Monday, October 17, 2011

Aneka Kreasi Onigiri (1)

Nasi, sebagai sumber karbohidrat, adalah elemen penting dalam sebuah bekal selain dari roti. Meski anak-anak saya paling sering membawa roti untuk ke sekolah atau TK, sebagai variasi, saya masukkan pula nasi. Nah agar lebih mudah dimakan, nasi ini saya cetak padat beraneka bentuk. Di Jepang, nasi cetak atau nasi kepal ini dikenal dengan onigiri.



Asyiknya, onigiri bisa dikreasi menjadi berbagai bentuk dan rasa. Paling umum adalah onigiri berbentuk segitiga. Di Immermanstrasse Düsseldorf, Jerman ada warung khusus menjual onigiri aneka isi dan rasa. Cara menyantapnya bisa dilihat disini.

Sesuai perkembangan jaman, bentuknya semakin bervariasi. Apalagi dengan munculnya bermacam cetakan nasi. Bentuk dadu, panda, bulat, bentuk wajah, dan masih banyak lagi. Rasa, isi, serta campurannya pun bisa kita variasikan sesuai selera dan keinginan. Tapi, jika tak punya cetakan pun, masih bisa kita buat sendiri onigiri sederhana berbentuk segitiga maupun bulat.


Agar terlihat lebih menarik, onigiri dicampur dengan bahan-bahan makanan lainnya. Mudahnya adalah dengan menggunakan furikake. Kali ini saya menggunakan tiga macam bahan campuran, yakni wortel cincang, wijen sangrai dan ebi cincang sangrai. Yang pakai ebi ternyata rasanya sangat enak. Ketiganya dicampur dengan nasi sushi atau nasi Jepang. Cara memasaknya bisa dibaca disini.

Masing-masing kemudian saya cetak berbeda. Bentuk kepala beruang dan segitiga dicetak dengan cetakan nasi. Yang bulat secara manual seperti dalam posting ini. Mudah sekali bukan berkreasi dnegan nasi kepal ini! Selamat mencoba! :)

1 comment:

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania