Tuesday, January 31, 2012

Resep Gochujang Sederhana

Di satu buku resep vegetarian makanan Korea, saya temukan satu resep gochujang sederhana dan praktis. Penggemar makanan atau masakan korea, pasti kenal bumbu pasta satu ini. Bumbu ini digunakan di banyak sekali jenis makanan negeri ginseng ini. Sebab semua bahan dasarnya dari tumbuhan, bumbu ini cocok untuk masakan vegetarian.


Gochujang sendiri sejatinya dibuat melalui proses fermentasi panjang. Hingga bertahun-tahun lamanya. Saya ingat saat menonton drama seri sejarah Dae Jang Geum, ada adegan mereka membuat bumbu dan disimpan dalam wadah-wadah besar bertutup di luar ruangan. Namun karena prosesnya yang lama, orang juga banyak menggunakan gochujang instan.

Di toko-toko Asia di Jerman dan Belanda biasanya sudah menyediakan gochujang. Akan tetapi, teman-teman di tanah air banyak yang belum bisa mendapatkan bumbu ini, kecuali dengan membeli secara online. Makanya, meski masih belum pernah mencoba sendiri resep gochujang ini, saya ingin menuliskan di sini. Siapa tahu ada yang tertarik untuk mencoba membuatnya. Bahan-bahannya mudah didapatkan. Jadi siapa saja saya pikir bisa membuatnya.

Bahan dasar :
1 sdm cabe merah bubuk, atau bisa ditambah sesuai selera
2 sdm cuka
1 sdm gula
4 sdm kecap asin encer (light soy sauce)
2-3 siung bawang putih, diulek halus

Proses:
Cabe merah bubuk, cuka, gula, kecap asin diaduk jadi satu hingga gula larut. Campur dan aduk bawang putihnya.

Bahan lanjutan :
1 sdm bumbu gochujang dasar diatas
2 sdm cuka
1/2 sdt gula
1-2 sdm tepung ketan

Proses :
Campur bumbu dasar gochujang dengan cuka dan gula. Aduk hingga rata. Campurkan tepung ketan. Aduk hingga rata. Gochujang sederhana pun siap digunakan.



16 comments:

  1. Halo...mau tanya...apakah resep ini tidak perlu fermentasi? kemudian, mau tanya rasanya,karena menggunakan bawang putih mentah...
    Btw, kalo dilihat dari bahan2nya,sepertinya resep Gochujang ini adalah resep pelapis untuk membuat kimchi ya?

    ReplyDelete
  2. kayaknya klo resep yang ini gak pakai fermentasi, soalnya sesuai namanya gochujang sederhana. dan memang lebih mirip bumbu cabe utk kimchi tapi pakai cuka.
    kalau di indonesia, gochujang sudah bisa jg dibeli di supermarket besar seperti lottemart. disana ada section makanan mancanegara, salah satunya korea. sayangnya produknya mengandung alkohol.

    ReplyDelete
  3. Annyeong haseyo..boleh bantu jawab??
    Begini, saya udah coba bikin gochujang sederhana ini..
    Nah, saya bisa langsung pakai atau difermentasikan juga bisa kok...
    Cara fermentasinya juga mudah.. Saya simpan gochujang dalam wadah plastik tertutup rapat, trus di lapisi sama koran 2 lembar biar benar2 kedap udara. Lalu dimasukin dalam kantong plastik. Saya simpan di lemari makan biasa. Ndak pake kulkas..
    Sekarang udah 2 bulan loh dan gochujang saya baik2 saja.
    Malah rasanya lebih enak dan hampir mirip aslinya.. Semoga jawaban saya membantu...

    ReplyDelete
  4. Waaaa... makasih infonya, Mbak Cheerfulbeela. Semoga yg lain gak ragu mencoba resep gochujang sederhana ini. :)

    ReplyDelete
  5. saia tertarik pengen nyoba nih.. :D
    but mau nanya dulu, cabe merah bubuknya apa bisa diganti pake cabe giling?? soalnya klw bhn2 lainnya udah lengkap ada didapur..

    ReplyDelete
  6. Menurut saya, karena bahannya sederhana, tak ada salahnya dicoba dg cabe giling juga. Selamat mencoba, ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak aku mau tanya bahan lanjutan itu apa yah ? Kok aku kurang mengerti............

      Delete
  7. maaf,,ini sausnya apa harus dikasih air atw ngg ya??

    ReplyDelete
  8. saya sudah pernah coba buat, Gochujang sederhana kan pake cuka jadi apa emg bau cukax menyengat bgd ya????

    ReplyDelete
  9. Bisa nggak kita bikin Kimchi pakai Gochujang?

    ReplyDelete
  10. kalo setau saya, emg resep kimchi pake gochujang ya..

    ReplyDelete
  11. saya sudah coba buat bahan dasarnya aja tpi rasa cukanya terasa bgt... apa saus gochujang emang begitu rasanya ato tidak?

    ReplyDelete
  12. terimakasih~ aku izin posting ke blog aku yah .. maksih^^

    ReplyDelete
  13. maaf, gochujang ini untuk masakan apa saja y?

    ReplyDelete
  14. terima kasih atas resepnya :)
    http://www.ilmci.com

    ReplyDelete
  15. Thank you resepnya :) Saya mau coba-coba buat masakan Korea yang mudah, tapi kendala di gochujang ini, mau beli online tapi belum yakin soal halalnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania