dari merangkaikan ketupat nya berbahan dari daun kelapa muda atau sering disebut janur, hingga ketupat siap untuk disajikan. Postingan tutorial dilengkapi dengan video dan deskripsi dengan step by step yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman yang ingin belajar seperti saya.


Kami team blog bento mania mengucapkan : Selamat hari raya idul fitri untuk teman-teman bento mania. Semoga amalnya diterima. Mohon maaf lahir batin ya.

Ketupat merupakan sajian karbohidrat yang dimasak dengan bahan alami, yakni menggunakan cangkang terbuat dari janur kelapa. Celah-celah diantara anyamannya memperbolehkan air masuk dan mematangkan beras. Tentu cita rasanya berbeda dengan lontong yang pernah dibuat waktu itu

Senang banget deh, karena liburan kali ini kami pulang ke Indonesia tepat ketika lebaran. Akhirnya setelah 9 tahun gak pernah lebaran di kampung halaman, bisa menikmati kembali sajian ketupat khas Indonesia. Bahkan jadi punya kesempatan untuk belajar membuat ketupat sendiri.

Dulu disuruh belajar buat ketupat, kok ya males dan gak pernah bisa. Pas kemarin niat banget ingin bisa buat supaya di share dengan teman bento mania… eh ternyata bisa. Emang semua tergantung niatnya ya. Kalau kita bersungguh-sungguh akhirnya bisa juga.

Kalau sudah tahu stepnya gampang, meski awalnya ‘pagujud’ alias berantakan hasil anyamannya. Waktu itu belajar dari teteh yang suka bantu di rumah ortu. Kalau mendekati lebaran dia suka dapat orderan buat cangkang ketupat untuk dijual. Terimakasih ya teteh, hehehe.

Memang sajian ketupat ini paling ngetop disajikan ketika lebaran. Ketupat sudah dijadikan tradisi yang melekat dengan hari raya islam, seperti hari raya idul fitri maupun idul adha. Namun ketupat tidak selalu dibuat pada acara-acara khusus seperti itu. Ketupat bisa dibuat dil uar hari raya sebagai salah satu bahan dalam hidangan sehari-hari, seperti sate, gado-gado, ketupat sayur, dll.

Kali ini saya coba share ilmunya. Meski terlambat terbitkan postingannya, setelah lebaran. Tapi mudah-mudahan tidak ada kata terlambat untuk belajar yah. Moga aja bisa berguna untuk teman-teman yang ingin belajar membuat ketupat.


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ketupat yang enak dan kenyal:

  • Janur atau daun kelapa muda atau bisa juga menggunakan cangkang ketupat yang sudah jadi.
  • Beras secukupnya
  • Garam jika perlu
  • Air untuk merebus


Bagaimana cara menganyam janur ini menjadi kelapa? Dan memasaknya menjadi ketupat, yuuk simak video berikut ini:

Video cara membuat ketupat:





Deskripsi langkah cara menganyam ketupat:

  • Ambil daun kelapa yang masih muda. Daun kelapa yang masih muda disebut janur dan memiliki warna kuning. Tapi bisa juga dipadu padankan dengan daun kelapa yang agak tua/Sudah berwarna hijau, jadi warnanya bisa selang seling kuning hijau. Tergantung selera aja yah. Pisahkan daun kelapa dari tulang daun, bisa digunting atau dengan menggunakan tangan saja.

  • Lembaran daun dililitkan melingkari 4 jari tangan, masing-masing 3 lilitan di tangan kiri dan kanan. Hanya saja posisi bagian dasar daun (yang ukurannya lebar) dan ujung daun (yang bentuknya lancip sprt ekor) berbeda. Misalnya tangan kiri bagian dasar daunnya menghadap ke atas, sedangkan dasar daun di tangan kanan menghadap ke bawah. Panjangkan ujung dasar daun sedikit.
  • Step silang menyilang: pada langkah ini silangkan gulungan daun di tangan kanan ke tangan kiri. Gulungan terujung di tangan kanan di masukan ke gulungan di tangan kiri secara selang seling (ke dalam dan keluar). Lanjutkan dengan gulungan berikutnya di tangan kanan. masukan ke gulungan di tangan kiri selang seling, begitu juga dengan gulungan terakhir di tangan kanan. Hingga akan diperoleh pola anyaman.
  • Step menganyam ujung daun: Bagian ujung daun (ekor) yang sisanya memanjang, dimasukan ke dalam pinggir anyaman tadi yakni ke bagian sisi yang masih belum teranyam. Anyam dengan mengikuti arah ekor/jangan berbalik arah. Masukan ekor secara selang seling, yakni keluar dan ke dalam anyaman. Lakukan hal yang sama untuk ujung ekor lainnya hingga dua ekor tersebut bertemu di satu sudut. Pada satu sisi dua ekor tersebut akan dianyam dengan arah pola anyam yang sama. Jangan khawatir, nanti dua sisi tersebut akan dipisahkan oleh anyaman bagian dasar daun (kepala).
  • Step menganyam dasar daun (kepala): daun bagian dasar yang tersisa dianyam keluar dan ke dalam selang seling untuk menutup bagian sisi ketupat. Lakukan ditengah antara hasil anyaman bagian ekor tadi, hingga bagian kepala bertemu di satu sudut yang berlawanan dengan sudut bagian ekor.
  • Step terakhir yakni mengeratkan anyaman jika anyaman masih terlalu longgar. Cara mudahnya bisa menarik langsung kedua ujung ekor dan dua ujung dasar daun nya hingga erat, jika terlihat ada yang masih longgar maka eratkan dengan menelusuri setiap anyaman. Lakukan hingga ketupat sudah tertutup rapat.
  • Jika perlu masukan ujung bagian dasar daun ke dalam anyaman untuk menutupnya.


Cangkang ketupat selesai dibuat. Awal buat pasti lambat, tapi kalau udah terampil bisa cepat banget buatnya. Saya sampai takjub juga dengna pembuat ketupat yang sudah lihai, dalam hitungan detik hingga menit sudah bisa menghasilkan satu ketupat.


Deskripsi langkah cara mengisi ketupat:

  • Cuci beras hingga bersih. Kasih sedikit garam kalau suka ketupatnya agak gurih. Tapi kalau suka tawar tidak usah.
  • Buka bagian ketupat yang berekor, kemudian geser salah satu anyaman yang memisahkan dua ekor tersebut ke arah luar sehingga ada bolongan kecil sebagai tempat memasukan beras.
  • Masukan beras sedikit demi sedikit. Jumlah beras yang dimasukan yakni sekitar ½ sampai dengan ¾ volume cangkang ketupat. Tergantung jenis berasnya, dan tingkat kekenyalan yang diinginkan.
Tips : kekenyalan ketupat bergantung pada jenis berasnya. beras yang menghasilkan nasi pulen dan beras yang pera berbeda. Kalau yang nasi pulen butuh lebih banyak beras sedangkan yang pera, kurangi volumenya sedikit ketika mengisi beras. Misal kurang dari ½ volumenya seperti yang pernah di bahas di tips dan cara pembuatan lontong cara pembuatan lontong.
  • Tutup kembali ujung ketupat dan bersihkan dari beras yang menempel. Ulangi hingga semua cangkang terisi.


Deskripsi langkah cara memasak ketupat:

  • Taruh ketupat dalam panci. Isi panci dengan air hingga semua ketupat terendam.
  • Ada dua cara memasak ketupat, bisa menggunakan pressure cooker atau presto. Bisa juga menggunakan panci biasa.
  • Jika menggunakan presto, masak selama 1 jam setelah panci vakum. Setelah itu tunggu hingga vakumnya hilang dan baru bisa dibuka prestonya.
  • Jika menggunakan panci biasa, masak selama 3-4 jam sampai ketupat matang. Selama proses memasak, air akan berkurang karena proses penguapan. Jadi selalu cek volume air dalam panci. Tambah air secukupnya supaya ketupat tetap terendam.
  • Setelah ketupat matang, angkat dan dinginkan dengan cara menggantungnya.
  • Ketupat yang sudah dingin akan mengeras. Jika volume beras dan jenis berasnya tepat. Ketupat yang dihasilkan akan terasa kenyal tapi kekar, meski tanpa bahan kimia tambahan.
Selamat mencoba.

jika membuat ketupat terlalu ribet, coba membuat lontong praktis berikut ini, simak videonya di bawah atau kunjungi link blognya, klik: 3 cara praktis dan cepat membuat lontong


video 3 cara praktis dan cepat membuat lontong:

No comments:

Post a Comment

matched content: