Thursday, April 12, 2012

Sup ayam 'pinky' masak Angkak


Warna pink/merah di sup ini tidak lain karena si kapang angkak. Jangan takut mengkonsumsinya justru malah angkak cukup berkhasiat. Dari beberapa artikel yang saya baca, angkak ini berfungsi menurunkan kolesterol dan dalam pengobatan cina sering sekali digunakan untuk berbagai macam penyakit. Semua khasiat nya tersebut berkat kandungan metabolisme sekunder yang dihasilkan oleh si kapang Monascus purpureus ketika memfermentasi beras. Metabolit sekunder tersebut misalnya Lovastatin/Monacolin yang sudah terkenal sebagai penurun kolesterol.

Angkak, butiran beras yang sudah difermentasi oleh cendawan Monascus purpureus

Pertama kali disuguhi sup ini oleh orang tua, si uda belum begitu suka karena warnanya yang menurut dia tidak lazim. Tapi setelah dijelaskan khasiat si angkak tadi dan setelah dicoba, lama kelamaan jadi  doyan juga. Yang pasti rasa kaldunya memang enak. Karena warnanya yang cerah sepertinya bisa juga digunakan untuk pewarna makanan. Pinky soup atau pinky rice... bagus untuk penampilan bento, tapi yang jelas jika terlalu pekat angkak akan terasa pahit.

Nah berikut ini resep soup ayam masak angkak yang sering dimasak di rumah dan merupakan salah satu masakan favorit keluarga terutama ketika cuaca dingin.

Bahan:
1/2 ekor ayam / 4-6 potong ayam
1 sdt angkak
1 sdt cuka
3 siung bawang putih di cincang
1/2 buku jari jahe di potong korek api
minyak untuk menumis
750 ml air, 3-4 gelas air
garam, gula

Cara memasak:
Tumis bawang putih dan jahe sampai harum dan kecokelatan, masukan air, angkak dan ayam, beri garam dan sedikit gula, tambah merica jika suka. Masak hingga matang dan bumbu meresap (kurang lebih 30 menit), angkat dan sajikan. Gampang.

3 comments:

  1. gmn bentuknya angkak, ya? aku baru dengar kali ini...:)

    ReplyDelete
  2. Butiran beras biasa tapi warnanya ungu kemerahan pekat, barusan dah ditambahin gambarnya... :)

    ReplyDelete

matched content: