Wednesday, May 6, 2015

Membuat Karakter Bunga Untuk Bento



Karakter Bento : Bunga 


Cara sederhana membuat karakter adalah membayangkan objek yang akan dibuat, lalu membuat konsep karakter yang diinginkan. Saat membuat konsep itulah, kita membayang-bayangkan warna dan bentuk yang diperlukan dari karakter yang akan dibuat. Kalau saya melalui googling pilih image, lalu ketikkan : karakter kartun. Maka akan muncul ribuan gambar yang bisa dijadikan referensi konsep karakter yang akan kita buat.

Kenapa kita harus membuat konsep bento?

Agar memudahkan kita menyiapkan bahan dan bentuk yang akan dibuat. Selain itu, dengan membuat konsep dalam gambar kita jadi tahu perbandingan ukuran di gambar dan ukuran sebenarnya.

Kali ini kita akan membuat karakter bunga.



Membuat karakter bunga, mulai mencari atau membayangkan bunga itu seperti apa. Mulai berpikir untuk mencari kira-kira bahan makanan apa yang bisa dipakai untuk mewakili karakter bunga. Perhatikan detail setiap bentuk yang mewakili karakter bunga. Serunya membuat karakter bento adalah memperhatikan detail dari bentuk-bentuk yang biasa kita lihat. Terpikirlah untuk membuat bunga berwarna orange, daun berwarna hijau dan tangkainya berwarna kuning.

Selanjutnya memilih bahan makanan apa yang cocok mewakili bagian-bagian karakter bunga yang akan dibuat. Wah ternyata sayuran itu kaya warna ya, dari wortel, mentimun dan keju kita bisa membuat karakter bunga yang mudah dan siapapun bisa. Bisa juga dicoba dengan warna lain, seperti tomat. Kulit buah tomat bisa dijadikan alternatif bunga berwarna merah. Setiap kita melihat bahan makanan, mulai membiasakan untuk kreatif berimajinasi kira-kira bisa dibuat karakter apa ya ini sayuran, hihihihi.

Berikut beberapa sayuran yang menginspirasi warna dalam membuat karakter bento :
  1. Warna merah : tomat
  2. Warna orange : wortel
  3. Warna kuning : kentang
  4. Warna hijau : mentimun, brokoli
  5. Warna ungu : terung
  6. Warna pink : kol merah
  7. Daun-daunan yang bisa dipakai : brokoli, kol putih, sawi, selada.

Cara Membuat Karakter Bunga



Ambil wortel, bersihkan bagian luarnya dan iris tipis kurang lebih 3mm. Lalu ambil cetakan bentuk bunga (bisa cetakan bento atau cetakan roti kering). 


Lubangi bagian tengah wortel dengan cetakan bento bulatan kecil. Dan buat lubang yang sama dari warna yang berbeda, kali ini saya mempergunakan mentimun untuk memberi warna berbeda dari bunga.


Masih dari kulit mentimun yang berdaging tipis, kita buat karakter daun dari cetakan bento berbentuk daun. Kalaupun tidak punya, asal rapi dan hati-hati bisa dibentuk dari pisau atau cutter.


Kalau bunga-bunga ini ditata, akan cantik seperti pagar dari kebun bunga. Ada yang kurang sepertinya ya?
Benar, belum ada tangkainya.
Dengan memotong sebesar korek api dari keju, kita mendapatkan bentuk tangkai yang diinginkan.


Nah, mudah sekali ya cara membuatnya.

Membuat karakter bento membutuhkan ketelitian agar bentuk yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan. Kalau di atas adalah cara membuat karakter bunga dari bahan yang sederhana dan bentuk yang mudah. Lalu sahabat bento mania sudah mencoba dengan alat seadanya, tetapi bentuknya tidak sesuai harapan. Kalau ingin punya alat membuat karakter bunga bisa membaca rekomendari berikut :

 

Alat Bento yang Direkomendasikan

Membuat bento tidaklah sesulit atau seribet yang dibayangkan. Banyak karakter di tulisan-tulisan sebelumnya yang dibuat tanpa menggunakan bento tools (cetakan bento). Namun demikian, dengan adanya bento tools ini bisa mempercepat dan mempermudah kita membuat karakter-karakter untuk bento yang dibuat.



Ada dua macam gambar di atas, gambar di atas menunjukkan bahwa bento tools yang kita punya menjadi multifungsi sehingga tidak rugi memiliki alat-alat bento lucu di rumah. Selamat berkreasi semuaa...

5 comments:

  1. Simple tp cantik ya Mak... salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba riana.. silahkan dicoba yaa,,, :)

      Delete
  2. maaaakk, kok apik lan unyu gitu sih XD
    ini maah aku jg maauuu..itu cetakan bunganya beli dmna? itu semacam piso ya? jd bisa langsung motong wortelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa itu pake cetakan kue kering juga bisaa mak kachan.. ayuk kerumah bisa coba-coba sepuasnya.. :)

      Delete

matched content: