Monday, May 18, 2015

Tips sukses membuat lontong

lontong yang sudah dipotong siap disajikan
cara membuat lontong

Sering banget teman-teman tanya, gimana cara memasak lontong supaya hasilnya memuaskan. Ada yang bilang kadang suka kelembekan, kadang ada yang mengeluh terlalu lama masaknya, atau bahkan malas karena terlalu ribet masak lontong. Padahal menurut saya, masak lontong tergolong simple, asal tahu ilmunya. Jadi sekarang intinya mo bongkar rahasia, gimana cara memasak lontong yang biasa saya lakukan.

Simak juga tips dan 3  cara membuat lontong yang praktis dan hemat waktu, silahkan klik link berikut : 3 cara membuat lontong yang praktis



Sajian ketupat sebentar lagi akan booming yah, yakni ketika lebaran tiba. Cara membuat ketupat bisa ditengok di video di atas. Banyak yang suka bilang kalau belum makan ketupat berarti belum lebaran yah hehehe. Ketupat biasanya dibuat dengan cangkang yang terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam. Ada juga yang mengunakan daun pandan untuk anyamannya. Katanya ketupat dari daun pandan hasilnya lebih enak dan wangi. Namun harga ketupat daun padan biasanya relatif lebih mahal.

Bagi kami yang sedang merantau jauh ini, jangankan cangkang ketupat daun pandan, dari daun kelapa aja susah memperolehnya. karena cangkang ketupat cukup langka jadinya kami hanya bisa membuat lontong saja. Gak apa-apa yang penting sama-sama dari beras yah.

Sebetulnya 2 tahun yang lalu di supermarket asia di Eindhoven Belanda pernah ada yang jual cangkang ketupat dari daun kelapa. Cuman harganya itu kadang gak tahan deh. Tapi karena saking kangennya kalau pas ada biasanya saya beli juga. Pas dimasak, komentar suami, rasanya sama aja kayak lontong. Hohoho yo wiss lah setelah itu gak pernah lagi bela-belain beli cangkang ketupat, cukup membuat lontong saja, lebih praktis.

reisbeutel
beras dalam plastik
Seperti yang sahabat bento mania ketahui, banyak banget versi lontong yah dan juga cara memasaknya. Yang paling lazim dilakukan adalah memasak lontong dari beras dibungkus plastik. Praktisnya, di sini di jual beras kemasan dalam plastik yang sudah memiliki pori-pori (dibolongi). Reisbeutel atau kochbeutel reis sebutan jermannya dan harganya relatif murah sekali. Biasanya orang Jerman memasak nasi dalam plastik dengan cara direbus dalam panci. Setelah beberapa saat dimasak kemudian diangkat. Nasi pun siap dituangkan ke piring dan siap saji.

Untuk orang Indonesia atau asia yang umumnya punya ricecooker di rumah, mungkin cara masak nasi seperti ini tidak biasa ya malah mungkin hampir tidak pernah memasak nasi seperti itu. Beras dalam kantong ini lazimnya kami rebus dan jadikan lontong. Proses memasak lontong seperti ini biasanya memerlukan waktu yang lama bisa lebih dari 3 jam. Jadi butuh kesabaran banget, selain itu musti sering ditengok. Kalau airnya kurang, harus sering ditambah, jangan sampai tiba-tiba gosong.

Versi lontong yang lain menggunakan metode aron terlebih dahulu. Setelah itu dibungkus kemudian direbus dalam panci. Ada juga teman yang cerita dia senang buat lontong dengan cara nasinya di aron terlebih dahulu dan setelah setengah matang, di taruh diatas selembar daun pisang. Jikalau daun pisang di daerah sekitar termasuk barang langka, seperti di jerman ini, maka bisa diganti dengan alumunium foil. Digulung seperti bentuk lontong dan dikukus hingga matang. Prosesnya lebih hemat bahan bakar yah tapi proses menggulungnya itu butuh ketekunan tersendiri.

Kalau menurut saya, membuat lontong lebih praktis kalau pakai presto, tinggal cemplung tunggu dan angkat. Selama menunggu, waktu kosong bisa saya pakai untuk mengerjakan hal lain.  Berikut ini saya paparkan bagaimana cara membuat lontong dengan menggunakan presto yang hemat waktu, hemat bahan bakar dan pastinya tetap enak.

cara membuat lontong plastik dengan presto

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lontong adalah:

  • Air
  • Garam secukupnya,
  • Beras dalam plastik, atau beras dalam cangkang ketupat, atau daun pisang, sesuai selera


Tips membuat beras dalam plastik untuk lontong:

Karena di lingkungan kami cangkang ketupat sulit diperoleh, makanya saya lebih sering menggunakan plastik untuk membuat lontong. tepatnya rice in a bag. Kalau memang gak ada yang jual plastik beras, bisa buat sendiri. Caranya masukan sejumlah beras ke dalam plastik yang sudah dibolongi/ditusuk-tusuk dengan garpu atau tusuk gigi supaya air bisa masuk ke dalam. Gunakan plastik yang tahan panas. Plastik yang baiknya dipakai terbuat dari bahan yang tahan panas ketika dididihkan. seperti plastik ini, biasanya tahan dalam air mendidih bersuhu 100-120C. pada suhu tersebut tidak akan meracuni makanan. tapi kalau masih was-was, silahkan gunakan bahan alami seperti cangkang ketupat atau daun pisang.

Banyaknya beras kurang lebih 1/3 dari volume kantong atau bisa juga lebih tergantung selera. Setelah plastik terisi, plastik ditutup dengan menggunakan food sealer. Supaya ujungnya terekat sempurna dan lontong tidak akan tercecer keluar dari plastik. 

volume beras sekitar 1/3 dari volume lontong
perbandingan volume beras dan volume lontong

Kalau saya paling senang menggunakan reisbeutel dari aldi, Jadi tinggal masak saja. Biasanya ukuran plastiknya pas. Tidak usah diperkecil lagi dan bisa langsung direbus, volumenya sekitar 1/3 kantong. Hasilnya kenyal dan gempal meski tanpa bahan kimia tambahan. Kalau volume kantong terlalu lebar dan berasnya terlalu sedikit maka lontong biasanya akan lembek, tidak kenyal. Jadi pastikan dulu volume plastik dan jumlah beras yang terisi. Jika terlalu lebar maka baiknya diperkecil dulu volume plastiknya dengan menggunakan bantuan food sealer. Alternatif lain menggunakan bantuan lilin atau bisa menggunakan streples dengan melipat bagian ujungnya.


Video cara memasak lontong praktis:

klik gambar di atas untuk melihat video cara membuatnya


Deskripsi cara memasak lontong dalam plastik:

beras setelah dicuci dan direndam
plastik dimasukan ke dalam panci
  • Sebelum dimasak, berasnya bisa dicuci terlebih dahulu, supaya airnya tidak terlalu kotor ketika merebus dan proses pematangan tidak terganggu. Selain itu, beras bisa direndam beberapa lama supaya bulir bulir beras bisa meresap air dan proses pematengan akan berjalan lebih singkat.
  • Masukan beras yang sudha dikemas (ketupat, atau lontong yang dibalut daun pisang) ke dalam presto dalam jumlah yang terbatas. Jangan terlalu banyak isinya. Cukup hingga lontong bisa berenang bahagia. Jika lontongnya diletakan longar maka lontong yang dihasilkan akan gendut-gendut. Untuk volume presto saya, sekitar 5-7 lontong bisa masuk dengan posisi berdiri.
  • Masukan air ke dalam presto hingga permukaan atas lontong tertutupi. Lihat juga batas maksimal air dalam presto, jangan sampai kebanyakan.
  • Masukan garam ke dalam panci. saya pakai sekitar 1 sdm kalau ingin lontongnya sedikit gurih. Tapi kalau mau tawar gak usah pakai garam juga tidak mengapa.
  • Masak lontong selama 45 menit setelah vakum. Tandanya vakum si presto itu akan tiba-tiba mengeluarkan bunyi desis, kemudian tiba2 pula bunyinya langsung berhenti seperti tersumbat. Nah itu berarti sudah vakum. Setelah itu kecilkan api. Kompor saya derajat panasnya berstufe 1-6 jadi saya kecilkan menjadi stufe 3. Kenapa perlu dikecilkan? Supaya hemat listrik (kalau kompornya listrik) atau gas kalau pakai gas. Selain itu juga, supaya prestonya tidak terlalu tinggi tekanannya. Kalau ini kejadian biasanya akan keluar uap air atau bahkan busa air dari pentil pengamannya seperti ilustrasi berikut. Paling malas kalau sudah begini, panci dan juga kompornya akan kotor.
cara membuat lontong plastik dengan presto
tekanan presto terlalu tinggi

  • Selain itu waktu memasak berbeda-beda tergantung besarnya ukuran lontong. Kalau sedikit tentunya waktu yang dibutuhkan untuk memasak akan lebih singkat. Nah lontong saya ukurannya tergolong jumbo jadi butuh waktu sekitar 45 menit untuk matang. Setelah 45 menit, matikan kompor dan biarkan hingga vakumnya hilang. tandanya, akan muncul bunyi desis halus dari lubang presto dekat dengan gagang pancinya. Bunyi tersebut akan tiba-tiba hilang yang diakhiri dengan suara klep terbuka. Nah itu berarti vakumnya sudah hilang dan tutup panci sudah bisa dibuka.
  • Angkat lontong yang sudah dimasak. Segera cuci permukaan luar lontong dengan air dingin, kemudian tiriskan. Jangan kaget kalau lontongnya masih lembek. Karena lontongnya masih mengandung banyak air. Kalau bisa tiriskannya dalam posisi berdiri si lontongnya, dan jangan ditumpuk, supaya tetep gendut.  Alangkah baiknya jika ditiriskan semalaman atau jika perlu masukan ke dalam kulkas dan santap esok hari. Lontong akan lebih kenyal dan tidak lembek. Jadi jangan buat lontong pas hari H ya, buatlah lontong sehari sebelum kita santap.

lontong dalam plastik dimasak dengan presto
lontong sudah jadi

Setiap orang pasti punya metode sendiri dalam memasak sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Nah itu dia tips memasak lontong ala saya. Semoga bermanfaat ya tuk teman-teman semua.

8 comments:

  1. Belum bisa masak lontong aku ini mba bisanya cuma makan yang udah jadi aja :D hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya andaikan saya juga bisa tinggal makan hehehe.. makasih sudah mampir mba wida

      Delete
  2. Cocok nih dimakan ama sambal goreng krecek. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ini sudah menu lebaran yah.

      Delete
  3. hmm suka gagal nih buat lontongnya pas isian dan airnya. Suka terlalu lembek pernah juga gak matang karena takaran gak pas :D

    ReplyDelete
  4. Mohon info, dimana saya bisa memperoleh plastik tahan panas seperti yang mbak pakai untuk memasak lontong. Terima kasih.

    ReplyDelete

matched content: