Friday, October 28, 2011

Berkreasi dengan Apel (1)

Agar bekal, terutama bekal anak-anak terlihat lebih cantik, diperlukan kreasi tertentu terhadap bahan makanan. Nasi dicetak menjadi onigiri dengan bentuk tertentu, seperti dalam postingan ini dan ini. Atau juga roti yang dihias seperti disini, dll. Salah satu dari banyak cara untuk mempercantik bento adalah dengan membuat kreasi dengan buah. Apel salah satu contohnya. Buahnya yang keras dan warna kulitnya warna-warni membuat apel lebih mudah dikreasi menjadi aneka bentuk dibanding buah lainnya. Hanya saja, daging buahnya mudah berubah warna jadi kecoklatan. Akan tetapi, efek perubahan warna ini bisa dikurangi dengan mencelupkan apel ke dalam air plus beberapa tetes air jeruk lemon/nipis selama beberapa menit.


Berbagai kreasi disini saya temukan dalam berbagai blog maupun buku bento, yang kemudian saya pelajari dan praktikkan. Awalnya memang agak kaku. Namun di percobaan kedua dan seterusnya, rasanya jadi mudah. Modalnya hanya apel, pisau berujung tajam dan sedikit ketelatenan. Dengan sedikit foto dan keterangan proses, semoga petunjuk kreasi ini bisa dimengerti dan diikuti dengan mudah.

Kreasi pertama adalah apel berbentuk kepala kelinci. Ini termasuk paling mudah. Potong apel seperti dalam foto. Sayat kulitnya hingga berbentuk V. Potong sayatan tersebut, sehingga terbentuklah kedua telingan kelinci.


Kedua adalah apel berbentuk papan catur. Potong sebuah apel menjadi 2 atau tiga bagian. Atau bisa pula menggunakan satu apel keseleuruhan. Sayat kulitnya dari atas ke bawah serta dari samping. Panjang atau lebarnya potongan sesuai selera. Saya tak suka potongan terlalu kecil, sebab bakal ribet mengupasnya. Kupas hasil sayatan tersebut secara berselang-seling sehingga menimbulkan efek seperti papan catur.

Untuk kreasi berikutnya, apel dipotong seperti gambar dibawah. Satu bagian disayat berbentuk V lebar, lalu dikupas. Satu bagian lagi disayat zigzag bagian atas. Bagian bawah dikupas seperti gambar foto, sehingga apel menyerupai bunga tulip.




Sekali lagi modalnya cuma apel, pisau berujung tajam dan sedikit ketelatenan. Maka potongan-potongan apel ini segera siap untuk menghiasi bento anda. Selamat mencoba! :)

No comments:

Post a Comment

matched content: