Tuesday, May 26, 2015

Cara membuat bento bentuk kambing yang mudah

Membuat bento kambing yang lucu
bento bentuk kambing


Embeek… eh ada kambing kawaii dalam bekal kali ini. Untuk teman-teman yang suka karakter bento atau kyaraben dan penasaran dengan cara membuatnya yuuk kita lihat step by step pembuatannya dalam video juga dalam foto berikut. Semoga tipsnya bermanfaat yah.


Bekal bento bentuk kambing seperti ini terlihat lucu dimata anak-anak. Jadi bisa untuk bekal anak ke sekolahnya. Ketika membuka bekalnya, anak pasti senang karena bekalnya dibuat dengan usaha lebih dari orang tuanya plus ada cap cinta dalam bekal tersebut.

Untuk anak yang malas makan, cara menyajikan makanan yang dirias menjadi bentuk-bentuk lucu seperti ini bisa jadi salah satu jurus ampuh. Meski terkadang tidak bisa berlaku sama untuk semua anak-anak ya. Yang belum terbiasa dengan bekal bento mungkin akan enggan menyantapnya karena sayang takut merusak bentuknya yang kawaii itu. Tapi jika anak sudah terbiasa, hati-hati juga bisa ketagihan dibuatkan bento loh.

Membuat nasi kepal untuk bento bentuk kambing
cara membuat nasikepal untuk bento

Menu bekal kali ini sangat sederhana. Juga bisa divariasikan tergantung selera anak. Dalam bekal ini, makanan utamanya berupa nasi kepal. Nasi ini bisa diisi sesuai selera, bisa menggunakan abon isiannya atau tumisan daging atau tempe yang tidak terlalu basah, tergantung selera.

Supaya menarik kepalan nasi dihias dengan mortadella, yakni sejenis sosis besar khas itali yang dipotong tipis-tipis. Biasanya terbuat dari daging dan lemak babi. Tapi di tempat kami ada perusahaan unggas jerman yang bernama wiesenhof. Nah perusahaan ini banyak menjual produk-produk dari ayam termasuk ayam potong yang halal. Label halalnya ada ditiap kemasan dan praktisnya dijual di supermarket-supermarket besar.

Kami sekeluarga penggemar ayam ini karena ayamnya segar-segar dan kualitasnya bagus. Meski harganya lebih mahal daripada toko turki atau arab, tapi kadang saya lebih memilih membeli produk ini karena biasanya ayamnya tidak berlemak dan segar. Pernah saya simpan produk bekunya dalam kulkas selama 5 hari tapi masih segar ketika akan dimasak. Berbeda kalau beli dari toko turki atau arab kita harus tahu apakah dagingnya segar atau tidak. Jikalau salah beli, satu hari di simpan di kulkas saja sudah berbau aneh.

Selain itu produk-produk sosis atau ham dari ayam seperti mortadella ini juga halal. Namun hanya produk ayamnya saja yang halal sedangkan produk-produk lain seperti bebek dll tidak ada label halalnya. Jadi musti ekstra melihat label halalnya kalau akan membeli atau mencocokan kodenya. Rasanya pun enak, cocok dengan lidah kami.

Selain mortadella tadi, menu yang lain dalam bekal ini adalah tumis daun spinat dan bakwan jagung dengan udang rebon dan diberi strawberi atau buah-buahan yang menarik warnanya.


Berikut ini secuil ide dalam merias bekal yang saya peroleh dalam sebuah buku bento karangan Akinoichigo. Saya sangat senang dengan buku-bukunya, karena karakter-karakter bentonya sangat menarik. Dalam buku yang ini, akinoichigo khusus membahas bento tentang nasi kepal yang dibuat sangat mudah tapi lucu. Nah cara membuatnya cukup sederhana seperti ditunjukan dalam video berikut:

Video cara membuat bento lucu berbentuk kambing:




Step by step deskripsi pembuatan bento kambing adalah sebagai berikut:

Peralatan yang diperlukan untuk membuat bekal ini adalah sebagai berikut:

Peralatan untuk membuat bento bentuk kambing
Peralatan untuk membuat bento bentuk kambing
Bentuk nasi menjadi bulat dengan bantuan plastic, ratakan permukaan atas dan bawahnya.

menyusun menu dalam bento bekal bentuk kambing
menu dalam membuat bento bekal bentuk kambing


Masukan ke dalam kotak bekal bersama dengan hidangan lainnya. Untuk tumis sayuran saya gunakan wadah silikon supaya tidak berceceran airnya. Beri daun selada supaya bekal terlihat lebih segar.

cara menyusun  bento bekal bentuk kambing yang kawaii
Cara mengepak bekal untuk bento berbentuk kambing
Setelah bekal terpak padat, hias bagian atas nasi yang kosong dengan menggunakan mortadella.

Saya gunakan cetakan kue yang bukan bagian bermotif melainkan bagian ujungnya yang berbentuk bulat. Kalau tidak ada bisa gunakan tutup botol atau apa saja yang bentuknya bulat dan ukurannya cocok dengan ukuran nasinya. Cetak seperti yang ditunjukan dalam video. 

Demikian juga untuk bagian telinganya. Di buku akinoichigo digunakan cetakan lain untuk telinga, tapi sa ambil praktisnya aja dengan menggunakan cetakan yang sama. Letakan bagian wajah juga telinga di atas nasi dan tusukan spaghetti supaya telinga tidak bergeser ketika di bawa.

Untuk bagian hidung saya gunakan sedotan. Tempelkan di atas wajah kambing. Untuk ekspresi wajah gunakan cetakan nori atau gunting.

Untuk bagian leher kambing diberi gantungan lonceng dari butiran jagung. serta untuk poni dibuat dari gumpalan nasi yakni sekitar satu sendok teh nasi dibentuk lonjong,

Bekal kambing kawaii pun sudah jadi. Lihat cara tips membawa bekal ini supaya tidak rusak di link ini.

bekal bentuk kambing
bekal bentuk kambing


4 comments:

  1. Replies
    1. ayo buat lagi yang lucu imaaa biar seru hehehe

      Delete
  2. mbekkkk... Tapi kalau mbeknya lebih dibanyakkin lebih mantap deh :-D

    ReplyDelete

matched content: