Monday, March 9, 2015

Sate Jamur

Masih dalam rangka fc nih. Tapi inginnya makan sate dan lontong, habisnya Bandung setiap hari diguyur hujan jadi maunya yang hangat-hangat Duuh... terbayang enaknya. Tiba-tiba seorang teman mengirimkan pesan via WA, saya lagi panen Jamur tiram nih, ada yang merah muda, abu-abu dan putih, kamu mau tidak? 

Seperti pepatah, pucuk dicinta ulam tiba. Sewaktu ke Yogjakarta dulu, seorang teman, saya paksa ke salah satu resto terkenal yang menjual aneka hidangan terbuat dari jamur, kenapa saya paksa karena dia tidak suka sekali makan jamur, hihi. Sedangkan kami tamunya sangat suka jamur, apapun kecuali jamur yang beracun tentunya. Dengan waktu yang sempit dan malam-malam akhirnya kami tiba di resto itu.


Waw... penuh sekali sampai kami bingung mau duduk dimana. Begitu pelayan menyodorkan menunya, lebih bingung lagi. Hanya saya melihat, kok banyak sekali orang yang memesan sate jamur. Sepertinya enak, dan menjadi salah satu menu kesukaan orang-orang untuk makan disini. Nah, setelah makan sate jamur itu, saya bercerita ke mama tercinta yang hobi sekali mengotak-ngatik resep makanan. Hanya bilang, Ma, kemarin di Yogya makan sate jamur rasanya enaaak sekali, tanpa pernah mencicipi, mama saya langsung membuatkan dan rasanya lebih enak.

Sejak saat itulah, ada alternatif memakan sate selain ayam, sapi, kerang dan kambing, yaitu jamur.
Akan saya bagi ya resepnya. Buat yang belum tahu jamur tiram, ini nih. Kebetulan baru panen warna pink, abu-abu dan putih.
Panen Jamur tiram
Jamur Tiram

Maaf pencahayaannya kurang bagus karena mendung dan gelap. Ditambah juga belum mahir menggunakan kamera disaat gelap.

Untuk bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :
Bahan :
Jamur tiram
tusuk sate

Bumbunya :
Bawang merah
gula dan garam secukupnya
kecap manis

Bumbu Siramnya :
1 pak bumbu sate siap seduh
air panas
bawang goreng
acar dan tomat

 Cara Membuatnya :
1. Jamur di gulung kecil kemudian di tusuk dengan tusukan sate.
Seperti yang tampak pada foto ya.
Sate Jamur siap di bumbui
Jamur Tiram yang sudah di tusuk sate

2. Bawang merah dikupas, cuci bersih kemudian dihaluskan dengan sedikit air, gula dan garam. Masukan kecap manisnya. Taruh bahan saus ini ditempat yang agak besar, supaya mudah untuk membumbui jamur yang sudah di tusuk sate.
sate yang sudah di bumbui
sate jamur siap panggang

3. Celupkan sate jamur ke adonan kecapnya, satu persatu supaya saus kecap rata melumuri sate jamurnya.
sate jamur sedang di panggang
sate jamur diatas happy call

4. Bakar sate jamurnya hingga matang. Karena cuaca hujan dan saya membuat sate jamur tidak terlalu banyak, ditambah malas dan ditambah tidak mau repot. Jadi untuk membakarnya, saya menggunakan Happy Call, yaitu wajan anti lengket yang menyatu dengan tutupnya. Praktis. Aroma sate dan asap yang membuat sate jamur jadi terasa sate ayam. Seandainya sedang malas, bisa seperti saya, mengandalkan wajan anti lengket saja, lebih mudah dan sate bisa terhidang cepat.
sate jamur berderet
sate jamur siap panggang
Olesi permukaan wajan anti lengket atau Happy call dengan sedikit minyak, saya tidak menggunakan mentega, karena aroma sate jadi berubah jikalau menggunakan mentega, jadi cukup dengan sedikit minyak untuk mengeluarkan aroma sate ini. Saat memanggangnya api kompor jangan terlalu besar saja, kemudian bariskan satu persatu sate jamurnya, jangan sering di bolak balik ya! Sate jamur ini akan mudah lepas kalau sering dibolak balik.

5. Setelah matang, angkat sate jamur dan sajikan hangat-hangat, jangan lupa taburi dengan bawang goreng dan sebagai pelengkap bisa ditambahkan bumbu kacang, Irisan tomat atau acar timun dan wortel, lontong atau ketupat atau nasi putih hangat. Taraaaa..... sudah jadi satenya. Dan rasanya wow. Tidak akan menyangka kalau ini sate jamur. Seperti ayam. Masih penasaran, ayooo bikin. Mudah kok.

sate jamur dan lontong sebagai pelengkapnya
Sate Jamur siap santap


 

4 comments:

  1. waahhhh mauu cobaaaa aahh.... makasiiihh resepnyaaa..

    ReplyDelete
  2. silahkan ima, enak loh jamurnya g berasa anyep... dan rasanya lebih enak dari yang dijejamuran hehe...

    ReplyDelete
  3. disini jamur tiram 100 gr 2 euro... tettoot lebih mahal daripada dada ayam hehehe...
    tp penasaran juga pingin praktekin resepnya.. keliatanya enak..

    ReplyDelete
  4. Li, di toko Turki langgananku lumayan murah jamur tiramnya. Biasanya 5,99 euro per kilo.

    ReplyDelete

matched content: