Monday, November 2, 2015

Resep oemuk, otak-otak ikan goreng ala korea



cara membuat otak otak ikan goreng ala korea
resep oemuk. otak-otak ikan goreng ala korea

Kembali sharing resep masakan korea. Kali ini resep oemuk yang sudah barang tentu cocok dengan lidah Indonesia. Karena rasanya sangat mirip dengan otak-otak ikan. Oemuk(어묵) atau odeng adalah fish cake (fish cake bar, hotbar), sejenis cemilan terbuat dari pasta ikan dicampur dengan tepung dan digoreng. Di korea biasa dijual di kaki lima (street food). Cara membuatnya mudah dan bisa disimak lewat video.


Fish cake merupakan hidangan yang sudah lazim dikenal, bahkan di Indonesia sendiri ada fish cake, sejenis goreng-gorengan yang terbuat dari ikan dan tepung, dikenal dengan sebutan pempek atau otak-otak ikan.

Pertama kali kenal fish cake yakni produk dari jepang bernama kamaboko atau surimi. Menurut Wikipedia, resep fish cake korea pun asal muasalnya diperkenalkan dari Jepang sana. Di dua negara tersebut, fish cake sering dinikmati sebagai cemilan dengan digoreng, dibuat sup, hotpot, ditumis dan dibuat masakan lainnya. Di korea sendiri, sangat lazim dijual di pasar, tenda-tenda, kaki lima, ditusuk seperti sate, digoreng, dibuat sup, dll.

Oemuk yang dijual di Korea sebagai street food, biasanya digoreng langsung disana. Bentuknya seperti tabung dan ditusuk dengan tusukan sate. Ada yang luarnya dilapisi dengan nori/seaweed (rumput laut yang biasa digunakan untuk sushi), atau dengan daun perilla/sisho (Perilla frutescens). Bisa hanya terdiri atas adonan ikan saja, atau dalamnya diisi sosis, udang, rice cake (tteok), bahkan keju. Lebih sering disebut dengan hotba/hotdog bar/fish cake bar. Disajikan dengan tusukan sate, diberi saus tomat, mustard, dicemplungin ke saus pedas/saus tteokbukki, atau dimakan begitu saja.

Oemuk yang lain bentuknya tipis. Biasanya ini dibuat di pabrik. Pernah liat di youtube, oemuknya dicetak tipis persegi, kemudian digoreng, setelah itu diratakan dengan digiling. Supaya bentuknya lurus tidak keriting. Oemuk seperti ini lazim ditusuk seperti sate dan dibuat sup oden atau oemukguk (resepnya sudah pernah diposting juga). Selain itu oemuk lembaran bisa dimasak untuk hidangan tteokbukki.

Rasa si fish cake akan berbeda-beda tergantung ikan yang digunakan, juga bahan lainnya yang ditambahkan. Selain itu kesegaran ikannya juga berpengaruh. Jenis-jenis ikan yang biasa digunakan untuk pembuatan fish cake atau oemuk ini sangat beragam, tergantung ketersediaan ikan di daerah masing-masing. Berikut contohnya:

  • Ikan pengganti yang bisa digunakan di Indonesia: tenggiri, dan ikan sejenisnya seperti ikan yang bisa dipakai untuk membuat pempek/otak-otak.
  • Ikan yang bisa digunakan di amerika (Maangchi): ikan cod (Gadus spp.), Pollock, flounder, snapper
  • Ikan yang bisa digunakan di eropa, khususnya di Jerman: Dorche/kabeljau (Gadus morhua, Gadus macrocephalus), Pazificher Pollack/Alaska seelachs – Alaska pollock (Theragra chalcogramma/Gadus chalcogrammus), flunder (Platichthys flesus), schnapper.


Di sini saya memodifikasi resep Maangchi. Dalam resepnya, tidak hanya ikan tetapi digunakan juga cumi dan udang. Fungsinya untuk menambah kekenyalan si otak-otak ikan. Perbandingan ikan, cumi dan udang bisa dirubah sesuai selera. Saya pernah mencoba 1:1:1 untuk ikan yang baunya cukup menyengat (Alaska seelachs). Rasanya tetap enak.

Selain itu bahan lain yang digunakan adalah tepung terigu dan tepung pati kentang. Di makanan korea memang lazim menggunakan tepung pati kentang. Contohnya di resep ayam goreng korea yang pernah diposting (silahkan dicari resepnya ditombol pencari disamping kiri). Pengganti tepung pati kentang untuk yangnyeom tongdak yang disarankan adalah tepung maizena. Tapi kalau dalam resep eomuk ini saya sarankan untuk menggantinya dengan tepung tapioka atau sagu kalau tidak ada tepung pati kentang. Saya sudah pernah mencoba resepnya dengan tapioka dan hasilnya tidak jauh berbeda.

Jumlah tepung pati kentang yang ditambahkan bisa dimodifikasi sesuai selera. Kalau rasanya ingin mirip dengan oemuk yang dijual beku. Tambahkan jumlah tepung pati kentangnya 2 kali lipat dari tepung terigunya. Rasanya lebih kenyal dan tetap enak. Tapi kalau ingin rasa ikannya lebih nendang, kurangi tepungnya. Saya lebih senang rasanya mirip dengan yang dijual beku. Jadi biasanya saya tambahkan tepung pati kentang atau tepung tapioka (hingga 100 gr). Selain itu ditambahkan juga potongan daun kucai dan cincangan wortel untuk memperkaya rasa.

Kalau lihat street food korea, bikin ngiler abis! Tapi meski berada di korea pun sepertinya saya tidak berani coba/beli, karena semua bahannya digoreng bersamaan jadinya rancu, mana yang halal, atau tidak. So, lebih aman buat sendiri yuk.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

tips dan resep membuat oemuk, oden
resep dan cara membuat oemuk korea


Resep oemuk atau oden, otak-otak ikan khas korea

  • 250 gram filet ikan, bisa tenggiri atau yang lainnya sesuai selera.
  • 100 gr cumi yang sudah dibersihkan dari tinta dan selaput hitam dikulitnya, dicuci bersih dan ditiriskan
  • 100 gr udang yang sudah dibuang kepalanya, dan dikuliti, dicuci bersih dan ditiriskan.
  • 2 siung bawang putih atau 2 sdt bawang putih bubuk
  • 50 gr atau 1 siung bawang Bombay kecil
  • 1 sdt garam
  • 1.5 sdt gula pasir
  • ¼ sdt merica
  • 1 sdm minyak sayur
  • 50 gr tepung terigu atau sekitar ¼ cangkir
  • 50-100 gr tepung pati kentang bisa diganti dengan tapioka/Sagu, banyaknya tergantung kekenyalan dan rasa yang diinginkan.
  • 1 butir putih telur
  • Minyak untuk menggoreng


Opsional:

  • Segenggam wortel yang dipotong dadu kecil
  • Segenggam Asian chives atau bawang ganda/kucai diiris halus, bisa diganti dengan bawang daun yang dicincang halus.





Video cara membuat oemuk atau oden, otak-otak ikan korea:






Deskripsi cara membuat fish cake korea:

Tiriskan daging ikan, cumi dan udang sampai tidak terlalu berair lagi. Kalau filet ikannya dibuat sendiri baiknya ikannya dicuci bersih dulu kemudian di filet dan dagingnya tidak dicuci lagi.

Kalau pakai food processor : Masukan, ikan, cumi, udang, bawang putih, bawang Bombay, garam gula, merica, giling hingga halus. Klik link berikut jika ingin mencari: food processor/blender.

Alternatif tanpa food processor: cincang halus bawang Bombay dan ulek bersama bawang putih, garam, gula dan merica. cincang halus ikan, cumi dan udang kemudian masukan ke bumbu halus dan ulek/tumbuk bersamaan hingga rata/halus.

Setelah halus, masukan terigu, tepung pati kentang, 1 sdm minyak sayur, putih telur kedalam adonan, kemudian aduk hingga rata. Sesuaikan rasanya.

Tambahkan cincangan wortel dan daun kucai aduk hingga rata.

Panaskan minyak dengan panas/api sedang, kemudian bentuk adonan sesuka hati, bisa bulat dengan sendok, atau bisa juga gepeng-gepeng, atau berbentuk seperti tabung. Goreng hingga cokelat kekuningan. Kemudian tiriskan.

Cara membuat hotbar oemuk ala maangchi: ratakan adonan di atas spatula sampai lebar, kemudian gulung dari satu arah ke dalam, hingga bentuknya seperti tabung.

Bisa diisi dengan sosis, udang, keju, surimi (imitation crab stick), atau yang lainnya. Caranya sama, ratakan adonan di atas spatula, hingga berbentuk persegi panjang, kemudian taruh isian di salah satu sisi, gulungan adonan dengan bantuan pisau hingga berbentuk tabung. Bisa juga diberi nori atau daun perilla jika suka. Kemudian langsung goreng hingga matang.

Hidangkan selagi hangat dengan ditusuk pakai tusukan sate.

Cocol dengan saus kesukaan, seperti saus sambal, saus tomat, mustard, dll .

No comments:

Post a Comment

matched content: