Monday, May 2, 2011

Berbagi Kehangatan dengan Nabe



 Sudah lama saya berjanji untuk membuat tulisan ini, baru kali ini sanggup menepati. Musim dingin kemarin alhamdulillah kami keluarga bento mania dua kali mengadakan pesta nabe.

pesta nabe menggunakan kompor portable dan dua panci biasa untuk menjamu 4 keluarga. Umumnya wajan yang digunakan untuk nabe terbuat dari keramik.


Menurut Makiko Itoh di blognya, justhungry, nabe adalah
kata jepang untuk panci atau wajan. Namun juga berarti makanan semangkuk dimana bahan-bahannya dimasak jadi satu dengan kaldu. Nabe mencerminkan satu keluarga bahagia yang berkumpul mengelilingi meja untuk makan makanan hangat bersama. Karena dimasak langsung di atas kompor, nabe enak dimakan saat musim dingin. Namun kompor yang digunakan khusus, yakni kompor portable yang bisa diletakkan di atas meja. Jika tak ada, bisa juga menggunakan alat fondue.

Kaldu untuk memasak nabe bisa dari kaldu apa saja. Yang vegetarian bisa menggunakan kaldu sayuran. Yang suka daging juga demikian. Kami menggunakan kaldu ikan instan / dashi. Bisa dibeli di toko oriental di sini.

Pertama kali pesta nabe, kami hanya menggunakan alat fondue, dengan bahan seadanya, jamur champignon, bakso ikan, filet ayam, dan beberapa sayuran
 
Bahan-bahan lain, menurut Makiko bisa dikreasi menurut selera masing-masing. Di dalamnya bisa berisi sedikit daging dengan banyak sayuran. Atau sebaliknya. Jenis sayurannya pun terserah selera. Kami menggunakan bayam, kol cina, beberapa jenis jamur (enoki dan shiitake). Daging ayam, baso ikan dan tahu putih sebagai sumber proteinnya. Udon adalah sumber karbohidrat. Benar-benar makanan bergizi lengkap dalam satu panci.

sayuran yang digunakan untuk nabe

bahan-bahan lain yang digunakan untuk nabe, yakni tahu, jamur enoki, dan shiitake

Pertama pesta nabe, kami hanya berempat orang dewasa dan dua anak kecil. Bahan yang disediakan Tante Lia sebagai tuan rumah sangat banyak. Tak disangka, semua habis tak tersisa. Ternyata kami semua monster nabe rupanya. :)

No comments:

Post a Comment

matched content: