Tuesday, December 1, 2015

Cara Membuat Dolsot Bibimbap

resep dolsot bibimbap
Dolsot Bibimbap

Apa itu dolsot bibimbap? Dalam Bahasa korea돌솥 비빔밥, yakni makanan berupa nasi campur yang dihidangkan di atas mangkuk batu khas korea. Mangkuk batu yang sudah diisi bahan bibimbap ini kemudian dipanaskan di atas api. Dibandingkan dengan bibimbap biasa, dolsots bibimbap ini terasa lebih special. Selain cara penyajiannya yang cantik juga ketika disantap hidangan tetap panas. Selain itu, ada yang kriuk kriuk dibawahnya. Nasinya jadi kerak dan garing. kali ini saya buatkan videonya juga supaya lebih mudah dimengerti.

Resep dolsot bibimbap sama seperti resep bibimbap yang sudah pernah saya posting. Hanya saja cara menyajikannya berbeda.


Terinspirasi dengan teh intan yang sudah pernah makan dolsots bibimbap di stasiun DongSeoul. Kelihatannya enak banget. Kita buat aja di rumah yuk. jadi home made dolsots bibimbap. Kalau di restaurant korea mungkin kehalalannya juga masih tanda tanya yah.

Untuk membuat dolsots bibimbap diperlukan peralatan khusus yakni dolsot atau mangkuk batu. Sekilas bentuknya mirip alat untuk menumbuk/mortar. Tapi mangkuk dolsots dibuat bukan untuk ditumbuk tapi di design khusus untuk dipanaskan dan ada tutupnya. Mangkuknya tahan/tidak pecah ketika dipanaskan. Kalau tidak punya juga jangan sedih dulu bisa diakalin pakai panci biasa (tipsnya ada di bawah).

Saya juga tidak punya dolsots seperti ini. Sewaktu-waktu pernah ke toko korea, dan menemukan mangkuk dari tembikar /terbuat dari tanah liat, bernama ttukbaegi atau ddukbaegi. Mangkuk ini lazimnya digunakan untuk membuat sup. Harganya pun terjangkau. Sekitar 45 ribu jika di rupiahkan. Wah langsung saya sikat saja. Menurut maangchi, katanya tidak apa-apa kalau buat dolsot bibimbap di ttukbaegi, dia juga sering membuatnya. jadi ya sudah saya buat dolsots bibimbapnya di ttukbaegi saja. jadi judulnya harusnya  ttukbaegi bibimbap ya hehehe.

Ttukbaegi lebih ringan ketimbang dolsot, karena bahannya dari keramik/tanah liat, bukan dari batu. Biasanya digunakan untuk memasak dan menyajikan sup. Ketika ditaruh di atas api, ttukbaegi lama panasnya tapi lama juga panasnya hilang. Itu sebabnya sangat cocok untuk membuat hidangan tetap panas selama disantap.

ttukbaegi dan sujeo
peralatan makan korea
Supaya berasa di korea, saya pakai juga set sendok dan sumpit ala korea yang lebih dikenal dengan sebutan sujeo. Singkatan dari sutgarak yang artinya sendok dan jeotgarak yang artinya sumpit (Wikipedia). Kalau yang ini saya nitip beli teh intan pas ke korsel kemarin. Makasih teh intan (makin cinta deh hehehe).

Untuk teman-teman yang ingin punya sujeo bisa juga diperoleh di tokopedia, silahkan klik link berikut: Sujeo, sumpit dan sendok korea. Di sana juga di jual dolsot dan ttukbaegi, dibagian kategori mangkuk. tinggal cari dengan kata kunci dolsot/ttukbaegi. Nanti muncul. Cuman harganya memang wow banget. Beruntung banget dapat ttukbaegi seharga 45 ribu. Tapi buatan china sih. Mungkin kalau yang di jual di tokopedia buatan korea asli kali yah dan mungkin kualitasnya lebih bagus.

Bentuk sendok khas korea agak berbeda. Ujungnya lebih membulat/oval dan gagangnya lebih panjang. Sumpitnya lebih ramping dari pada sumpit yang kita kenal dan terbuat dari metal. Ada yang bilang katanya susah pakai sumpit korea tapi kok saya lebih suka menggunakannya ketimbang sumpit yang dari kayu/plastik yah. yang susah ketika harus menggunakan sumpit dan sendok bersamaan/bergantian hehehe.. belum terbiasa.

*****


Video resep dan cara membuat dolsot bibimbap :



Silahkan klik tanda play untuk memutar video di atas.

Rangkuman resepnya sudah pernah saya tuliskan (bisa dicari di tab sebelah kanan dengan kata kunci resep bibimbap). Tapi besok saya update lagi resepnya. Karena lumayan banyak yang musti di tulis yah hehehe… kepanjangan kalau di sini. Sumber resep dari Maangchi.

Sebetulnya membuat bibimbap sangat mudah. Hanya saja banyak bahan yang digunakan. Selain itu cara memasak dan membumbuinya berbeda beda untuk setiap bahan tersebut. Supaya gak pusing, saya buatkan videonya juga. Moga membantu yang baru belajar memasak. Bahan-bahan untuk membuat bibimbap ini sama seperti bibimbap biasa, bisa diganti, ditambah atau dikurangi tergantung selera. Perbedaannya hanya ketika menyajikannya saja.

Suami gak begitu doyan sayuran tapi kalau disuguhin bibimbap suka nambah. Dan suka sering minta dimasakin. Cuman yah itu banyak perintilannya. Kalau pas sekali masak, saya buat agak banyakan. Jadi sisa sayurannya saya taruh di kulkas. kalau mau makan tinggal campur saja dan hangatkan. Lumayan praktis.

resep Dolsot bibimbap
Dolsot bibimbap

Deskripsi cara membuat dolsots bibimbap:

  • Oleskan beberapa tetes minyak wijen ke bagian permukaan dalam pot/mangkuk (dolsot atau ttukbaegi).
  • Masukan nasi hangat ke dalam mangkuk, ratakan permukaan atasnya.
  • Tata semua bahan yang sudah dimasak di atas mangkuk, sesuai selera. 
  • Termasuk telur. Bisa diceplok atau di dadar sesuai selera. Telur bisa dibuat matang, setengah matang atau bahkan mentah. Karena disini mangkuk akan dipanaskan kembali. Jadi telur bisa matang dengan sendirinya ketika diaduk dengan semua bahan yang panas.
  • Kalau ingin makan bibimbap dengan cita rasa yang sama tapi tidak punya alatnya? Jangan sedih bisa diakalin!
  • Ganti pakai mangkuk dari tembikar atau bisa juga pakai kaserolle (kalau disunda suka dipakai untuk membuat nasi liwet) atau bisa pakai wajan/ panci teflon (iron cast/aluguss) apa saja yang bisa dipanaskan. Tata semua bahan dengan cara yang sama.
  • kemudian panaskan di atas api sedang beberapa saat hingga terdengar suara nasi yang mengering. Saya menggunakan ttukbaegi sekitar 10 menitan supaya nasinya berkerak di bawah. Mungkin bisa bervariasi lamanya jika digunakan alat yang beda.
  • Kemudian angkat.
  • Aduk-aduk semua bahan termasuk saus pasta cabenya. Kalau bisa bagian bawahnya jangan teraduk. Biarkan mengering dulu.
  • Koreksi rasa, jika kurang bisa ditambah lagi bumbu gochujangnya, ditambah bawang putih bubuk, minyak wijen, kecap asin/garam, atau bumbu lainnya sesuai selera. Siap dinikmati.
  • Terakhir jangan lupa nikmati nasi kerak kriuk-kriuk yang ada dibagian dasar mangkuk.
  • Selamat mencoba.

4 comments:

  1. cantik bangettttt perpaduan warnanyaaaaa....

    ReplyDelete
  2. terlihat enaaak..... lia, beli ttukbagi di mana? mau aahhh di toped ada ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada teh ternyata hihihi... jadi gak usah berat2 bawa dr korea teh. selamat berburu.

      Delete

matched content: