Friday, May 27, 2011

Membuat bunga dari telur dadar dan sosis


Yuk yuk.. belajar menghias bento lagi. Kali ini mengenai cara membuat bunga matahari dari telur dadar dan sosis. Kalau telur dadarnya hanya diletakan begitu saja di atas bekal akan terlihat membosankan. Tapi dengan sedikit trik jadilah telur dadar yang menarik dan bisa digunakan untuk hiasan bento, nasi kuning atau tumpeng.

Bahan yang diperlukan adalah sepotong sosis dan telur dadar. Caranya, ikuti petunjuk dibawah ini yah.

Potong sosis dengan panjang sekitar 5-6 cm. Pada permukaan potongan sosis, buat pola seperti gambar di atas. Irisan tidak usah terlalu dalam, sekitar 0,5 mm.

 Setelah direbus, permukaan sosis akan terlihat seperti di atas.

Lipat telur dadar sehingga menjadi setengah lingkaran. Bergantung pada tinggi bunga yang diinginkan, potong bagian terluar lipatan/lingkaran,  terlebih jika menggunakan wajan bulat.

Di foto yang ini saya memotong telur dadar dengan lebar sekitar 5-6 cm dan panjangnya bergantung diamater wajan. Kemudian pada bagian lipatan dibuat irisan melintang, tidak sampai putus, hanya sekitar 1 -1,5 mm dengan jarak antara irisan sekitar 0,5 mm atau lebih.

Taruh sosis di salah satu ujung telur dadar dan gulung sehingga menyelimuti sosis.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas. Siap untuk jadikan hiasan di bekal. Supaya tidak buyar, bagian paling bawahnya ditusuk dengan menggunakan tusuk gigi. Tapi jika bekalnya padat, tanpa tusuk gigi bisa langsung disisipkan.

 Bisa juga digulung tanpa sosis, tetap cantik untuk bento.

Lihat juga postingan terdahulu, mengenai cara membuat bunga hanya dari sosis mengenai cara membuat bunga hanya dari sosis saja/tanpa telur dadar.
Selamat mencoba ^_^

5 comments:

  1. keren, kreatif.... jgn bosen2 berbagi ya sis...
    ^.^
    www.tamanboneka.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Makin termotivasi buat aneka model bento...biasanya sih cuman main di cetakan nasi doang hehehhe. Makasih ya ♏ϐǟƘ sharing infonya ^_^

    ReplyDelete
  4. yaaa ampuunn aseli keren bgt :G
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania