Tuesday, May 31, 2011

Menjajal cetakan telur dreamland

Di postingan gado-gado yang lalu saya pernah menampilkan telur cetak seperti ini. Rahasianya adalah cetakan telur dreamland. Tak hanya telur tetapi cetakan ini juga bisa digunakan untuk membuat agar-agar atau jelly.  Awalnya bingung dengan cara menggunakannya, sempet keriting juga melihat petunjuknya yang berbahasa Jepang. Saking sudah tidak sabarnya, saya sok tahu dan akhirnya hasil tidak maksimal. Baru kali kedua hasilnya lumayan memuaskan. Waktu itu kebetulan ada yang minta dibuatkan bakso tenis isi telur untuk pesta. Supaya telurnya tampak cantik, akhirnya cetakan telurnya dicoba sekali lagi. Berikut ini adalah cara menggunakan cetakan tersebut dan tips-tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi.




Bermodal sekitar 1800an yen (IDR 190 rb),  akhirnya kesampaian juga punya cetakan telur ini, yakni atas bantuan sahabat baik di Jepang yang mau membelikan dan mengirimkannya ke sini. Bentuk paketnya seperti gambar di atas yang terdiri atas saringan pemisah telur (kiri bawah), tempat cetakan (gambar paling tengah), batang cetakan (kanan) dan tutupnya (kiri atas). Sebelum digunakan pasangkan tutup ke atas cetakan batang. Pertama kali digunakan biasanya agak-agak macet. Tapi setelah sering digunakan peralatannya jadi lebih mudah diatur, tidak macet-macet lagi dan tidak bocor seperti pertama kali dipakai. 

Kemudian olesi permukaan dalam lubang cetakan dan batangnya dengan menggunakan margarine/mentega, terutama pada bagian sela-sela batang cetakan dan dasar tabung. Kesalahan pertama kali, tidak diolesi minyak/mentega sehingga bagian dasar mudah bocor dan telur jadi lengket di cetakan tabung. Bentuknya juga jadi amburadul.


Setelah peralatan terpasang, didihkan air dalam panci. Saya menggunakan panci berdiamater 20 cm. Banyaknya air harus diperhatikan supaya cetakan bisa terendam semua. Pisahkan telur dari putihnya dengan menggunakan saringan pemisah.


Masukan putih telur ke dalam lubang cetakan, biasanya 1 telur ukuran L sudah cukup atau sekitar 40 cc putih telur. Jangan sampai penuh ya, sisakan sekitar 1/4 - 1/5 bagian, karena butuh ruang untuk cetakan tabung. Dari pengalaman pertama, karena kepenuhan, ketika ditutup langsung luber.


Tutup dengan bagian penutup yang sudah dilengkapi cetakan batang. Cetakan batang ini ada 4 jenis, yakni bentuk segiempat (belah ketupat), bunga, hati, dan bintang. Cetakan batang tersebut akan membuat lubang untuk kuning telur sesuai dengen bentuk masing-masing.


Setelah air mendidih, masukan cetakan ke dalam panci, tutup panci dan rebus sekitar 10 menitan sampai matang.


 Kemudian angkat dari panci dan buka tutup cetakan sehingga terlihat lubang seperti gambar di atas.


Isi semua lubang tersebut dengan kuning telur sampai penuh (sekitar 25 cc), kuning telur bisa sedikit dihancurkan. Untuk hasil yang maksimum, kuning telur bisa disaring sehingga betul-betul terbebas dari putihnya.


Lepaskan  batang cetakan dari tutup. Letakan kembali tutup di atas cetakan yang sudah ada telurnya. Rebus selama kurang lebih 8 menit.


Keluarkan telur dengan mendorong bagian dasar tabung, hasil cetakan telurnya seperti gambar di atas. 

Setelah digunakan, sebaiknya semua peralatan langsung direndam dalam air, kemudian dicuci. Kalau dibiarkan terlalu lama akan susah dibersihkannya. Selamat mencoba!

21 comments:

  1. IIhh..keren yah hasilnya imut2 dan lucu bntuknya...:D, Di Indo blm tentu ada nih cetakan telur kaya gtu..:D, btw bisa dibuat cetak bahan makanan lain juga gk itu alatnya selain buat telur, agar2 misalnya..:)

    ReplyDelete
  2. iya, betul cetakannya bisa untuk agar-agar. mungkin kalau dipakai untuk cetak agar-agar tidak terlalu repot yah, gak perlu pake direbus

    ReplyDelete
  3. Waahhhh... jadi pengen!
    (lapar mata, jadinya. xixixixixixixixi)

    ReplyDelete
  4. ayo ayo beli mbak.. hehehe (kompor)

    ReplyDelete
  5. Mbak, kreasinya bagus"!
    Bikin ngiler aja.
    Apalagi liat cetakan telurnya dan hasil jadinya.
    Jadi, pengen!
    Tapi ga tau mau beli dimana klo di kota Padang?
    :(

    ReplyDelete
  6. Mbak Henny, ayoo beli mbak.. hihi...
    Diindonesia sudah banyak yg jualan secara online, silahkan bertemen menjadi bentomania di FB, ada beberapa teman kami menjualnya secara online, lucu2 deh... selamat berburu ya....

    ReplyDelete
  7. salam bento.! krn saya br b'gabung,mohon info toko/alamat yg bs sy hub. secara on line. trimakasih..

    ReplyDelete
  8. trimakasih sudah mampir.. kl punya akun FB banyak toko online seperti Little Bento House, Toko Bento, Bento E-Shop menyediakan alat2 bento.. silahkan bergabung dengan akun FB bento mania untuk info toko online alat bento.. :-)

    ReplyDelete
  9. Lia, mau dong Li... pengen pesen

    -vita, bonn

    ReplyDelete
  10. hihihi.. iya mbak, insyaAllah nanti klo salah satu dari kami pesen lagi atau berkunjung ke Jepang langsung, tak bawain untuk galura yaa :D

    ReplyDelete
  11. Puas deh jelajahi blog ini. Banyak tips yang berguna karena sederhana tapi efektif. Terima kasih Sis. Oya, saya rekomendasikan toko bento online di fb ini (punya teman) yang cukup lengkap dan harganya bagus.
    Linknya:
    http://www.facebook.com/pages/Bento-Time/219816251404904?ref=tn_tnmn

    ReplyDelete
  12. Makasih tlah mampir, Mbak Davina....:)

    ReplyDelete
  13. beli alatx dimana?

    ReplyDelete
  14. ini saya dapat dari jepang, agak susah sih

    ReplyDelete
  15. Kalau boleh tau barang ini no kodenya berapa? atau nama nya apa? saya minta teman yg lagi di osaka bingung nyarinya katanya. atau kalau ada referensi ol shop yg menjual alat ini saya sangat terbantu. terimakasih

    ReplyDelete
  16. memang susah carinya yah. kalau dulu dibelikan teman, dia beli online, klo gak salah di amazon atau di ebay (lupa). coba aja cari di internet, dengan kata kunci cetakan telur dreamland (ketik pakai bahasa jepang kali ya)

    ReplyDelete
  17. pingin pny cetakan telur dreamland, di indonesia udh da yang jual belum yah?!:(

    ReplyDelete
  18. Di ebay ada Ini link nya harganya cukup mahal juga ya US $16.99
    http://www.ebay.com/itm/Japanese-Bento-Lunch-Box-Egg-Mold-Kit-Dream-Land-4-kinds-/111080521999?pt=LH_DefaultDomain_0&hash=item19dcea410f

    ReplyDelete
  19. DI Ebay.com ada , harganya US $16.99

    Link nya http://www.ebay.com/itm/Japanese-Bento-Lunch-Box-Egg-Mold-Kit-Dream-Land-4-kinds-/111080521999?pt=LH_DefaultDomain_0&hash=item19dcea410f

    ReplyDelete
  20. Blognya membantu bgt mba.. Aku lg cari ide u/ ultah anakku yg ke3... Di FB byk kog yg jual cetakan ini, harganya 240rban...

    ReplyDelete
  21. hebaatt, lucuuu, kereeennnn mba :G
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania