Wednesday, February 18, 2015

Membuat Marinade yang Mudah dan Enak


Sudah pernah mendengar tentang olive oil atau minyak zaitun? Ya benar, Minyak Zaitun atau Olive Oil adalah minyak yang berasal dari hasil pemrosesan buah zaitun. Minyak Zaitun terkenal akan manfaatnya yang besar bagi kesehatan. Selain itu juga, minyak zaitun dikenal bermanfaat di bidang kecantikan. Dengan mengetik kata kunci "manfaat minyak zaitun", di dunia maya akan banyak dijumpai artikel-artikel yang bagus untuk dibaca tentang minyak zaitun.

Dalam artikel dbento tentang "Bermacam Manfaat Zaitun", sudah diceritakan dari A-Z tentang zaitun. Sebagai bahan review sebelum masuk ke dapur, ada baiknya kita belajar sama-sama tentang minyak zaitun. Di eropa, buah zaitun mudah ditemukan dan bisa dijadikan sebagai bahan memasak. Membuat ayam yang diungkep kecap asin, saos tiram, bawang putih dan bawang bombay, lalu di masak di atas telfon dan diberi buah zaitun sudah enak banget ketika disantap.


Selain langsung diolah dari  buahnya, zaitun juga tersedia dalam bentuk kapsul. Mengkonsumsi minyak zaitun yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh khususnya polifenol. Polifenol memiliki fungsi sebagai anti oksidan sehingga sangat di anjurkan di konsumsi secara rutin untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Manfaat lain dari polifenol adalah menurunkan potensi terkena penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis serta kanker dan alzheimer. 


Yang paling praktis dalam mengkonsumsi minyak zaitun adalah dengan membeli minyak zaitun dalam kemasan dan menggunakannya sebagai bahan memasak. Sekalipun minyak zaitun dianggap minyak paling sehat untuk dikonsumsi, saya pernah membaca artikel bahwa minyak zaitun bukan minyak yang dipergunakan untuk menggoreng dengan teknik deep fried (menggoreng dengan minyak banyak dan panas). Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun memiliki burning point (titik didih dan titik terbakar) yang lebih rendah dibanding minyak goreng lainnya. Ketika terus-menerus dipanaskan akan mudah terbakar dan mengubah rantai molekul di dalamnya. Ini akan membuat minyak tak lagi aman untuk kesehatan. Selain itu, karena titik terbakarnya lebih rendah membuat minyak zaitun cepat terbakar yang akan membuat makanan cepat gosong, padahal bagian dalamnya belum matang.

Nah, sudah kenal maka sayang dengan minyak zaitun ya.. Sekarang kita akan masuk ke dapur manda untuk mengolah bahan makanan (bisa daging sapi, daging ayam dan sayuran) yang dimasak dengan campuran minyak zaitun. Bagi kita ibu rumah tangga yang bekerja di kantor atau di rumah, tentunya waktu di dapur benar-benar sepraktis dan seefisien mungkin. Tentunya berbeda dengan jaman nenek saya yang bisa dari pagi hingga sore asyik di dapur. Menyiapkan hidangan yang praktis tentunya harus didukung dengan resep-resep dan bumbu yang sederhana serta mudah diprakekkan. Cara memproses bahan makanan dengan marinade adalah salah satu pilihan manda dalam memasak. Marinade adalah suatu campuran dari minyak dan bumbu-bumbu rempah untuk membumbui bahan-bahan yang akan dimasak (daging, ikan dan sayuran) yang kemudian disisihkan selama beberapa jam sebelum dimasak. Bahasa dapur manda untuk marinade adalah merendam bahan makanan ke dalam bumbu dan siap untuk diolah dengan cara dipanggang, digoreng, direbus, dikukus, ditumis, atau diungkep. 


Kali ini kita akan memarinade daging ayam fillet dengan menggunakan olive oil, kikkoman, kecap asin, garam, merica, cabe bubuk dan oregano. Rendam daging ayam ke dalamnya dan simpan ke dalam chiller. Kurang lebih 30 menit sebelum jam makan siang/makan malam, keluarkan marinade dan panggang daging ayam di atas telfon atau panggangan atau masukkan ke dalam oven. Tips saat memanggang di atas teflon adalah melumuri daging dengan minyak zaitun lalu panggang hingga warna berubah menjadi putih dan matang bagian dalamnya. Selain memarinade daging ayam untuk dibuat menyerupai steak ayam, minyak zaitun juga dapat dijadikan bahan ungkep membuat sate panggang. 


Bagi yang sedang diet nasi, penyajian ayam marinade yang dipanggang ini bisa dengan kentang goreng atau mash potatoes (kentang tumbuk). Tentunya kalau french fries (bahasa gaulnya kentang goreng) akan mudah dijumpai kemasan instantnya dan tinggal digoreng di api kecil dan minyak melimpah. Kalau penasaran dengan kentang tumbuk, mama saya pernah memberikan resep kentang tumbuk selera keluarga. Caranya mencuci bersih kentang dan rebus hingga empuk dan matang. Saat merebus tambahkan garam dan bawang putih. Setelah matang, segera tiriskan kentang dan kupas kulitnya begitu dingin. Setelah itu tumbuk kentang dan taburi dengan bawang putih goreng yang sudah ditumbuk juga. Tipsnya saat menggoreng bawang putih adalah melumuri bawang putih dengan garam. Semoga resep mudah, sederhana dan praktis dari dapur manda bisa segera dipraktekkan sahabat dbento ya... Selamat mencoba!

9 comments:

  1. aku baru tahu ada olive oil yang kemasan kayak minyak goreng biasa mak^^
    sip makasih resep dan tipsnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamaaatt mencobaaa yaaa mbaa... Makasihh sudah mampir *_*

      Delete
  2. Replies
    1. ayukkkk dicoba mak dibaaaa... kalau sudah dicoba, kirim balik ke saya yaa.. ^_^

      Delete
  3. kalau sy biasanya pakai olive oil yang disemprot, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh sepertinya lebih mudah ya mak.. tapi sayangnya di Jogja belum pernah ketemu yang semprot.. *intip-intip toko online ah* trimakasih sudah mampir yaa mak.. *_*

      Delete
  4. Seumur-umur baru ini ngeliat buah zaitun. Kayak cokelat :D

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah nyoba pake minyak zaitun di rumah.. Pengen nyoba juga sih, katanya buat dressing salad enak juga ya...

    ReplyDelete
  6. aku awam mbak soal minyak zaitun, fungsinya mirip minyak goreng mungkin ya

    ReplyDelete

matched content: