Thursday, December 3, 2015

Resep dan cara membuat bibimbap (updated)

resep dan cara membuat bibimbap
Resep Bibimbap. 

Bibimbap adalah salah satu makanan khas korea yang sudah terkenal dipenjuru dunia. Hidangan khas negeri ginseng ini sebelum disantap dicampur dulu dalam sebuah mangkuk sambil diaduk bersama bumbu pasta cabe khas korea. Rasanya sudah barang tentu enak, selain itu resepnya menyehatkan terdiri atas berbagai macam sayuran. Cocok juga untuk vegetarian, tinggal mengganti protein hewani menjadi nabati.

Jumlah dan jenis bahan yang digunakan cukup bervariasi. Beraneka ragam rasa dibuat kompak dengan saus cabe. Seperti layaknya masakan-masakan Indonesia, Bibimbap juga memiliki filosofi dalam penyajiannya. Permainan rasa, warna serta penataan hidangan kadang diterjemahkan sebagai simbol dengan makna tertentu. Kalau seperti ini jadi kayak nasi tumpeng ya.

Kalau lihat di drama korea, kadang mereka tinggal mencampurkan side dishes/banchan/lauk pauk yang tersisa di kulkas, khususnya yang berupa sayuran, atau yang disebut dengan namul, kemudian mengaduknya dengan nasi dan bumbu pasta cabe korea atau gochujang. Namul adalah istilah korea untuk masakan berbahan sayuran yang membuatnya sangat simple seperti ditumis atau direbus dan dibumbui.Bibimbap bisa menjadi sajian praktis dengan hanya mendaur ulang bahan makanan yang sudah tersedia. 

Jika ingin membuat bibimbap dari awal memang banyak yang harus disiapkan, karena banyak bahan yang harus dimasak terpisah. Tapi hasilnya juga tidak mengecewakan. Selain itu dengan belajar masak bibimbap, kita jadi belajar mempersiapkan namul atau lauk pauk yang biasa disajikan di atas meja makan di Korea.

Kalau diingat-ingat, bibimbap ternyata masakan korea kedua yang pertama kali saya coba, setelah tteokbukki. ketika itu membuatnya dengan menggunakan bahan seadanya. Sisa-sisa tumisan sayur ala saya, kemudian diracik dengan bumbu gochujang. Hasilnya tidak mengecewakan. Sampai sekarang masakan ini tergolong sering kami buat di rumah karena suami suka banget. Cuman membuatnya ini memang banyak printilannya (namul) ketimbang resep-resep masakan biasanya. Nah biasanya printilan itu saya buat sekali banyak. Kemudian simpan di kulkas. Ketika kepingin, tinggal campur aja semua dengan nasi dan saus gochujang. Jadinya praktis.

Sayuran yang dicampurkan bisa beraneka ragam. Di setiap daerah di Korea pun berbeda-beda tergantung khas nya apa. Beberapa sayuran yang umum digunakan seperti resep yang ditulis di bawah. Selain itu juga ada bahan khas yang tidak mudah ditemukan misalnya akar bunga lonceng korea (doraji/ Platycodon grandiflorus) atau gosari (pucuk paku/pakis). Sayangnya saya tidak punya bahan ini, jadi saya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan saja. Waktu itu pernah sih menemukan gosari, tapi harganya wuih mahal sekali. Jadi saya ganti aja dengan bahan lain.

Bahan lain yang bisa ditambahkan atau digunakan sebagai pengganti adalah sebagai berikut. 

daging, ayam atau seafood juga bisa saling menggantikan. Tahu atau tempe kalau vegetarian bisa menjadi sumber protein,  labu siam, rebung, daun selada, jamur kancing, jamur tiram dsb,  paprika, Kimchi, Doraji, Gosari (pucuk pakis), Rumput laut (nori).

Kombinasikan sayuran ini sesuai selera. Juga bisa diatur supaya warna-warnanya menarik mata.

Setiap sayuran tersebut dimasak secara terpisah. Tapi kalau teman-teman mau modifikasi, misal dengan memasaknya sekaligus, setidaknya untuk beberapa sayuran yang bumbu/cara masaknya sama, silahkan saja. Supaya menghemat waktu yah. Tapi kalau ingin otentik, ikuti saja langkah-langkah memasaknya seperti berikut ini. Resep asli saya peroleh dari Maangchi.

resep dan cara membuat namul
namul


Resep Bibimbap

Rangkuman bahan mentah yang digunakan:

• Nasi matang
• daging sapi atau daging giling
• Tauge
• Spinat / bayam
• zucchini (jika tidak ada bisa diganti ketimun atau labu siam)
• wortel dipotong korek api
• Jamur shiitake atau bisa diganti dengan jamur lainnya
• telur ayam

Rangkuman bumbu yang digunakan:

• gochujang/pasta cabe korea, kalau tidak punya bumbu gochujang bisa buat sendiri. (untuk lihat resepnya silahkan klik link berikut: Resep sederhana pengganti gochujang)
• soy sauce/kecap asin
• bawang putih
• gula pasir
• garam
• minyak wijen
• minyak sayur untuk menumis
• biji wijen sangrai
• cuka apel (opsional)


Video cara membuat bibimbap:

Silahkan klik tanda play untuk memulai video di atas.


Rangkuman cara memasak:

1. Sumber protein: Daging atau bisa diganti dengan daging cincang/tahu/tempe/ayam/seafood


  • 200 gr daging
  • 2 bawang putih (ukuran sedang) haluskan
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula
  • ¼ sdt merica hitam
  • ½ sdt biji wijen sangrai
  • 1 sdt minyak wijen


cara membumbui daging untuk bibimbap
beef marinade


Cara memasak:
  • Kalau pakai daging utuh, daging diiris tipis-tipis memanjang. Kalau bisa berlawanan dengan serat daging supaya tidak alot.
  • Campurkan daging dengan bumbu-bumbu aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat, saya diamkan 1 jaman hingga bumbu meresap. (sambil nunggu bisa siapin atau masak yang lain dulu)
  • Panaskan wajan dan tumis bersama sedikit minyak sayur yang sudah dipanaskan, aduk.
  • Kemudian masak hingga airnya hilang dan dagingnya matang.
  • Angkat kemudian simpan di atas piring saji.


2. Toge/kecambah


  • 200 gr toge atau sekitar 2-3 genggam
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • ¼ sdt atau secubit garam
  • ½ sdt biji wijen sangrai
  • 1 siung bawang putih kecil (opsional)
  • 1-2 cangkir air untuk merebus



Cara memasak:
  • masukan toge yang sudha dibersihkan kedalam air mendidih, tutup dan masak selama 10 menit hingga bau langunya hilang.
  • setelah itu buang airnya, kalau perlu diperas dan sisihkan
  • tambahkan bumbu-bumbu: minyak wijen, garam, biji wijen, dan 1 siung bawang putih yang dihaluskan (opsional, klo gak suka bawang putih mentah jangan pakai).
  • Aduk hingga rata, kemudian  simpan di piring saji.

3. Spinat/bayam

  • 200-300 gr atau 2-3 genggam spinat atau bisa juga diganti dengan bayam
  • 1 sdt kecap asin
  • ½ sdt minyak wijen
  • ½ sdt biji wijen sangrai
  • 1 siung bawang putih yang dihaluskan (opsional) 
  • Air untuk merebus
  • Air es
Cara memasak:

  •  Rebus air dalam panci sampai mendidih, kemudian masukan spinat/bayam dan masak sampa layu, aduk sesekali.
  • Angkat dan buang airnya, kemudian rendam dalam air dingin sampai bayam bisa di pegang. selain itu supaya warna daun bayam tetap hijau cantik. 
  • Peras sisa air dari  bayam/spinat

  • Beri bumbu-bumbu, seperti yang disebutkan sebelumnya

  • Aduk sampai bumbu merata, sesuaikan rasa, Tambah/kurangi bumbu jika belum sreg. kalau kurang asin tambahkan kecap asinnya lagi. kemudian pindahkan ke piring saji.

4. Ketimun


  • 200 gr atau 2-3 buah timun 
  • Secubit garam
  • Sedikit Minyak untuk menumis

Cara memasak:

  • Potong-potong ketimun sesuai selera. Bisa bentuk korek api atau diiris-iris seperti biasa.
  • Bubuhi dengan garam, aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat sampai airnya keluar.
  • Kemudian buang airnya dan tiriskan, kalau perlu dilap dengan menggunakan bantuan tissue dapur.
  • Timun bisa ditumis sebentar, atau langsung di sajikan bersama dengan bahan lainnya supaya tetep masih kriuk.


5. Zukini


  • 200 gr atau 1 buah zucchini
  • ¼ sdt atau secubit garam
  • Minyak untuk menumis


Cara memasak:


  • Potong zucchini seperti bentuk korek api, beri garam, aduk sampai rata
  • Tumis dalam minyak sayur
  • Setelah zucchini matang (warnanya berubah), angkat dan pindahkan ke piring saji

6. Wortel


  • 200 gr atau sekitar 2-3 buah wortel
  • ¼ sdt garam
  • Sedikit Minyak untuk menumis


Cara memasak:

  • Potong wortel seperti bentuk korek api Tumis dalam minyak panas. 
  • Tambahkan garam aduk rata. 
  • Setelah 1 menit angkat dan sisihkan di piring saji.


7. Jamur shiitake

  • 30 gr jamur shiitake kering atau bisa pakai yang segar sekitar 150-200 gr bisa juga diganti dengan jamur lainnya
  • 2 sdt kecap asin
  • ¼ sdt gula
  • ½ sdt minyak wijen
  • 1 sdt minyak untuk menumis




Cara memasak:

  • Kalau pakai shiitake kering, direndam dulu dalam air beberapa jam sampai mengembang penuh dan dipegang lembut/tidak keras. Setelah itu cuci bersih dan iris-iris memanjang.
  • Panaskan minyak sayur, kemudian masukan shiitake.

  • tambahkan 2 sdt soy sauce/kecap asin, 1/4 sdt gula pasir, aduk dan masak selama kurang lebih 5 menit kemudian terakhir tambahkan minyak wijen aduk hingga rata. Angkat dan pindahkan ke piring saji, bersama sayuran lainnya.


8. Telur mata sapi



Terakhir, buat telur ceplok/telur mata sapi sesuai selera, bisa matang, setengah matang atau kalau suka mentah juga bisa (tanpa dimasak langsung dicampur dengan nasi dan bahan-bahan lainnya). Juga tidak harus pakai cetakan seperti di atas hehehe.. yang di atas supaya keliatan cantik aja telur ceploknya.


9. Bumbu bibimbap


resep bumbu bibimbap
bumbu bibimbap

Karena semua bahannya sudah berbumbu. Biasanya saya hanya menggunakan bumbu gochujang saja. Setelah diaduk baru dikoreksi rasanya. Kalau kurang rasanya tinggal ditambah minyak wijen, garam/kecap asin, gula, bawang putih tambahan. Kalau suka asem bisa ditambah cuka apel.

Tapi ada juga resep yang menggunakan bumbu racikan. kalaupun mau membuat bumbunya bisa dipakai resep berikut (sumbernya dari aeris kitchen):

Untuk 2 porsi:

  • 3 sdm gochujang
  • 1/2 siung bawang putih atau 1 yang ukurannya kecil, haluskan
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt cuka apel
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt biji wijen sangrai


cara membuat bumbu bibimbap:
aduk semua bahan hingga menjadi pasta.




Cara menyajikan dan cara menyantap bibimbap:


Setelah bahan-bahan dimasak dan disimpan di atas piring saji, selanjutnya adalah tinggal menyantapnya dengan menggunakan gochujang. Cara menyajikan bibimbap ada dua cara bisa diklik link berikut:

1. cara menyajikan bibimbap dengan mangkuk biasa
2. cara menyajikan bibimbap ala restaurant korea dalam mangkuk batu/tembikar khas korea: dolsot bibimbap.


Semoga tidak ada yang terlewatkan (saking banyaknya, jadi bingung sendiri hehehe).
Selamat mencoba ^_^

cara membuat bibimbap sederhana dan bibimbap ala restaurant korea
bibimbap biasa vs dolsot bibimbap

15 comments:

  1. nyam nyam nyam..... dbento dah aku link di blog keluargapelancong, ya....:)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sip, klo ada request resep silahkan ditulis aja.

      Delete
  3. Replies
    1. bisa beli online. atau bisa diakalin dengan buat penggantinya, silahkan klik link berikut: http://www.dbento.com/2015/10/resep-sederhana-pengganti-gochujang.html/

      Delete
  4. Lambaikan tangan, ribet amat bikinnya. mungkin karena aku nggak suka masak ya mbak. Tai bimbimbap ini memang enak dan sehat. klo beli itu tellurnya masik ginuk ginuk mentah.

    Eh, beli cuka apel dimana ya mbak ? aku denger ini bagus untuk kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini resep terpanjaaaang yg pernah saya coba mbak hehehe... emang ribeud, enakan tinggal makan :) cuka apel online di toped ada juga mba zulfa.

      Delete
  5. Klo sayurannya dimasak lgsg byk dan sisanya masuk kulkas, kalau mau dimakan lagi apakah dipanaskan lagi sayur2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dipanaskan lagi. kalau pakai dolsot/wajan tinggal di tata semua bahannya dalam wajan trus dolsot/wajannya dipanaskan. bisa intip dulu postingan sebelumnya:

      http://www.dbento.com/2015/12/cara-membuat-dolsot-bibimbap.html/

      saya biasanya (klo males) dari kulkas tinggal dicampur dengan bumbu setelah itu baru dipanaskan pakai microwave oven atau bs jg dioseng sebentar di wajan. selamat memasak :)

      Delete
  6. mBak Request resep Chicken Barbeque ala Nami Island......

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya resep ayam yg terkenal di chuncheon itu bukan ya? saya coba dak galbi dan rasanya memang enak. Berikut resepnya silahkan klik link berikut: Resep Dak galbi

      Delete

matched content: