Monday, May 4, 2015

Oreo Cheesecake in Pot tanpa panggang

how to make cheese cake with strawberry plant in pot
Cheesecake in Pot

Kelihatan seperti tanaman yang baru tumbuh dalam pot yah? Tanaman ini sudah berbuah dan terlihat subur. Tapi isi pot tanaman ini bisa dimakan, dan rasanya enak. Namanya kue krim keju oreo dalam pot tanaman. Cara membuatnya mudah, anti gagal banget. Bahan dasarnya menggunakan oreo tanpa panggang, hanya membutuhkan pendingin saja untuk membuat tekstur krimnya lebih mengeras. Hiasannya juga mudah dibuat menyerupai tanaman.


Sebelum share resep cerita dulu yah. 
Dulu si pemilik gedung tempat kami tinggal, Hausmeister kami menyebutnya, mengijinkan kami untuk berkebun di area taman belakang maupun di depan gedung. Hausmeister kami sudah tua, mungkin usianya hampir 90an? yang jelas dia pernah bilang sudah tidak sangup mengurus kebun. selepas adiknya meninggal dunia, kebun tersebut terbengkalai, tak terpelihara. 

Awalnya kami yang membersihkan semak ilalang, menggantinya dengan padang rumput serta menanam beberapa bunga. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi cukup menyenangkan saat itu. Kemudian setelah halaman terlihat rapih, tetangga atas ikut partisipasi juga bercocok tanam di lahan tersebut, dia menanam zucchini, strawberi, dll. Jadilah kebun belakang terlihat lebih menarik, bahkan tanaman tetangga terlihat lebih montok dan rimbun kembang dari pada tanaman yang pernah kami tanam.

Suatu saat kami mengajak teman-teman barbecue di lapangan rumput kecil itu. Si bujang Ismail salah satu pesertanya (sekarang udah nikah dan gelar bujangnya dah resmi dicopot hehehe). Beberapa orang dari kami tidak sengaja menginjak tanah yang digarap oleh tetangga atas. Mungkin dari atas si tetangga itu sudah mengamati gerak gerik kami ketika barbecue. Ketika itu si bujang pas banget tertangkap basah sedang menginjak lahan tanamnya, tetangga pun langsung marah-marah pada si bujang. Tipikal orang jerman kalau dia tidak suka langsung bilang tanpa basa basi. si ujang pun terperangah kaget. Kami juga kaget karena kayaknya marah-marahnya overreacting banget, pakai loncat-loncat pula dan nunjuk-nunjuk gaya rapper gitu deh, hehehe. Kami langsung meminta maaf atas kesalahan tersebut, namun tidak lama kemudian si bule itu pun juga meminta maaf karena dah merasa gak sopan juga terhadap kami. Akhirnya, drama tentang kebun ini berakhir dengan damai, dan kami pun lebih berhati-hati mendaratkan kaki jika hendak piknik dikebun itu.

Meski tetangga itu sekarang sudah pindah, tapi sesekali dia datang terutama ketika akan pergantian musim untuk mencabuti ilalang, menstek batang-batang tanaman yang mati atau sekedar membersihkan dedaunan di lahan sepanjang jalan depan gedung kami. Sayangnya, halaman belakang sudah tidak bisa diakses lagi, sekarang dirawat oleh anak dan menantu Hausmeister.

Taman kecil di depan rumah tersebut sekarang masih tetap terpelihara dan tanamannya terlihat subur-subur. Sehingga membuat orang lewat dan melihatnya terpesona. Terutama ketika musim panas bunga-bunganya sumringah bermekaran. Saya dan mba ira salah satunya yang sering tergoda untuk memetik tanaman tersebut hehehe.

Meski subur tapi tanaman tersebut jarang dimanfaatkan, maklum tetangga yang lain hanya para mahasiswa yang pastinya gak akan kepikiran untuk menggunakan tanaman tersebut. Setelah sekian tahun tergoda, baru kali ini saya memberanikan diri untuk memetik satu batang saja untuk digunakan sebagai hiasan. Yakni daun mint yang akan digunakan sebagai hiasan dalam resep cheese cake oreo tanpa dipanggang ini.

cheese cake oreo in pot plus strawberi
cheese cake oreo in pot plus strawberi

Resep kali ini agak sedikit unik, cheese cake dalam sebuah pot terlihat seperti tanaman dalam sebuah pot, penggagas idenya adalah Shanie seorang wirausahawati yang kreatif. Selain itu ada dukungan dari aya, tetangga yang hobinya buat kue, Sedangkan saya jadi  oknum pemetik pucuk mint saja. Hehehe. akhirnya kami buat kue ini bareng-bareng. 

Sebetulnya tidak hanya cheesecake yang bisa dibuat seperti ini, es krim, brownies, tiramisu, dll juga bisa dikreasikan. Kue-kue berkrim ini bisa disajikan dalam sebuah toples gelas kaca, orang menyebutnya dengan cake in jar, klik di link  berikut kalau ingin beli: cake in jar. Ide awal membuat resep ini juga seperti itu. 

cheese cake in pot
cheese cake in pot
Supaya menarik kita mengganti toplesnya dengan pot tanaman, hingga disebut cheese cake in pot, potty cheese cake, flower plant pot cheesecake, atau strawbery plant pot cheese cake. Halah, apapun itu namanya yang penting rasanya enak. Makanya yuuk simak resepnya berikut ini. Sumber Resep kue ini dari Aya, mantan ketua PPI Aachen yang sekarang jadi koki pribadi suaminya. Makasih Shanie dan Aya atas ide dan resepnya.

Bahan-bahan untuk 8 buah wadah / cup / pot kecil cheesecakes mirip miniatur tanaman strawberi :

  • 2 pack oreo atau sekitar 28 buah oreo
  • 2 sdm muncung margarine, dicairkan
  • 1 cup atau sekitar 250 ml gula pasir (kalau terlalu manis bisa dikurangi)
  • 100 ml plain yoguhrt/ yogurt tawar
  • ½ buah lemon diperas airnya
  • 500 gr cream cheese atau sekitar 3 pack philadelphia cream cheese (@175 gr)
  • Strawberi dan pucuk tanaman mint untuk hiasan

Video cara memasak cheese cake oreo tanpa oven:


Cara membuat cheese cake oreo tanpa panggang:

Oreo dibelah menjadi dua. Krim oreonya bisa disisihkan atau bisa juga dibiarkan, sesuai selera.

Oreo dihancurkan bisa pakai blender atau dimasukan dalam wadah plastik yang bisa di tutup rapat kemudian diremukan dengan dipukul-pukul. Jika ingin teksturnya sangat halus, gunakan blender. Tapi jika ingin teksturnya seperti tanah, baiknya dihancurkan manual aja dengan di pukul-pukul. Hasil teksturnya tidak seragam, ada yang besar ada yang kecil, lebih terlihat natural.

Setelah oreo hancur, aduk dengan mentega cair hingga rata.

Cara memasak cheese cake oreo tanpa oven
cara menata oreo dalam dalam dasar wadah
Masukan oreo ke dalam wadah / cup atau pot bunga, padatkan dengan alat atau dengan tangan. Baiknya jika menggunkan pot tanaman dilapis dulu dengan menggunakan plastik wrap supaya aman. Kita tidak tahu, bahan berbahaya apa yang menempel bandel di pot tersebut.

Jika ingin cheesecakenya dilepas dari wadah, padatkan bagian dasar hingga tidak ada rongga, bisa gunakan alat. Gunakan oreo yang diblender supaya lebih halus dan mudah dipadatkan. Selain itu kalau bisa gunakan wadah yang dasarnya bisa di copot supaya mudah ketika melepasnya. kalau tidak punya bisa juga diakalin dengan melapisi wadahnya dengan cup kertas untuk cupcake. Karena kami ingin dimakan langsung di wadahnya, jadi kami membuat dasarnya tidak terlalu dipress hingga padat.

Sisakan adonan oreo untuk hiasan di atas.


Cara membuat cream cheese:

cheese cake siap dibeku atau didinginkan
cara menata krim 
Cream cheese di mixer bersama gula pasir hingga rata

Masukan lemon aduk lagi dengan mixer dan terakhir masukan yogurt tawar ke dalam adonan krim, kemudian kocok hingga konsistensinya lembut. Saya pikir bakalan lama kocoknya, tapi ternyata relative sebentar, asal udah aduk dan lembut langsung bisa dipakai. Tidak seperti membuat kue yang harus dikocok lama hingga mengembang dan fluffy.

Krim kemudian ditata dalam pot yang sudah diberi oreo dasarnya. penyajian bisa diselang seling antara krim dengan bubuk oreo. atau bubk orea bisa juga diaduk dengan krimnya. Silahkan dimodifikasi sesuai selera.

Sebelum disantap cheesecake harus dimasukan ke dalam kulkas beberapa jam. Karena kami gak sabaran, akhirnya kami diamkan hanya sejam. Krimnya masih lembut tapi rasanya mantap. Jika menginginkan tekstur krim yang agak keras seperti cheesecake yang di oven, baiknya dibekukan saja. Tapi saya pribadi suka dengan cheese cake yang lembut.



Cara merias cheese cake dalam pot supaya terlihat seperti pot tanaman:


  • Sesaat sebelum disantap, cheese cake tadi dikeluarkan dari kulkas kemudian dihias.
  • Tuangkan sisa bubuk oreo ke atas wadah hingga tertutup seluruh permukaannya.
  • Beri potongan strawberi dan tancapkan pucuk daun mint.
  • Siap disajikan.

cara membuat cheese cake oreo
Cheese cake yang sudah dirias dalam pot-pot siap disantap

Selamat mencoba, bisa untuk permainan dengan anak-anak untuk uji nyali, siapa yang berani makan tanah dalam potnya? Pasti pada menolak, padahal pot tanaman yang ini rasanya uenaaak…

cara membuat cheese cake strawberry in a pot
Tebak, mana pot tanaman yang asli dan mana yang bisa dimakan?

16 comments:

  1. Cantik banget cake-nya, Li... Moga2 boleh ikut mencicipi kapan2. hehehe. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mba ira, iya moga kapan2 bisa buatin ya. gampang ternyata.

      Delete
  2. lia..... kemaren baru saja aku bikin ini niih... oreo cheese cake greesn tea.... sehati kita... hehe... cuman sayang banget sekarang udah g boleh akses ke kebon ya... hiks hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh, kuncinya dah diganti ama anaknya si kakek. jd ga bs grill dsana lagi. halah manteup banget pakai green tea, pastinya enak juga yah teh.

      Delete
  3. Replies
    1. awalnya sayang, tapi setelah suapan pertama langusng ketagihan hehehe

      Delete
  4. Cantikkkk bangeett Isi potnyaaaa bisa dimakan. Gampaaaanngggg siaaapp dicobaaaa... Makasii teh liaaaa

    ReplyDelete
  5. Mau mbak, Mau banget ihhh Cheese Cake. Gampang lagi bikinnya. Tapi nggak tega makannya mbak, terlalu cakep untuk dirusak cakenya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba zulfa bisa aja, terimakasih mbak :)

      Delete
  6. Waaaah gampaaaang... bikin aah... *langsung ngacir ke toko depan rumah beli oreo

    ReplyDelete
  7. Kreatif banget mba Irawati. Buat ekskul sekolah lucu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa dipraktekin. selamat praktek yah

      Delete
  8. Cantik banget..pingin cobain bikin dehh..tp sayang kalo mo dimakan.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya jd ketagihan, jd lupa klo sayang dimakan :)

      Delete

matched content: