Thursday, May 7, 2015

Ada Lebah di Kotak Makanku


Alam menginspirasi untuk membuat karakter bento kali ini. Kalau kemarin kita belajar membuat karakter bunga, hari ini kita langsung praktek menempatkan bunga di dalam sebuah kotak maka sekarang kita lengkapi taman bunganya dengan menambahkan lebah. Membuka cerita-cerita di dbento dengan kata kunci : "Membuat Konsep Bento", kita akan ketemu dengan tips mengkonsep karakter bento. Untuk bisa membuat karakter bento yang menyerupai bentuk aslinya diperlukan konsep bento dan pilihan bahan makanan yang mendukung warna dan bentuk.


Membuat Konsep Bento Lebah

Membuat konsep lebah dari hasil searching gambar kartun lebah ternyata mudah banget untuk dibuat sebagai karakter bento. Bahan yang diperlukan :
  1. Kepala lebah : keju yang dibentuk bulat menyerupai kepala.
  2. Mata lebah : nori yang digunting atau dicetak sesuai bentuk mata.
  3. Antena lebah : kulit timun yang keras bisa disematkan di kepala lebah yang terbuat dari keju.
  4. Badan lebah : telur dada, bisa juga dengan salami. Bentuknya pun bisa menyesuaikan karakter lebah yang dimau, mau lebah gendut atau lebah kurus.
  5. Garis di badan : nori yang digunting berupa garis lurus untuk memberi kesan badan lebah.
  6. Sayap lebah : keju yang dibentuk dengan cetakan daun.
  7. Ekor lebah : bisa telur, bisa keju
Seru yaaaa.. ternyata bahan-bahannya juga gampang banget diperoleh dan biasanya aman sebagai amunisi di dalam kulkas ya.. Nah, selanjutnya kita intip alat-alat yang akan dipergunakan untuk membuat karakter dalam bento kali ini apa saja ya?


Foto di atas adalah bento tools yang memudahkan pekerjaan kita membuat karakter dalam bekal makanan.

Ada Lebah dalam Kotak Makanan

Mempersiapkan sebuah bekal makanan atau bento, yang diperlukan adalah mengemas bekal makanan yang menarik ke dalam sebuah kotak makan. Kotak makanan yang dipilih biasanya disesuaikan dengan porsi yang dibawakan bekal. Bisa memilih kotak makanan yang porsi kecil, sedang, sampai porsi besar, dan bahkan dengan menggunakan rantang bisa membawa sekaligus banyak bekal. Kotak makan jaman sekarang juga bervariasi bentuknya, mulai dari bentuk kotak, bulatm, oval, segitiga maupun kotak makan berkarakter kartun yang menjadi kesukaan si kecil. Bahan kotak makan pun sekarang sudah food grade, yang artinya : aman digunakan untuk menyimpan makanan.



Memiliki bento tools atau cetakan bento di rumah bukanlah hal yang sia-sia, karena bento tools bisa multifungsi penggunaanya. Yang semula cetakan daun dalam artikel : "Membuat Karakter Bunga Untuk Bento", kini bisa menjadi cetakan sayap lebah dalam membuat karakter lebah.

Melihat lagi konsep yang kita buat di atas, bekal makanannya akan menyerupai kebun dimana ada lebah sedang bermain dengan gembira. Maka kita praktekkan membuat karakter bunga untuk melengkapi konsep cerita dalam bento "Ada Lebah di Kotak Makanku". Bahan membuat bunga sederhana sekali, dengan menyiapkan wortel dan kulit mentimun.


Taraaaaa..... Melengkapkan brokoli dan bunga-bungaan dalam porsi kotak makan yang tidak kurang dan tidak berlebihan, membuat bekal makanan ini menjadi punya cerita. Pertanyaannya,

lalu dimana lauknya?

Bento kali ini bagian bawahnya adalah nasi putih yang didalamnya diberi abon. Caranya, masukkan nasi putih di lapisan paling bawah kira-kira 1/5 kotak makan, lalu taburi dengan abon sapi di atas nasi putih tersebut. Lalu tambahkan nasi putih sampai separuh kotak makan terisi, baru kemudian brokoli, bunga dan lebah ditata sedemikian rupa di dalam kotak makan.




Senang ya kalau bisa menemani makan siang orang yang kita sayangi dengan bento cinta. Selamat mencoba yaaa...

11 comments:

  1. Terlalu lucu, nggak tega makannya. Pas buat si kecil, apalagi kalau ditaruh dalam kota makan gitu.....nambah nafsu makan. Sampeyan iki rajin dan ulet di dapur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi mb zulfa ayuk dicobain.. Kl gak tega makan, makannya disuapin aja.. Makasih mba zulfaaa *_*

      Delete
  2. Cakep bangeeeet... :)
    Anak-anak pasti suka ya kalo dibawain bekal makanan kayak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mba dee... Gampang pula cara buatnya yaaaa....

      Delete
  3. Keren mba bento'a, pas banget buat bekal anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba ya mas.. trimakasih..

      Delete
  4. Aish lucuuuu... Kalau punya anak nanti aku mau bekelin bento ah di kotak makanan anakku :)

    ReplyDelete
  5. Eh mba kalau bunganya dari apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di postingan sebelumnya ada karakter bunga dari wortel mba zahra ^_^

      http://www.dbento.com/2015/05/mambuat-karakter-bunga-untuk-bento.html

      Delete
  6. ima, masih sempet ya bikin kosep... hebat sekali ibu ini.... :-)

    ReplyDelete

matched content: