Friday, January 8, 2016

Resep dan cara membuat Jajangmyeon khas korea (updated)

Resep dan cara membuat jjangmyeon


Mari memasak hidangan korea kembali. Kali ini pilihan jatuh ke mie bersaos kacang hitam (black bean paste) yang lebih terkenal dengan sebutan Jajangmyeon/ jajangmyun. Motivasi awal membuat sajian ini yakni ingin mencicipi jajangmyeon halal. Karena hidangan dan resep aslinya berbahan nonhalal. Di resep ini saya ganti dengan menggunakan ayam dan daging sapi. rasanya tetap enak, gurih dan khas saus chunjangnya bikin ketagihan.


Beberapa waktu yang lalu kami salah beli mie instant jajangmyeon yang di jual di toko korea di Dusseldorf. Di terjemahan bahan2 dengan jelas TIDAK disebutkan kalau jajangmyeon ini mengandung daging babi (di gambar bawah). Baru  ketahuan ketika ada teh Ai Meilani yang berdomisili di Korea berkunjung. Dia langsung menunjukan huruf-huruf keriting korea yang artinya adalah daging babi. Meski daging babi itu ada dalam kemasan terpisah yakni dalam salah satu bungkus bahan kering tapi... Wuih sempet geram juga, kenapa tidak semua bahan-bahan yang digunakan dalam mie instant itu di terjemahkan hingga pelanggan seperti saya yang gak tahu tulisan asing, merasa tertipu. Setelah itu kami kapok dan jadi lebih hati2 jika membeli bahan makanan yang bertulisan keriting. Beruntung ketika itu kami berhasil mengajak teh Ai ke toko korea untuk membantu memilihkan yang mana yang boleh dimakan muslim dan mana yang tidak. Teh Ai juga dengan berbaik hati mengajarkan kami cara memasak Jajangmyeon yang halal, meski memasak bukan hobinya. 


 Mie instant: jajangmyeon yang tidak halal

Bahan utama dari hidangan gelap ini adalah pasta kacang kedelai berwarna hitam khas korea di sebut Chunjang. Diolah sedemikian rupa bersama daging dan bawang bombay atau bisa juga ditambahkan sayuran lain yang variatif, misalnya lobak korea, squash atau bisa diganti dengan zucchini, terong, tahu dll. Saos yang sudah dimasak dan dibumbui kemudian berubah nama dari Chunjang menjadi Jajang/Jja jang. Lucunya, meski hidangan ini kita kenal dari Korea, tapi sebetulnya di Korea hanya dihidangkan di restoran China, jelas teh Ai. Saos hitam Jajang yang sudah dimasak ini jika disiramkan ke mie disebut Jajang myeon (jja jang myun / jajangmyun), Tapi jika saos jajang disiramkan ke nasi bernama jajangbap. Nah menurut teh Ai kedua makanan ini jadi makanan wajib para jomblo di korea disebut "black day" karena karakter makanan yang hitam lekat. hehehe…

thanks for aishah who is adding this information in the comments section: saus kedelai hitam yang halal merknya ‘tiger brand’ salted black soy bean. ada halal malaysia-nya katanya.
 


Berikut resepnya yang sudah dimodifikasi, saya ambil dari berbagai macam sumber, termasuk teh ai dan juga maangchi, kemudian uji coba sendiri:



***************************

Resep dan cara membuat jajangmyeon
Resep dan cara membuat jajangmyeon



Resep Jajangmyeon


Bahan-bahan:



untuk 3-4 porsi:
  • Nasi atau 500 gr mie jajang ( bisa dibeli di toko asia atau bisa juga diganti dengan mie segar/basah yang ukurannya agak lebar/teksturnya chewy). Teh Ai malah menyarankan, kalau tidak ada mie bisa pakai spaghetti)
  • 250 gr daging sapi atau paha ayam (sebagai pengganti babi yang biasa digunakan di resep asli jajangmyun), saya pakai ayam dan jgua daing sapi.
  • 1/2 lobak korea ukuran kecil dipotong kotak (opsional)
  • 150 gr atau sekitar 1/2 zucchini dipotong kotak
  • 150 gr atau 1 buah kentang dipotong kotak
  • 1 bawang bombay di iris/rajang kasar
  • 3 sdm muncung saos jajang / Chunjang (produknya seperti gambar di atas, kemasannya cokelat/kuning dengan gambar koki ngacungin jempol tapi yang ini mengandung ethanol, yang tidak mengandung alkohol:  ‘tiger brand’ salted black soy bean)
  • 2 sdm tepung pati kentang atau bisa diganti tepung maizena yang dilarutkan dalam 4 sdm air atau secukupnya (sebagai pengental).
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdt  lada hitam bubuk
  • 1 sdt gula atau sesuai selera
  • 1,5 cangkir air/air kaldu sapi/ayam
  • 3-4 sdm minyak untuk menumis
  • saya tambahkan 1/2 sdt kaldu ayam/penyedap rasa (sesuai selera)
mie kering yang bisa dipakai.

untuk hiasan/pelengkap:
  • timun dipotong korek api untuk garnish
  • asinan/manisan lobak sebagai sajian pendamping

lobak yang sudah di proses, renyah di mulut dan rasanya manis segar 

Video cara membuat Jajangmyeon :



Silahkan klik gambar di atas untuk memainkan videonya.



Deskripsi cara membuat Jajangmyeon:





  • Panaskan minyak dalam wajan kecil, tumis chunjang hingga harum, kemudian sisihkan
  • dalam wajan lain/bisa juga diwajan yg sama (lihat video), panaskan kembali minyak dan tumis bawang bombay kemudian masukan daging sapi yang sudah dipotong kotak, beri lada hitam kemudian tumis hingga daging matang
  • setelah itu masukan potongan sayuran, tumis sebentar


  • masukan chunjang, beri air (bisa diganti air kaldu) secukupnya hingga semua terendam dan masak hingga daging empuk dan sayuran matang. tambahkan chunjang jika kurang asin atau jika diperlukan tambahkan gula sesuai selera dan juga kaldu ayam bubuk. Setelah rasanya pas, masukan maizena yang sudah dilarutkan kemudian aduk rata hingga saus menjadi kental. Kadang, jika kentangnya sudah empuk sekali maka larutan sudah kental tanpa ditambah pengental lagi. setelah itu matikan api dan masukan 1 sdm minyak wijen, aduk rata, sisihkan.

  • sementara itu rebus air dan masak mie. setelah matang, angkat dan cuci mie dengan air dingin supaya mie tidak lengket, sisihkan. Kalau suka bisa diaduk dengan sedikit minyak wijen supaya harum dan mie tidak lengket.


  • taruh mie dalam mangkuk (atau bisa juga nasi kalau mau membuat jajangbab) dan siram dengan saus jajang kemudian beri hiasan irisan timun di atasnya. Biasanya disantap dengan irisan asinan/manisan lobak korea (danmuji).

  • Aduk rata dan Jajangmyeon siap disantap.... selamat menikmati.. mashikejuseo...!
  • Habis makan jangan lupa lap sekitar mulut pakai tissue supaya ga belepotan jajang :)

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^

45 comments:

  1. Saos jajajngnya beli dimana kakkk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah liat ada di lotte mart bagian yang international food

      Delete
    2. Berarti di semua lotte mart ada ya. Sy mw cb deh.... sumpah ni makanan bikin patah hati, kayanya tuh enak bgt gt, makan sambil blepotan gitu liatnya, lucuuu...trimakasih recipe...

      Delete
    3. walah saya gak tau apa di semua lottemart ada yah? mudah2n aja ada yah.

      @rezki: saus chunjang yang saya pakai halal.

      Delete
    4. mbak aku mau tanya kalo saus gochujang yg dikemasannya ada gambar cabe merahnya itu halal atau gak ya?makasih :)
      ida

      Delete
    5. walah yang mana yah? rata2 kemasan gochujang ada gambar cabenya semua. kalau gak, share fotonya dan tag facebook bento mania. nanti bisa saya bantu tanyain ke teman yg bisa baca korea.

      Delete
  2. Ini nih racun bgt selalu bikin ngiler kalo nonton drama korea yg lg makan ini tp bingung mau bikin bahannya susah nyarinya di daerahku, mau beli yg instant tp ga halal hhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tinggalnya di jakarta bahan2nya bisa diperoleh kok

      Delete
  3. Waah jadi harus lebih hati2 nih beli mknan instant korea ._. itu yg digaris bawahi di komposisi memang bner artinya babi (dwaejigogi = babi)
    Btw sangat bermanfaat niih bisa bkin jjajangmyeon sndri.. Makasih ya resepnyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bentul sekali dik charunnisa, kalau ga hati2 jadi kejebak jga, apalagi kami blm bisa baca tulisan keriting korea. lebih aman buat sendiri, selamat mnecoba ya.

      Delete
  4. aku pingin tau resep dakgangjeong, itu loh ayam goreng krispi yg dilumuri saos coklat dan ditaburi pecahan kacang goreng dn puppy seed.

    ReplyDelete
  5. gimana resep dakgangjeong?, itu loh ayam goreng krispi berlumur saos kecoklatan betabur kacang dan biji wijen, kelihatannya enak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dian, maaf untuk sementara ayam goreng yang baru kami uji coba dan berhasil adalah resep ayam goreng ini, yangnyeom tongdak. silahkan dtengok disini http://www.dbento.com/2015/03/resep-makanan-korea-yangnyeom-tongdak.html/

      Delete
  6. Replies
    1. kalau chunjang yang kotaknya seperti di gambar atas halal, saya sudah tanya dengan teman yang bisa baca tulisan korea :)

      Delete
  7. Jajang myun dan Kanjajang Myun . Jajang tentu babi kalo kanjajang dia seafood dan sapi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya,
      iya begini lah nasib yang ga bisa baca tulisan korea ketipu label. hikmahnya jadi bisa buat sendiri hehehe... baru tahu juga kalau ada yang namanya kanjajang.

      Delete
  8. Kalau saus jjang nya yg di kota aku warnanya kuning tapi gak kayak begitu,itu bisa dipake gak ya?saus jjang apa ada yg gak halal?bukannya itu terbuat dari kacang kedelai ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul saus jjang emang macam2 istilah umum untuk saus yang difermentasi. ada doenjang kayak miso. ganjang (kayak kecap asin), ada ssamjang, ada gochujang. nah kalau untuk buat jajangmyun namanya chun jang kalau yang ini terbuat dari kedelai hitam makanya warnanya hitam.

      saus jang ini ada yang pembuatannnya ditambah alkohol tapi ada juga yang alami fermentasi. kalau yang ditambah alkohol tentunya tidak halal.

      Delete
  9. Saus chunjang yang halal selain chunjang yang di foto apaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saus chunjang yang seperti di foto, (yang ada koki sambil ngacungin jempol) itu bahan2nya aman. tapi sayang kami belum tahu jkalau merk lain apa ada alkoholnya atau tidak yah.

      Delete
  10. Kak itu make spaghetti khusus apa umum ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak ada mie basah yang lebar bisa pakai spaghetti. spaghetti kalau kepepet, tapi rasanya tetap maknyuss kok. spaghettinya bsia pakai yang apa aja kayak buat bikin masakan itali.

      Delete
  11. kalau saus chunjang selain dijual di lottemart, di jual di mana lagi ya? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jakarta bisa dicari di toko korea langsung, ini daftar alamatnya disini:http://www.dbento.com/2011/05/daftar-toko-indonesia-dan-toko-asia.html/ tapi kalau mau beli online, mungkin ada di tokopedia. selamat berburu ya :)

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Wah berarti kalau masih Jomblo, wajib ya kak makan Black Day? hehehe. Iyaw kak, aku belum pernah namanya makanan kayak gini apa ala - ala korea, soalnya nggak tahu huruf keritingnya itu bacaannya apa dan sebagainya,,,, sama mbuletnya lebih baik baca aksara jawa kak Lia :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat bisa baca aksara java.. saya jawa gak bisa apalagi korea. hehehe… wah wiskul anis malah buat lia ngiler :)

      Delete
  14. hi,

    unfortunately the box brand contains ethanol. it is added-on and not a by-product.

    i also bought the same packaging and asked the store owner if there is any alcohol, she said no. but i checked again on a blog, and there you go...

    please refer to the comments section here: http://kimchimari.com/jjajang-myeon/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo aishah oh nooo :( its not a buy product? my friend who lives in korea told me its’ halal. sad to hear that. thanks for your info. i’ll try to update the blog. and find this halal ‘tiger brand’ salted black soy bean in a jar, that you used for jajangmyun recipe. Once again thanks ☺

      Delete
  15. di daerah ku susah cari bahan-bahannya ngga ada yg jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jual online jg gak ada yah. wah sayang banget. jadi gak bisa icip.

      Delete
  16. Bahan2 nya banyak dijual di olshop kyk di shopee dll kok :)
    Thanks udh share resep jajjangmyeon homemade :)

    ReplyDelete
  17. Kak, ada ga olshop yg jual bahan2nya..
    Soalnya lotte mart ga ada di sumbar.. :(

    ReplyDelete
  18. Unni Kalo chunjangnya mo bikin sendiri bahannya apa aja ya? Kenapa bisa item begitu y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hitam karena pakai kacang hitam, chunjangnya bisa buat juga sih, tapi bahan2 dasarnya lebih susah didapat ketimbang chunjang yg dah jadi. selain itu hrs di fermentasi lama.

      Delete
  19. Klo cari tiger brand salted black soybean dmn, kak? Kira2 rasanya sama sprti chunjang gk?

    ReplyDelete

matched content: