Tuesday, April 19, 2011

Cara membuat bento sederhana


Membuat bento itu gampang-gampang susah, tergantung bagamana kita menginginkannya. Jika mau cantik dan super kawaiii perlu perjuangan (waktu dan usaha) lebih, tapi jika kita ingin membuat bento alakadarnya jangan pula dibuat repot. Membuat bento tergantung daya kreasi kita dan juga keterampilan. Semakin sering membuatnya akan terasa lebih mudah dan cepat. Selanjutnya bisa membuat kita tergoda untuk membuat bento-bento yang lebih rumit seperti charaben.

Charaben atau kyaraben adalah kependekan dari character bento. Bento yang dihias menyerupai karakter tertentu seperti manusia, binatang, tokoh kartun seperti mickey mouse, hello kity, dll.  Beberapa postingan charaben bisa diklik disini. Namun  berhubung saya juga masih belajar membuat charaben dan masih belum  berani membuat charaben yang rumit-rumit, jadi kali ini saya hanya ingin berbagi cara membuat bento sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah selembar daun salat, onigiri berbentuk bintang, dan wortel. Sedangkan peralatan yang digunakan adalah kotak makan, serutan sayuran, cetakan kue bentuk bunga dan sebuah foodpick (tusuk makanan).

Pertama-tama buat hiasan bentonya terlebih dahulu, untuk  bento ini saya hanya menggunakan wortel saja yang dicetak menggunakan cetakan kue berbentuk bunga.


 Hasil cetakan wortelnya seperti ini.


Ambil dan tusukan foodpick berbentuk daun, sehingga terlihat seperti ini


 
 Buat serutan wortel dengan menggunakan serutan sayuran. Kemudian gulung hasil serutan tersebut hingga menyerupai bunga mawar.



Simpan daun selada di atas bento (bisa lebih dari satu buah, biasanya untuk sekeliling bekal atau menjadi pembatas antara nasi dengan lauk lainnya. Pembatas atau pemisah makanan bentuknya bisa bermacam-macam, bahkan sudah ada yang sintetik (terbuat dari plastik atau silikon). Tapi saya lebih senang menggunakan salat karena bisa dimakan dan akan terlihat lebih segar di kotak makanan.

Letakkan onigiri yang sudah dicetak, atur sedemikian rupa.


Atur tata letak hiasan yang sudah kita buat tadi di atas bekal

Jika akan dibawa ketempat jauh, sebaiknya bento di susun lebih rapat dan padat, jika tidak, susunannya bisa berantakan. Prinsip utama bento memang harus terlihat padat, sehingga ketika dibawa dan terombang ambing diperjalanan, makanan yang di dalam kotak tidak akan berubah atau bergeser dan ketika di buka masih akan tetap terlihat cantik. Karena bento yang ini tidak akan dibawa terlalu jauh, jadi saya buat agak longgar selain itu sengaja untuk mengurangi porsi (porsi diet).

19 comments:

  1. nah ini yg saya tanyakan kmrn... nasinya yg dibikin ini pake campuran apa? kok bisa berwarna warni2 :)
    tq

    ReplyDelete
  2. yang itu namanya furikake, Mbak. Campuran makan nasi. Beli jadi. Untuk informasi lebih lanjut ada di sini : http://www.dbento.com/2011/04/membuat-onigiri-nasi-kepal-dengan.html

    Terima kasih telah mamapir kemari.

    Salam bento mania...

    ReplyDelete
  3. cara membuat nasinya bisa di cek link yang ini mbak, silahkan di klik : http://www.dbento.com/2011/04/membuat-onigiri-nasi-kepal-dengan.html

    bisa juga diganti dengan bahan2 lainnya, seperti: sayuran yang dikeringkan (wortel, bawang daun, etc dan nori

    ReplyDelete
  4. Ini bagus, tapi aku gak tau Onigiri sama Takoyaki itu terbuat dari apa? Nanti kalo udah tau, aku bisa buat bersama mama ... semoga ada resep membuat Onigiri dan membuat Takoyaki disini .... aku berharap juga ada Resep membuat sushi ... semoga aja sihhh .... -__-

    ReplyDelete
  5. onigiri itu nasi yang dicetak atau dikepal. Kalau takoyaki itu makanan yg terbuat dari cumi2. Cara membuat onigiri juga ada klik aja onigiri di tempat search artikel. Selamat mencoba...:)

    ReplyDelete
  6. whuuaa beruntung bgt nemu ini..secara saya jg lagi mau belajar nge-bento hehehe
    bener2 imajinasi kita diperlukan yah disini..

    thx for sharing yah mba :)

    ..emil..
    www.emilyastuti.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. makasih tlah mampir kemari, Mbak Emil. Selamat berkreasi dengan bento...:)

    ReplyDelete
  8. meski terlambat,tp gag ada salahnya. dr pada tidak bisa sama sekali. salam kenal sista,,,,

    ReplyDelete
  9. salam kenal juga, Mbak Tiara...:)

    ReplyDelete
  10. thanks ya sist....gara2 anakku pengen bekal makannya dibikin kayak bento, jd browsing yg berbau bento dan nemu blog ini....bener2 sangat membantu ^__^

    ReplyDelete
  11. sama2, Mbak Hestri. Semoga anaknya semakin semangat makan bekal sehat buatan bunda...:)

    ReplyDelete
  12. Sis, ɑкΰ kepengen banget belajar bikin bento buat bekal anakku skul. Kira2 ada info mengenai bento class ga ya? Ɑкΰ posisi di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa... yang saya tahu di jakarta ada. Kalau dimakassar belum pernah dengar. coba tanya di facebook bento mania, mungkin ada temen2 fb bento mania yg tau atau bisa carikan info

      Delete
  13. keep posting :-)

    ReplyDelete
  14. itu wortelnya mentah ya? atau direbus dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mentah atau direbus dulu, tergantung selera

      Delete
  15. wah, resepnya enak banget, temen temen saya mintain ke saya tiap hari :P Makasih atas sharingnya ya ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania