Saturday, May 9, 2015

Mensiasati Keluarga Menyantap Sayuran Dalam Lukisan Piring


Seandainya saja, sayuran bisa dinikmati seperti lauk pauk yang disukaI oleh keluarga. Memakan wortel seperti seenak mencomot nugget atau memakan brokoli seperti seenak cemilan kripik kesukaan anak-anak. Dengan berbagai alasan, sayuran menjadi pilihan terakhir ketika berada dalam piring si kecil. Seperti keponakan saya, hobi banget mencemil tahu goreng tapi giliran sup sayuran yang diambil baksonya dan sayur wortelnya ditinggal. Tentunya berbagai trik sudah bunda lakukan untuk mengemas sayuran agar bisa disantap oleh si kecil dengan suka cita. Salah satunya mungkin bisa melalui karakter bento yang dibentuk dari sayur atau buah yang dibentuk menyerupai tokoh kartun kesukaan si kecil atau yang tokoh kartun yang lucu.

Di artikel dbento tentang membuat karakter bunga, telah diulas bagaimana wortel, mentimun dan keju berperan dalam membuat bagian dari lukisan piring kita kali ini. Lukisan piring adalah melukis bentuk-bentuk yang disukai anak-anak untuk mengalihkan perhatian mereka bahwa yang dimakan bukanlah sayuran. Seperti pada bentuk lebah di tulisan lalu, brokoli berubah menjadi rumput-rumput yang bisa mengalihkan anak-anak untuk mengambil brokoli seperti cemilan kesukaan dino (bagi yang punya anak atau keponakan hobby menonton film kartun Dinosaurs).


Bagi keluarga yang memiliki buah hati usia 5 tahun, sepertinya sudah aman mengajaknya bermain lukisan piring untuk mengenalkan dapur sejak dini kepada anak-anak. Saya ingat waktu dulu main pasaran, menggunakan bunga yang bisa menyerupai minyak, belajar memotong dari daun-daunan, dan belajar berkomunikasi dengan teman sebaya lewat main pasaran.

Bagaimana jika harus bermain dengan pisau?

Dalam pembuatan karakter-karakter di atas, kita hanya membutuhkan cetakan bunga dan cetakan daun yang ada di toko bento atau bisa digantikan dengan cetakan kue yang biasa dijual di toko kue. Dan cetakan-cetakan tersebut bukan seperti pisau sehingga tidak membahayakan untuk si kecil.

Lalu bagaimana jika bento tools sulit diperoleh?

Sebenarnya kemudahan berbelanja di lain kota sudah bisa diatasi dengan belanja online ke beberapa toko online yang menjual alat-alat bento. Namun demikian, jika memang harus menggunakan pisau untuk membentuk karakter-karakter tersebut, maka bunda yang melakukan proses persiapan bentuk yang menggunakan pisau. Sehingga anak-anak tinggal menatanya menjadi bentuk yang diimajinasikannya.
Nah, mengajak anak-anak bereksperimen di dapur menggambar bentuk bunga di piring. Bunga-bungaan bisa bebas dibentuk sesuai kreativitas dari bahan yang disiapkan. Kelopak bunga, mahkota bunga, tangkai bunga dan daun bebas dibentuk sesuai imajinasi anak-anak. Bahan yang disediakan juga cukup mudah dan murah, seperti : wortel, mentimun, keju dan daun brokoli.


Akan menjadi kegiatan di dapur yang menyenangkan, selain bisa menyantap sayuran sesuai imajinasi mereka juga mengembangkan kreativitas buah hati di dapur bunda. Tentunya, tugas bunda mencari karakter-karakter kartun yang lucu dan berimajinasi bahan makanan apa yang bisa mewakili bentuk kartun yang disukai anak-anak Anda. Kegiatan bermain juga bisa menjadi wisata edukasi untuk anak-anak di dapur. Kesan memasak itu melelahkan, membosankan dan malas ke dapur jadi hilang dan berganti dengan bermain di dapur menjadi menyenangkan.

Aartikel-artikel lawas di dbento juga bisa menjadi rekomendasi :
  1. Cara Cetak Telur Praktis dan Lucu 
  2. Cara Membuat Karakter Muka Anak
  3. Bento Bentuk Minion
  4. Bento Bentuk Hello Kitty
  5. Membuat Bunga Dari Telur Dadar dan Sosis
  6. Membuat Karakter Dari Telur Puyuh
Ayuk bunda-bunda, mulai mencari sayuran di sekeliling yang bisa dipakai untuk membuat karakter kartun dan sekaligus mencari karakter kartun apa yang bisa menciptakan imajinasi yang dituangkan dalam makanan.
Selamat berakhir pekan semuanya.

4 comments:

  1. Yang warna putih dari apa, Ma? Keju? ira

    ReplyDelete
  2. kawaii,,, pake cetakan yang beli di toped ma?

    ReplyDelete
  3. si uda juga paling ogah makan sayur.. tapi biasanya diselip2in bersama daging baru deh semangat makannya. hehehe

    ReplyDelete

matched content: