Friday, November 12, 2010

Membuat karakter dari sosis, tanpa alat khusus

Mempercantik penampilan bento memang banyak caranya, salah satunya yang baru saya dapat dari internet adalah menghias sosis menjadi berbagai bentuk binatang. Sebelumnya sudah ada tulisan mengenai cara menghias sosis dengan memanfaatkan cetakan sosis. Tapi untuk postingan kali ini, kita tidak perlu menggunakan cetakan sosis yang mungkin susah di dapat, cukup dengan menggunakan peralatan sederhana seperti pisau dan tusuk gigi. Berikut beberapa penjelasan cara membuatnya. Postingan lain untuk menghias bento dengan sosis, juga bisa di lihat di: cara membuat gurita / oktopus dari sosis.


Bentuk gajah


Peralatan yang perlu disiapkan adalah pisau dan tusuk gigi (jika takut berbahaya untuk anak, sebaiknya diganti dengan material lain seperti spagetti atau yang lainnya). Selain itu sosis yang digunakan adalah sosis yang ukurannya kecil (pendek). Caranya:

1. Potong sosis menjadi dua bagian dengan potongan diagonal (satu bagian untuk kepala, dan bagian lainnya untuk badan)

2. Ambil salah satu potong sosis, kemudian iris untuk memperoleh dua potongan tipis diagonal yang digunakan untuk telinga sedangkan sisanya untuk bagian badan gajah.

3. Ambil dan potong bagian lain (untuk bagian kepala) sesuai dengan gambar

4. setelah itu susun sedemikian rupa dan kencangkan dengan dua tusuk gigi di bagian kepala (kiri dan kanan atas belalai). Ujung depan tusuk gigi ini akan menyerupai mata gajah.




Bentuk kelinci

Peralatan dan bahan yang digunakan adalahsosis kecil, wijen hitam, dan pisau. Caranya:

1. Potong sosis menjadi dua bagian secara diagonal

2. Ambil salah satu bagian dan iris sehingga memperoleh satu irisan tipis diagonal.

3. Potong irisan tipis diagonal tersebut dengan pola V, bagian ini akan menjadi bentuk telinga.

4. Ambil potongan kedua dan buat potongan melintang di tengah-tengah tapi tidak sampai putus, kemudian  sisipkan telinga (3) (jika perlu gunakan tusuk gigi)

5. Ambil dua buah wijen hitam dan tempelkan di bagian kepala.



Bentuk bunga matahari

Peralatan dan bahan yang digunakan adalah sosis, sepasang sumpit, tusuk gigi dan pisau. Caranya:

1. letakan sosis diantara sumpit dan potong sosis secara melintang tapi jangan sampai memotong putus sosis tersebut. Fungsi sumpit adalah supaya hasil potongan tidak sampai putus. Jarak potong harus sama sekitar 0,5-1 cm (tergantung ukuran sosis yang digunakan).

2. Balik 90 derajat, kemudian buat potongan diantara bekas potongan pertama

3. Buat lingkaran dengan mempertemukan ujung sosis dan kencangkan dengan tusuk gigi.


4. Sebagai pemanis tengah lingkaran bisa diberi irisan telur puyuh atau potongan sosis yang di gores-gores horizontal dan vertikal.



Semua ide dan gambar diperoleh dari itoham, selain itu teman-teman juga bisa lihat dengan lengkap bentuk-bentuk lain beserta video cara membuatnya (klik gambar dibawah).

Cara menghias sosis lainnya bisa dilihat di postingan kami lainya, berikut ini:

Selamat berkreasi...


52 comments:

  1. kereeennnn bgt, besok2 ajarin ya....

    ReplyDelete
  2. hwa..keren2 bntuknya..kreatif bgt..thanks for share ya mb..dan salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. makasih mbak edhini & teh intan

    ReplyDelete
  4. Lucuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.........!!!!! Mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!!!

    ReplyDelete
  5. salam kenal.mau nanya nih sosis'a yg siap makan y?Gak perlu digoreng lg?

    ReplyDelete
  6. klo pun perlu dimasak dulu, lebih baik sosisnya di rebus aja.

    ReplyDelete
  7. aq udh coba buat bento sendiri,hasilnya lumayan bagus.aq pakai pilaf* lalu kubentuk kepala panda,qu buat salad kentang pake bawang putih n bayam.aq buat sosis bentuk ikan n bunga matahari tapi putus!!!`~_~`



    pilaf:nasi yg ditumis dgn minyak n macam2 rempah2.

    ReplyDelete
  8. I LOVE BENTO 4EVER!!! 100%

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, memang menyenangkan ya berkreasi dengan bento. Mbak kalau bikin pilav pake beras basmati atau beras Italia (bentuk berasnya bundar). Saya belum pernah mencoba mencetak pilav yg dr beras basmati. Makanya penasaran dg hasilnya.

    @Bento lovers : thx a lot...:)

    ReplyDelete
  10. salam kenal mba
    keren banget kreasinya dan pastinya telaten banget...
    jadi pengen setelaten mba :)

    ReplyDelete
  11. Salam kenal juga... kami jg masih pd belajar nih...:)

    ReplyDelete
  12. Mohon bimbingannya...yoroshiku ya

    ReplyDelete
  13. ijin copas ya... mo belajar buat lomba. trims...

    ReplyDelete
  14. maaf, sayang sekali kami tidak bisa memberikan ijin copas pada seseorang yang tidak meninggalkan data identitas jelas (nama, alamat, alamat email, etc).

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah bento pertama Kenu sukses...terbantu dengan blog ini...makasih banyak yaaaa... jd smangat buatin bento buat Kenu k skulah, dan yg menyenangkan apartm kami dekeeet banget ma Daiso kitami jd kalap dweeh belanja peralatan Bento hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiipp.. semoga Kenu suka yaa... selamat nge-bento, moga tetep terus semangat yah :)

      Delete
  16. makasih idenya.
    Nge-bento ga harus pk alat ya yg penting imajinasi dan kreatif...
    www.tamanboneka.com

    ReplyDelete
  17. betul.. selamat nge-bento :)

    ReplyDelete
  18. keren bangettttttttttttt, biasanya tya pakai sosis di goreng dulu ? nah itu pakai sosis apa ya ??? gak perlu digoreng lagi ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga di rebus, biar permukaan sosisnya tetep keliatan mulus

      Delete
  19. wijen itamnya cari dimana ya mbak...:) Jadi pingin bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  20. Ih keren deh...kapan2 coba ah

    ReplyDelete
  21. lucu banget siy, jd pengen nyobaa buat..mnarik buat bekel jln2..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga berhasil dan tambah kreatif :)

      Delete
  22. mau coba ah besoookkkkk. sosisnya ada. tinggal dibentuk2 aja. abon juga ada buat bikin onigiri isi abon. norinya ada. tapi gak ada nori punchernya. kira2 kalo digunting2 manual bisa aja kali yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa digunting sendiri pakai gunting biasa. selamat berkreasi ya :)

      Delete
  23. wah lucu2, gak punya cetakan jg bs bikin bento ya hehhehee

    www.momsandlovelykids.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semua tergantung kreatifitas masing2.. terimakasih dah mampir :)

      Delete
  24. Gara2 kamu...aku jatuh cinta ma bento. Hehe. Anakku sekarang semangat makan bekalnya moms... Thx ya pencerahan-pencerahannya. Btw, nempelin wijen item biar ga lepas2 selain ditusukin di apain ya moms?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul kata mba ira, di olesin sedikit mayonaise atau mentega juga bisa. supaya nempel.

      Delete
  25. @Mbak Reni Mardiyani : Udah pernah nyoba merekatkan pakai mayones atau saos tomat? sedikit saja pakainya.

    ReplyDelete
  26. Sangat membantu...aku blm sukses bikin yg bunga matahari...napa y

    ReplyDelete
  27. alhamdulillah sangat membantu saya bikin bekal sekolah anak yg sangat cantik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. ikut senang... anaknya pasti senang jg.

      Delete
  28. Hadowww lucune...sayang bila d maem...hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan ujungnya di maem, meski sayang hehehe

      Delete
  29. aku yg ga bisa masak, ngeliat ini jd pgn belajar ^o^... At least kalo sosis mah pasti bisa ngolahnya..tinggal ngebentukin jd bntuk yg lucu2 spy anakku semngat makannya ^o^...suka deh baca blogmu mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak atas kunjungannya. moga anaknya senang dibuatin bento sama bunda tersayang :)

      Delete
  30. Wahhh keren simple n lucu2 makasih ya buat ide2 nya

    ReplyDelete

matched content: