Tuesday, December 28, 2010

Mencari kehangatan dan kelezatan di Vapiano

Yeeehaw.... Akhirnya liburan natal dan tahun baru pun tiba. Namun kali ini kota paling barat di jerman alias Aachen dilanda badai salju selama seminggu kemarin. Salju semakin menumpuk sampai melebihi lutut karena turun secara terus menerus, bisa sampai seharian tanpa berhenti. Sehingga jalanan licin dan susah dilalui oleh bis umum, kami pun terkurung di rumah.


Rustka-1040
suasana di dalam restoran
Hari senin kemarin, cuacanya lumayan lebih bersahabat meskipun masih minus. Kami memutuskan untuk mencari udara segar dengan jalan-jalan di kota dan Alhamdulillah dapat rejeki tiba-tiba diajak teman yang sedang 'selametan' untuk makan di restoran ini. Vapiano namanya, tempat makan itali yang konsepnya menarik. Restoran yang tergolong baru ini terletak di dekat alterposthof Aachen bersebelahan dengan gedung Aachen-Munchener baru.

Rustka-1038
Minyak olive di tambah cabe
Konsep nya mirip seperti fastfood tapi bedanya makanan yang kita pesan langsung dimasak seketika itu juga di depan kita oleh sang koki, fresh from the `ketel`. Setiap pesanan dimasak dengan menggunakan alat yang baru dicuci, jadi tidak usah khawatir takut tercampur dengan bahan makanan yang tidak diinginkan. Selain itu cara memasak sang koki terlihat apik dan bersih. Kita juga bisa memilih sendiri bahan-bahan yang digunakan atau bahkan yang tidak digunakan. Di sudut restoran ini juga terdapat caffee bagi orang yang ingin menikmati sajian kue-kue manis sambil menikmati minuman hangat.

Rustka-1029
Capuccino pesanan teh intan
Suasana restauran pun cukup nyaman, bangku-bangkunya banyak yang diperuntukan grup atau keluarga. Di atas meja terdapat dua jenis tanaman hidup yakni basilikum (selasih) dan rosemary yang selain sebagai hiasan, daunnya bisa kita petik untuk teman makan. Selain itu juga terdapat bumbu dapur seperti minyak zaitun, garam dan merica. Ketika kami datang pas jam makan siang, nyaris tidak ada tempat duduk kosong, sampai akhirnya ada pasangan yang meninggalkan salah satu meja. Kami pun langsung menyerbunya dan duduk disana meskipun piring-piring kotor masih ada di atas meja.

Rustka-1033
scampi


Selanjutnya kami langsung berburu menu yang sebagian besar menggiurkan sambil menunggu pelayan membersihkan meja. Karena ini restoran italia tentu saja menunya berupa berbagai macam pasta, pizza dan lainnya. Menu terbagi atas beberapa kategori seperti salat, antipasti dan dolci (desert khas italia). selain itu terdapat pizza dan berbagai macam pasta. Untuk pasta kita bisa memilih sendiri jenis pastanya apa (spagetti, farfalle, fusilli, penette, tagliatelle, pappardelle, dll).

Rustka-1027
Spaghetti scampi e spinaci
Ketika itu saya memesan spagetti scampi spinachi, udang dipadu dengan spinat dimasak menggunakan saus cream dan basilikum pesto. sedangkan si uda memesan spaghetti scampi, udang dengan saus tomat dan sayuran. Yang punya hajat memesan pasta dengan salmon yang diberi jeruk mandarin. Kita bisa memilih beberapa bahan untuk ditambahkan ke hidangan yang dipesan, misalnya cabe, bawang putih, atau parmesan, dll. Atau jika kita tidak suka dengan salah satu nya kita juga bisa bilang langsung ke kokinya. Teh intan ketika itu tidak mau menggunakan alkohol di pesanannya, tapi karena sudah terlanjur diberi, akhirnya si koki tak segan-segan langsung membuang bahan yang sudah terlanjur dimasaknya dan menggantinya dengan yang baru.



Rustka-1032
daun basilikum yang pucuk-pucuk segarnya sudah dipetik
Harganya cukup rasional. Rasanya pun sesuai dengan yang diharapkan... Enak. Untuk pasta misalnya berkisar antara 5,5 - 8,5 euro sebanding dengan rasa, kemampuan dan ketangkasan si koki, serta penggunaan bahan-bahan yang betul-betul segar dan berkualitas. Hidangan yang sangat memuaskan, apalagi kalau ditraktir seperti ini tambah-tambah nikmatnya. Makasih yah pada bapak penyandang dana. Jangan kapok traktir kita lagi.


Rustka-1021
Rosemary yang nasibnya sama seperti basilikum, daun-daun segarnya sudah banyak dipetik

No comments:

Post a Comment

matched content: