Wednesday, July 1, 2015

Tips cara membersihkan kulit lidah sapi dengan mudah sebelum diolah


Penggemar lidah? Kalau iya, sebelum memasak lidah baiknya lihat video di atas tentang tips dalam membersihkan lidah sapi. Tapi kalau bukan, hmm, musti siap-siap mental dulu yah untuk lihat wujud asli lidah :)



Banyak hidangan nusantara yang terbuat dari lidah sapi, beberapa diantaranya, semur lidah, steak lidah/bistik lidah, sate padang, coto makasar, selat solo dan masih banyak lagi hidangan yang bisa menggunakan lidah. Lidah juga bisa dimasak dengan slow cooker atau digoreng, diberi bumbu lada hitam, cabe ijo, goreng mentega dan variasi lainnya. Selain itu lidah juga digunakan dalam masakan internasional. Di beberapa negara seperti meksiko, masakan lidah lazim dihidangkan.

Daging lidah sapi  teksturnya berbeda dengan daging sapi biasa. Hal ini terlihat dari struktur otot atau alur seratnya lebih kecil-kecil, memanjang dan rapat. Sehingga tekstur daging lidah agak sedikit kenyal tapi tetap bisa empuk dan lembut juga jika dimasak lebih lama.

Lidah sapi memiliki lapisan kasar dan tebal dibagian luarnya. Lapisan tersebut berkeratin yang salah satu fungsinya untuk melindungi permukaan otot lidah supaya tidak terluka. Hal ini umum terdapat pada hewan memamah biak seperti sapi atau kambing. Struktur permukaan atas lidah tidak mulus, melainkan berpapila yang berfungsi sebagai indera perasa dan kelenjar.

Nah lapisan berkeratin itu tidak bisa kita makan, karena emang seperti karet bentuknya. Selain itu juga merupakan tempat bersentuhan dengan makanan si sapi, tempat berkumpulnya mukosa atau lendir yang dihasilkan kelenjar dan kemungkinan dihuni oleh berbagai macam bakteri yang membantu pencernaan si sapi. Jadi sebelum membuat aneka hidangan, si lidah perlu dibersihkan terlebih dahulu dari lapisan putih tersebut.

Kayaknya gak kebayang sebelumnya, bisa masak lidah sapi ini. Kenapa? Karena memang saya tidak terlalu doyan dengan jeroan. Ini gara-gara si uda doyan banget, makanya bela-belain belajar masak lidah. Meski pas persiapan biasanya dia yang bersihkan. Saya masih geli lihat bentuk lidah atau jeroan yang eksotis itu. Jadi baru bisa masak kalau bentuknya sudah gak kayak lidah lagi hehehe… Yang paling laris manis kalau lidahnya dimasak sate padang. Pasti deh buat dua kilo tuh gak akan tahan lama. Favorit banget.

Jika lidah yang dijual masih belum bersih, maka tahap-tahap berikut perlu dilakukan. Caranya cukup mudah kok. Hanya untuk yang gelian kayak saya, emang berasa uji nyali yah. Mending minta tolong suami atau orang lain yang bersihkan dan potong-potong dagingnya. Kalau sudah di potong-potong, bentuknya mirip daging biasa.


Cara membersihkan lidah sapi:


  • Lidah dicuci bersih di bawah air mengalir. Hilangkankotoran yang mungkin menempel dipermukaan lidah.
  • Setelah itu masukan ke dalam panci. Kalau punya panci presto akan lebih baik, karena menghemat waktu memasak. Beri air secukupnya hingga lidah tenggelam.
  • Kalau lidahnya agak berbau, bisa ditambahkan daun salam, pekak atau cengkeh selama merebus. Tapi kalau lidahnya masih segar tidak perlu.
  • Rebus lidah hingga kulit luarnya bisa dikeletek atau dikupas. Karena lidah yang biasanya dijual disini cukup jumbo, sekitar 2 kg, supaya kulitnya mudah lepas perlu dimasak sekitar 1 jam dalam panci bertekanan. Tapi dalam jangka waktu tersebut belum sampai mematangkan atau membuat empuk daging lidah. Jadi kalau mau dimasak lebih lanjut dengan bumbu tidak akan terlampau empuk hasilnya.
  • Kalau ukuran lidahnya lebih kecil, waktu memasaknya tentunya bisa kurang dari itu. Hal ini perlu diperhatikan, karena kalau kelamaan direbus nanti lidahnya terlalu empuk. Tapi kalau terlalu sebentar, kulit luarnya itu masih suka susah dikupasnya. Jadi cari waktu yang pas untuk merebus lidah.
  • Jika kulit luarnya sudah lepas, lidah tinggal dipotong-potong sesuai selera dan dimasak dengan bumbu yang diinginkan.


2 comments:

matched content: