Friday, February 5, 2016

Cara membuat krim keju mascarpone

mudah murah cara membuat krim keju mascarpone
cara membuat krim keju mascarpone

Berikut ini adalah cara mudah membuat keju atau krim mascarpone yang mula-mula dikenal di Italia. Krim ini rasanya tidak asam seperti cream cheese yang digunakan untuk membuat cheese cake, Melainkan gurih susu, manis (tapi bukan manis gula), warnanya putih susu hingga kekuningan dan memiliki aroma susu yang khas.



Sejatinya, krim mascarpone dibuat dengan menggumpalkan krim susu yang dimasak dengan suhu dibawah titik didih yakni sekitar 85-90°C. Pengentalan tersebut dibantu dengan penambahan asam ke dalam larutan krim sehingga ketika didinginkan akan terpisah kandungan air dari lemaknya hingga bentuknya menjadi kaku. Proses pembuatannya mirip pembuatan keju, lebih mudah. Asam yang biasa digunakan diantaranya adalah jeruk lemon, cuka, asam sitrat atau asam tartarat.

Di resep ini saya menggunakan asam dari jeruk saja, supaya sehat alami. Yakni air jeruk lemon. Ternyata hasilnya sangat memuaskan. Rasa dan bentuknya betul-betul sama seperti mascarpone yang dijual. Bahkan lebih terasa fresh.

Fungsi utamanya selain untuk membuat tiramisu (lihat resep tiramisu, klik di sini), krim mascarpone juga digunakan sebagai pengganti mentega atau butter, atau keju. Bisa dimakan sebagai olesan roti atau bisa juga sebagai bahan tambahan membuat krim untuk kue tart.  (klik di sini untuk lihat cara membuat kue tart lapis surabaya).

Informasi tambahan, dalam membuat mascarpone ini sebaiknya digunakan krim dari susu sapi. Katanya kalau pakai krim susu tumbuhan hasilnya kurang memuaskan. Perlu dicatat juga kandungan lemaknya yang tidak sedikit, gak cocok banget untuk yang lagi diet (eh emang ada? Kayaknya kalau liat tiramisu biasanya dietnya langsung lupa hehehe).

Untuk 200 ml krim padat bisa menghasilkan sekitar 100-150 gr krim mascarpone. Krim ini bisa disimpan dalam kulkas selama seminggu. Bersihnya alat dan kain yang dipakai akan membantu lamanya penyimpanan.

Ternyata mudah sekali membuat krim mascarpone. Gak nyangka kalau ternyata semudah ini. Gak percaya? silahkan simak resepnya seperti berikut ini:





***************************

Resep Mascarpone

Bahan-bahan:

  • 200 ml whipping cream (dalam bhs jerman Schlagsahne), yang kualitasnya bagus. Yang masih segar lebih ok hasilnya.
  • ½ sdm air perasan jeruk lemon atau bisa diganti dengan jeruk nipis (yang penting asam).

Video cara membuat  :

Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya


Deskripsi cara membuat :


  • Panaskan krim dalam panci dengan api kecil hingga sedang.
  • Gunakan double boiler kalau takut gosong.

Tips: Cara menset double boiler seperti terlihat di video, menggunakan panci besar yang diisi air, kemudian didihkan. Tempatkan panci yang lebih kecil ke dalam  panci yang besar tersebut hingga dasarnya menyentuh air, dan double boiler pun siap digunakan. panci kecil tersebut akan digunakan untuk memasak krim.

  • Saya tidak pakai double boiler, karena agak ribet, jadi saya langsung panaskan pancinya di atas api dengan menggunakan api kecil hingga sedang.
  • Aduk-aduk krim hingga mulai beruap. Usahakan jangan sampai mendidih dengan mengatur panasnya dan terus aduk supaya tidak gosong bawahnya.
  • Jika dipinggiran panci sudah banyak beruap dan muncul busa, tapi belum mendidih (suhu sekitar 85-90°C), masukan perasan air jeruk, kemudian aduk searah, hingga tercampur rata.
  • Terus aduk supaya bawahnya tidak gosong. Masak supaya airnya menguap hingga krimnya lebih kental dari sebelumnya.
  • Setelah itu angkat dan dinginkan.
  • Siapkan saringan yang di atasnya di tutup dengan kain bersih. Tuangkan krim dan biarkan hingga dingin.
  • Setelah itu simpan di kulkas 12-24 jam sampai krimnya menjadi kaku.
  • Krim mascarpone sudah jadi, dan siap untuk digunakan atau bisa disimpan seminggu dalam wadah tertutup di kulkas.


Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment

matched content: