Thursday, November 3, 2011

Step by step membuat bonta kun bento


Ingin tahu cara membuat bento bonta kun kemarin? yuk kita longok postingan ini lebih lanjut. Bento ini dibuat tanpa alat bento khusus loh, cukup dengan menggunakan alat rumah tangga biasa, hanya butuh pisau, gunting dan plastik wrap saja.

Bahan makanan yang digunakan adalah nasi goreng kecap manis sehingga warna nasinya kecokelatan. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan di postingan sebelumnya terdapat bakwan, daun selada, kimchi, sebagai dasi nya dibuat dari potongan tomat dan beberapa hiasan dari potongan keju.

Step 1: membuat kepala bonta kun, yakni dengan menggunakan bantuan plastik clingwrap. Prosesnya sama seperti membuat onigiri, kali ini bentuknya agak lonjong sedikit.

Step 2:  membuat telinga, sama seperti step 1 membuatnya dengan menggunakan plastik wrap, ukurannya bulat dan lebih kecil ketimbang bagian kepalanya, bagian tengah agak sedikit ditekan supaya terlihat seperti gambar di atas.

Step 3: posisikan hasil step 1-2 di atas kotak makanan hingga bentuknya seperti gambar di atas.


Step 4: yakni membuat telinga mata dan mulut, saya menggunakan keju, tapi jika takut meleleh bisa menggunakan eggsheet/dadar telur. Keju/dadar telur dan nori di potong sesuai bentuk di atas. Untuk bentuk bulat bisa menggunakan sedotan sedangkan bentuk lainnya bisa menggunakan pisau (diukir).

Step 5: membuat topi bagian bawah yg kuning adalah keju sedangkan bagian yang hijau terbuat dari daun bawang, potong sesuai pola dengan menggunakan pisau yang ujungnya tajam.

Step 6: Tata semua dalam wadah bento, dan hasilnya seperti yang di atas. 

Bentuk ini bisa juga di modifikasi dengan karakter yang lainnya, misalnya seperti mickey mouse, winnie the pooh atau karakter lainnya yang disukai oleh anak-anak.
Gampang kan? Selamat mencoba yaaa... ^_^

6 comments:

  1. sista beli perlengkapan bentonya dimana tapi yg diinonesiaa dong?

    ReplyDelete
  2. di indonesia di Daiso atau di toko online..:)

    ReplyDelete
  3. klo perlngkapan di malaysia g mana??

    ReplyDelete
  4. Di Malaysia ada Daiso. Banyak pernak-pernik bento di toko tsb...

    ReplyDelete
  5. waaaaahhhh.. enak" resep nya sensei ^^

    oh iya sensei punya resep bento yang wajah naruto???

    arigatou gozaimashita .. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajah naruto kami belum pernah buat,... tapi klo mo coba silahkan dan klo hasilnya mo di publish disini jg silahkan...^_^

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania