Tuesday, March 6, 2012

Nasi Kotak Keroyokan

cara memasak nasi kotak bento
nasi kotak
Bento sekarang ini di Indonesia sudah dikenal baik dikalangan ibu rumah tangga. Malah sudah marak bisnis katering berupa nasi kotak yang dihias ala bento seperti untuk acara ulang tahun anak-anak, dll. Harganya memang relatif mahal ketimbang nasi kotak biasa, meskipun demikian tetap saja laris manis. Berikut ini pengalaman kami di rumah dalam membuat nasi kotak. Ternyata tidak seribet yang dibayangkan.


Untuk menjamu tetangga baru, ayah memberikan proyek membuat nasi kuning bersama-sama.  Seru juga, semua ikut berpartisipasi termasuk 2 keponakan yang lucu-lucu. Mereka senang banget membantu mengemas kerupuk, dan ikut menghias-hias nasi kotak.

Menu yang kami pilih untuk nasi kotak tersebut adalah sebagai berikut:
1. Nasi kuning, dicetak bundar
2. Ayam goreng, diberi kelapa bumbu
3. Telur dadar, di dadar tipis setelah matang digulung dan dipotong sehingga membentuk roll
4. Kering tempe dan teri
5. Empal daging
6. Kerupuk dikemas plastik
7. Pisang dikemas plastik

Memasak sudah dimulai sejak pagi hari dan siang hari tinggal memasukan hasil masakan ke dalam kotak.  Waktunya cukup sempit jadi kami mencetak nasi dengan mangkuk bentuk bundar (bukan nasi kotak jadinya hehehe), tapi biar sedikit terlihat cantik kami beri sepotong daun selada dan potongan wortel yang dicetak bunga dan kupu-kupu, ide dari dua keponakan lucu. Dengan hiasan yang cukup sederhana seperti ini, waktu mengemas kotak tidak begitu lama. Selain itu kerjasama team yang kompak, menjadi modal penting suksesnya proyek nasi kotak ini. Semua pun merasa senang ketika tetangga baru puas dengan sajian yang kami buat ini.


6 comments:

  1. hai.. wah seru ya.. beberapa waktu yang lalu aku juga sempat bikin lho buat posyandu di RT-ku, nasinya bentuk bulat dikasih bentuk kepala temennya shaun the sheep yang dibikin dari nori, hehe.. puas karena banyak yang suka :)

    ReplyDelete
  2. waah pasti keliatan lucu klo ada shaun the sheep-nya. kesenangan bathin sendiri yah klo pada puas.. moga semangat terus ngebento ya

    ReplyDelete
  3. nanya dong mbak..wortelnya perlu dikukus dulu atao ngga yah..tq..:)

    ReplyDelete
  4. tergantung selera, klo suka matang yah dikukus/klo wortelnya terlalu sukar di potong

    ReplyDelete
  5. thanks god bgt akirnya nemu web Dbento yg ksh byk informasi ttg bento,cara membuat dll.rencana desember bsk aq mau kasih ke sodara,tmen ttgga bento angrybird krn ank aq mw ultah.tp msh kuatir bisa atao gak nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bisa, Mbak. Selamat berkreasi dengan bento, ya...

      Delete

matched content: