Monday, May 30, 2011

Cara Memasak Nasi Turki

Perkenalan saya dengan makanan Turki bermula dengan doner kebab. Makanan Turki paling umum dan mudah ditemukan di Jerman. Meski pernah merasakan kebab sebelumnya di tanah air, saya rasakan rasanya berbeda ketika merasakan doner kebab di Jerman.

Pengenalan berbagai makanan Turki lainnya berlanjut ketika kami mulai banyak memiliki kawan dari sana. Orang-orang Turki ini terkenal sangat ramah dan royal dalam menjamu tamu. Jika ada undangan dari mereka harus siap dengan perut kosong. Jika tidak, sepulang dari berkunjung jadi susah bergerak akibat kekenyangan.

Salah satu yang khas adalah nasinya. Rasanya gurih tapi tak membuat enek. Nah saat di bremerhavan, alhamdulillah saya berhasil mengetahui cara memasaknya dari orang teman wanita Turki bernama Janan.

Memasaknya tergolong mudah dan praktis. Kita tak perlu menggunakan rice cooker. Melainkan dimasak dalam panci di atas kompor. Adapun bahan-bahannya terdiri dari :

  • 2 cup beras susu / beras italia / beras jepang /beras basmati. Teman saya pernah menggunakan beras thailand, tidak berhasil.
  • 1 cup bulgur Jika menggunakan beras basmati tidak perlu ditambah bulgur.
  • 1 genggam makaroni beras (arpa sehriye (turki)/risoni (italia), sejenis pasta yang ukuran dan bentuknya seperti beras). Kata Intan juga disebut sebagai makarena.
  • 1 kaldu blok. Saya menggunakan kaldu sayur.
  • Minyak zaitun untuk menumis. Jika tak ada, bisa menggunakan minyak goreng biasa.
  • Garam

Proses :
  1. Campur beras dan bulgur, cuci hingga bersih, tiriskan. Diamkan paling nggak setengah jam.
  2. Tumis makaroni beras dengan minyak zaitun hingga kecoklatan dengan api sedang. Masukkan campuran beras dan bulgur. Aduk hingga rata. Tambahkan air hingga tingginya kira2 setengah ruas jari dari permukaan beras.
  3. Tambahkan kaldu blok dan garam. Aduk hingga air dalam panci mulai mendidik dan beras terlihat setengah matang.
  4. Tutup panci, matikan api jika menggunakan kompor listrik. Jika menggunakan gas, kecilkan hingga batas minimal. Diamkan selama sepuluh menit.
  5. Nasi siap dinikmati.



video

2 comments:

  1. Keliatannya enak....:)!! Thanks udah share recipenya ya :)!

    ReplyDelete
  2. Sama2. Selamat mencoba, ya.....

    ReplyDelete

matched content: