Monday, April 13, 2015

Tutorial membuat kyaraben 2D yang didesign sendiri




Dari postingan sebelumnya, bagian yang menarik bagi saya dalam membuat bekal adalah meriasnya menjadi bekal yang menarik mata. Bekal yang tidak hanya enak dari segi rasa, tapi juga enak dipandang.


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bekal tidak harus selalu dirias. beberapa warna dasar bahan makanan seperti warna warni buah-buahan dan sayuran bisa jadi modal supaya bekal tetap menarik.  Saya tergolong jarang menggunakan bahan pewarna kimia buatan untuk merias bento. Saya masih sangsi akan status kesehatannya. tapi kapan-kapan ingin juga coba praktekan cara mengekstrak warna alami sayuran atau buah-buahan untuk bento.


Cara merias bento yang di atas, seperti nya sudah cukup jelas di video atas. hiasannya bersifat dua dimensi, jadi hanya menjiplak dari contoh gambar saja. Untuk tutorial membuat kyaraben 3 dimensi kita bahas di postingan yang lain yah.


Jika kita sudah tahu menu yang akan masuk ke kotak bekal (lihat tips cara mengepak bekal), maka langkah berikutnya adalah mencari ide untuk mempercantik bekal. Untuk membuat bekal seperti ini, saya awali dengan membuat sketsa kasar. Maaf saya belum bakat gambar hihihi, jadi sketsanya seadanya. Tadinya mau nyontoh tokoh-tokoh kartun terkenal, tapi kepikiran pingin buat sendiri dari awal. Jadinya yo wiss buat karakter super hero sendiri aja hihihi. Tapi kalau sahabat bento mania mau membuat karakter lucu dari tokoh kartun tinggal print, sesuaikan ukurannya dengan kotak bekal dan contek polanya. Di sini saya hanya perlihatkan metode nya saja secara umum untuk yang belum kebayang prosesnya.

Setelah gambar sketsa selesai, langkah berikutnya adalah mencari bahan makanan yang bisa digunakan untuk merealisasikan gambar tadi. Kita bisa seleksi bahan makanan dari warnanya. untuk membuat bento 2 dimensi seperti ini, paling mudah menggunakan bahan makanan yang berupa lembaran, seperti, irisan keju, ham, irisan sayuran, egss sheets dsb. Egg sheets adalah telur dadar yang dibuat dengan teknik sendiri supaya hasilnya licin. 

Di bekal ini saya gunakan 4 jenis lembaran, yakni keju iris, surimi /imitation crab stick yang diurai gulungannya, kulit timun, dan nori. untuk keju digunakan keju gouda yang tidak gampang meleleh.


Jika bahan sudah terkumpul, selanjutnya kita cetak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan cetakan. 

Jika tidak ada cetakan khusus, maka yang perlu kita lakukan adalah membuat cetakan sendiri. caranya dengan menjiplak sketsa tadi ke sebuah kertas yang tembus pandang atau bisa juga gunakan plastik yang agak tebal. Hanya saja tidak semua dijiplak, melainkan hanya perbagian saja. Misal jiplak jubahnya saja, di bagian lain kertas, jiplak kepalanya saja, tangannya saja, dsb, hingga terkumpul beberapa jiplakan. 

Setelah itu gunting masing-masing jiplakan tersebut dan taruh di atas selembar bahan makanan. misal untuk jubah saya gunakan surimi maka tinggal memotong jubah tersebut dengan menggunakan ujung pisau sesuai pola kertas yang digunting tadi. lakukan untuk semua bagian. 

Untuk mencetak nori bisa menggunakan gunting atau bisa juga dengan cetakan nori.










Langkah berikutnya adalah merakitnya di atas bekal. bagian paling dasar diletakan terlebih dahulu. Gunakan pinset supaya lebih mudah dan higienis.  








Seperti tips sebelumnya tentang mengepak bekal, tutupi bekal yang sudah jadi dengan plastik wrap supaya hiasan tidak berubah posisinya meski wadahnya jungkir balik.


Cara merias seperti ini lebih membutuhkan waktu. Bukan ide yang bagus jika untuk catering/membuat dalam jumlah banyak . Biasanya bento kyaraben seperti ini hanya digunakan sebagai bekal perorangan saja. terutama untuk memberi kesan pada orang-orang terdekat. Dengan bekal seperti ini tidak hanya sekedar memberi makan tapi juga sekalian memberi senyum, memberi inspirasi, semangat, menghibur  dsb. Selamat berkreasi yaa...

3 comments:

  1. Sis itu potongnya bagaimana? Kertas misal bentuk tangan dipotong lalu tempel ke kejunya?

    ReplyDelete

matched content: