Wednesday, March 18, 2015

Resep Makanan Korea Yangnyeom Tongdak


Bagi penggemar drama dan masakan Korea, salah satu makanan khas korea yang harus dicoba adalah ayam goreng ini. Rasanya pedas, manis, gurih dan kriuk. Cara membuatnya juga tidak susah. Awalnya saya coba karena di kolom komentar ada sahabat bento mania yang minta resep ayam goreng korea. Tapi entah kenapa gagal fokus, pilihan saya teralihkan jadi resep ayam goreng korea yangnyeom tongdak, karena terlihat lebih menggiurkan. Setelah dicoba, patut direkomendasikan, terutama untuk para fans Korean food. Hidangan berikut ini adalah sebuah keharusan (biar lah lebay).

Awal mula berkenalan dengan kuliner korea adalah karena saya penggemar berat drama korea. Ceritanya bagus-bagus dan tidak buat bosan. Yang paling menarik ketika melihat adegan makan-makan baik itu di restaurant atau di rumah. Hidangannya, ibarat bisa bikin saya langsung ngibrit nyari lap buat ncess hehehe… karena film korea lah berat badan saya jadi naik (mencari kambing hitam). Karena pas nonton pastinya pingin ngemil, dan pas adegan makan pastinya mupeng lihat yang lagi dimakan.

Setiap tahu yang baru jadi termotivasi coba resep baru. Sampai saat ini, kesimpulan saya tentang makanan korea sangat sangat bersahabat di lidah dan belum pernah mengecewakan (lidah saya pastinya). Beberapa resep makanan korea yang sudah pernah berhasil saya uji coba dan sudah ditayangkan di blog ini adalah, kimchi, toppoki/dukboki, jajangmyoen, oden/ oemuk guk, japchae, bibimbab (resep-resepnya bisa dicari di kolom pencarian side bar samping kiri).

Terfavorit makanan korea yang sudah sering saya buat adalah si tuppoki atau dukboki atau teokbuki atau tteokbokki (tidak tahu penulisan latin yang benar seperti apa), rasanya pedas manis gurih. Menurut saya dukbokki adalah cemilan yang paling enak ketika nonton korea (halah hehehe..). kadang untuk makan siang atau makan malam, saya hanya memakan ini saja, sudah cukup mengenyangkan. Pokoknya kalau sahabat bento mania pengemar korea juga, silahkan deh dicoba, karena rasanya uenaak tenan. Kalau mau buat sendiri silahkan klik link berikut: cara membuat tteokbokki.

Selidik punya selidik, ternyata si Tteokbokki (klik disini jika ingin mencobanya) ini sudah lumayan terkenal juga yah di Indonesia (gak gaul jadi baru tahu), karena saya pernah broswing dan menemukan ada yang menjualnya loh. Ada yang menjual berarti ada yang berminat. Berminat untuk mencobanya, seperti dalam versi instant. Teokbukki sudah jadi dan tinggal dihangatkan saja sebelum disantap. Ada juga yang berupa saus instant, tinggal disiram sausnya. Bahkan bahan-bahan dasar membuat tteokbukki yang dulu susah didapat di Indonesia, ternyata sekarang dah lazim diperoleh, seperti tteok (rice cake klik di sini) yang sudah jadi dan bumbu pasta cabe atau gochujang. Wuih manteup banget tuh. Padahal dulu sahabat-sahabat bento mania, sering bertanya kepada kami dimana bisa membeli bahan-bahan seperti gochujang yang susah diperoleh. Ternyata sekarang relative lebih mudah yah. Namun tetap diseleksi bahan dasarnya yah. khawatir makanan import ada bahan yang tidak sesuai untuk kaum muslim, seperti penambahan alkohol dan penggunaaan lemak/daging babi.

Goreng ayam korea yangnyeom tongdak ini juga menggunakan pasta cabe korea alias gochujang dalam pembuatannya. Otomatis teman-teman yang dah praktek tteokbukki, dan masih punya sisa gochujang, bisa menggunakannya untuk resep ayam goreng ini. Kalau ada bahan-bahannya segera deh buat, biar gak penasaran lagi.

Sepintas memang mirip hidangan ayam goreng pak jenggot yang terkenal itu. Tapi yang ini di lumuri saus manis pedas asem, ibarat ayam goreng belado tapi tentunya dengan cita rasa yang berbeda. Karena menggunakan gochujang atau pasta cabe fermentasi khas korea. Jika mau tambah pedas, silahkan deh bubuhi serbuk cabe atau bon cabe yang level 10 biar mantap pedasnya.

Resep makanan korea Yangnyeom tongdak yang saya buat ini, rasanya tidak terlalu pedas (bagi orang yang suka level keatas keripik mak i**h ya hehehe…). Asal muasal resep dari oenni maangchi tapi berapa bahan takaran dan cara membuatnya saya modifikasi ya, ada ala bento mania-nya hehehe…

Bahan-bahan untuk ayam goreng, Yangnyeom tongdak:


  • 1 ekor ayam yang ukurannya sekitar 1,3-1,5 kg Atau bisa juga menggunakan pahanya saja atau sayap ayam yang dibagi dua.
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 butir telur
  • ½ cup (125 ml) potato starch atau tepung pati kentang, bukan tepung kentang yang berwarna kuning yah tapi tepung pati kentang yang warnanya putih. Tepung ini bisa juga katanya diganti dengan tepung maizena
  • ¼ cup (60 ml) tepung beras ketan
  • ¼ cup (60 ml) terigu
  • ½ sdt baking soda
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Bahan-bahan untuk saus Resep makanan korea,Yangnyeom tongdak:


  • +/- 1 sdm Minyak untuk menumis
  • 4 siung bawang putih yang dicincang halus
  • 1/3 cup (80 ml) saus tomat, bagi yang suka pedas mungkin bisa dtambah dengan saus pedas khas indonesa, atau ditambah abon cabe.
  • ¼ cup (60 ml) gochujang, kalau suka pedas bisa ditambah
  • 1 sdm cuka apel, bisa juga diganti dengan cuka lainnya tergantung selera tapi perhatikan takarannya bisa berbeda
  • ¼ cup (60 ml) sirup. Resep asli menggunakan rice sirup. Bisa diganti dengan sirup jagung, atau lainnya atau bisa juga diganti gula atau madu. ketika membuat video di bawah, saya menggunakan sirup dari bit gula yang warnanya gelap. Sehingga sausnya berwarna terlalu gelap. Jika pakai sirup yang warnanya terang maka lebih cerah juga warna sausnya. Perhatikan juga aroma sirup, pilih yang tidak menggunakan aroma tambahan seperti vanili dsb. Oh iya takaran sirup juga berbeda tergantung jenis sirup. Jadi lebih baik masukan sedikit demi sedikit dan icip apakah rasanya dah enak dilidah, khawatir kemanisan kalau terlalu banyak.
  • 1 sdm wijen sangrai untuk taburan

Video cara membuat resep makanan korea, Yangnyeom tongdak:






Deskripsi langkah dan cara membuat resep makanan korea, Yangnyeom tongdak:


Ayam dipotong-potong sesuai selera. Cuci bersih kemudian lumuri dengan garam, merica dan bawang putih bubuk. Diamkan beberapa saat dalam kulkas, minimal 30 menit supaya bumbu menyerap.








Campurkan tepung pati kentang, tepung ketan, terigu, dan baking soda. Aduk rata.

Telur dikocok lepas dalam wadah terpisah








Lumuri ayam yang sudah dibacem tadi dengan telur kemudian gulirkan di tepung. Bisa satu-satu atau kalau males satu-satu dan juga males tangan kotor seperti saya bisa ambil jalan pintasnya yakni, masukan semua kocokan telur kedalam ayam aduk rata. Setelah itu masukan semua ayam ke wadah tepung. Tutup wadah tepung dengan piring kemudian kocok kocok sampai semua teraduk. Ketika piring dibuka semua sudah terbungkus dengan tepung. Lebih praktis dan cepat.


Goreng ayam dalam minyak panas hingga tenggelam. Masak hingga kekuningan. Sebalik kurang lebih 5 menit pakai api sedang. Jadi bolak balik 10 menit. Angkat dan sisihkan.

Hasil penggorengan pertama ini, ayam masih terlihat pucat dan kalau dingn tidak terlalu kriuk






Goreng kembali ayam untuk kedua kalinya hingga warnanya golden brown/kuning kecokelatan (kurang lebih 10 menit bolak balik dengan api sedang). Kalau misalnya masih kurang kriuk, bisa digoreng lagi untuk ketiga kalinya sesuai selera.








Cara membuat saus:


  • Tumis bawang putih hingga harum
  • Masukan saus tomat, gochujang, cuka apel, dan sirup atau gula aduk aduk rata hingga meletup-letup.
  • Masukan ayam yang sudah di goreng dan aduk rata. 
  • Saus bisa juga disajikan terpisah untuk dicelup dan colek.

12 comments:

  1. Kayak fried chicken yang aku bikin di india. cuman waktu ngelumuri ayam aku tambahkan cabe bubuk, PENYUKA PEDAS :) trus pakai tepung chik bean. mbak kalau sausnya tanpa gochujang piye ? susah mbak cari disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Wah Makasih mbak Lia, meluncur kesana :)

      Delete
    3. sama2 mba zulfa. maaf koment sebelumnya terpaksa dihapus.

      Delete
  2. woaaaaah iyaa itu makanan ayam goreng yang paling sering saya liat di drakor :( maucobaaaa

    ReplyDelete
  3. waaah enak kayany lia.... mau nyoba bikin versi indonesia aahh... makasih resepnya ya...

    ReplyDelete
  4. Korean food yang aku suka itu bibimbab.. Di Singapur lumayan gampang cari Korean food. Tapi aku belum pernah coba tteokbokki. Dan ini ayam goreng yangnyeom tongdak sepertinya juga enak... makasih resepnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba deeAn. iya saya juga penggemar bibimbap. teokbukki jg enak kenyal/chewy.

      Delete

matched content: