Friday, July 22, 2011

Membuat Gyoza Kukus



Membiarkan bahan kulit gyoza berbulan-bulan di lemari pembeku, kemarin akhirnya ada waktu untuk praktik membuat gyoza sendiri. Ternyata gyoza ini bisa dibuat dengan mudah dan cepat.


Gyoza adalah makanan asal China, jiaozi. Kalau menurut saya adalah pangsit. Hanya saja orang Jepang menggunakan cara memasak unik bin ribet. Makanan ini bisa digoreng, direbus, dikukus atau dimasak dengan cara Jepang, yakni perpaduan antara digoreng dengan sedikit minyak lalu di kukus dalam wajam bertutup. Kulit gyoza mirip kulit pangsit tapi bentuknya bundar.

Di toko Asia tersedia berbagai variasi gyoza beku. Saya suka membeli gyoza vegetarian. Dulunya saya pikir makanan ini hanya enak ketika digoreng. Saat disuguhi oleh teman di Aachen dalam bentuk sup, eh enak juga rasanya. Teman saya yang lain suka dikukus lalu dicocol campuran mayonais dan mustard.

Walau suka gorengan, kemarin saya pilih gyoza kukus. Agar lebih sehat, sebab bisa mengurangi konsumsi minyak goreng dan gorengan. Resep aslinya saya peroleh dari blog Justhungry. Tapi dimodifikasi sana sini sesuai ketersediaan bahan di rumah. Ukuran bumbunya berdasarkan suka-suka dan kira-kira.

Bahan :
- 1 pak kulit gyoza (isi 24 lembar)
- 200 gr daging sapi cincang
- 1 batang daun bawang
- 4 lembar kol china (sawi putih) ukuran sedang. Rendam dengan air mendidih, rajang halus.
- Jahe bubuk, 1/2 sdt
- Bawang putih bubuk
- Kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen

Proses :
1. Campur semua bahan kecuali kulit gyoza.
2. Isi kulit gyoza secukupnya. Jangan terlalu banyak, sebab susah memilin ujung kulitnya. Cara memilin saya dapatkan dari youtube. Mulanya agak susah. Tapi setelah percobaan ketiga, langsung lancar.
3. Kukus sekitar 20 menit hingga matang.

8 comments:

  1. duh, kayaknya enak... ^^ kalo misalnya kulit gyozanya diganti kulit pangsit biasa memungkinkan gak ya...?

    ReplyDelete
  2. Bisa aja, Mbak. Menurut saya, kulitnya emang kulit pangsit. Cuma bentuknya saja yang bundar. Sebab memang bentuk gyoza ini unik.

    Selamat mencoba, ya...

    ReplyDelete
  3. makasih mbak ira atas balasannya ^^

    ReplyDelete
  4. ehm sepertinya lezat...untuk menutup kulitnya perlu pake perekat kaya putih telur gitu g?
    trim's

    ReplyDelete
  5. Gak perlu, Mbak. Cuma pake air saja....

    ReplyDelete
  6. punya resep cara membuat kulit gyoza nya gak...??
    kalo ada kirimin ya mba ke email saya citrakarunia@ymail.com

    ReplyDelete
  7. saya yg tadi kasih email... kalo gak ada minyak wijen bisa ganti yg lain...?? eperti margarin cair untuk aroma,atau minyak sayur biasa...??

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah membuat kulit gyoza sendiri. Sebab di toko oriental sudah ada. Kalau mau mencoba, mungkin bisa search ttg resep kulit pangsit di internet. Atau mungkin bisa juga menggunakan kulit ravioli.

    Kalau gak pakai minyak wijen, menurut saya sih bisa saja. Cuma aromanya saja mungkin yang berbeda. Selamat mencoba! :)

    ReplyDelete

matched content: