Thursday, November 11, 2010

Botram: penambah nafsu makan

Botram adalah istilah dalam bahasa sunda (Sukabumi) yang berarti acara makan-makan bersama. Umumnya, setiap orang yang datang membawa makanannya masing-masing untuk disantap bersama. Kebersamaan menjadi inti utama dalam acara ini. Setelah punya tetangga yang juga orang Sukabumi, kegiatan botram baru-baru ini malah semakin meningkat.

Sebetulnya tidak ada acara khusus yang menginisialisasi acara botram. Kadang mendadak dan kadang memang direncanakan jauh-jauh hari. Misalnya ketika ada salah satu teman yang baru pulang dari Indonesia atau memperoleh titipan makanan dari keluarga di Indonesia. Nah disitu biasanya pada berebutan makanan. Ada pengalaman lucu, ketika itu ada yang baru pulang dan membawa teh botol. Semuanya dibagi satu tapi ada satu kemasan yang tersisa, akhirnya supaya adil kami bagi rata. Itu malah jadi  kenangan yang lucu dan jika teringat, kami sering menertawai tingkah kami ini.


Disini makan ikan asin seperti makan barang mewah, meskipun ada juga di toko asia, tapi ikan asin tertentu tidak bisa diperoleh, misalnya ikan peda atau cumi telur, jambal roti, dst. Nah jika salah seorang dari kami memperoleh titipan itu dari Indonesia, acara botram pun langsung direncanakan seketika itu juga, dengan menu sampingan seperti nasi liwet, sambel terasi, lalapan, sayur asem, atau lainnya.


Ketika musim panas, pernah teman-teman dbento.com mengorganisir untuk mengadakan acara makan bersama sambil barbeque/grill. Menunya bisa buat ngiler, sayangnya disini untuk acara seperti ini hanya terbatas ketika musim panas saja. Menu yang biasa menjadi andalan adalah sate ayam, sate padang, sate sosis, kentang panggang, salat, buah-buahan, dll.


Selain itu acara botram juga bisa dipicu dari ide masak memasak, setelah selesai memasak kita bisa menikmati hasilnya bersama-sama.
 
Botram tidaksemata-mata karena 'makanan' tapi juga keinginan lain untuk bersosialisasi, berkumpul, menghibur hati dengan bercanda  dst. Kadang meskipun menunya tidak mewah dan meriah, tapi entah kenapa nafsu makan sering melunjak. Jadi kalau ada yang nafsu makannya berkurang... lebih baik botram yuuuk, pasti deh makannya nambah berkali-kali.

1 comment:

matched content: