Saturday, September 13, 2014

Makanan Korea: Nabak kimchi



Beuh.... mantap sekali rasa kimchi ini apalagi disantap ketika cuaca panas atau setelah memakan sesuatu yang sangat berlemak seperti barbecue atau goreng-gorengan. Seruput sedikit kuah kimchi ini bikin seger kembali. 


Wisata kuliner kali ini adalah menjajal jenis kimchi baru. Kimchi ini berbeda dengan kimchi lainnya yang biasanya hanya dibalur dengan bumbu cabe. Kimchi nabak lebih lebih banyak mengandung air. 

Campuran bumbunya terdiri atas jahe, bawang putih, serbuk cabe merah ditambah dengan aroma laut seperti ikan anchovy (seperti teri) atau rumput laut. semua bumbu dilarutkan dalam air dan disaring. Rasanya agak mirip dengan asinan tapi karena aroma laut dan bawang putih jadi terasa berbeda. Segarnya tetap sama. Sayuran yang ada dalam kimchi ini adalah, lobak korea,  wortel, ketimun, sawi putih, cabe merah dan atau cabe hijau. lobak dan sayuran dipotong kotak dan tipis-tipis. rasa kriuk sayuran ini masih berasa segar meski sudah difermentasi beberapa hari. 

Belum bisa share resep karena baru coba rasanya. ternyata hasil beli di supermarket korea (Düsseldorf) aja tidak mengecewakan, apalagi kalau buat sendiri, mungkin hasilnya akan lebih muantap. Jadi semangat untuk buat kimchi yang juga disebut kimchi air karena sayurannya terendam air.


No comments:

Post a Comment

matched content: