Sunday, May 15, 2011

Cara Membuat Bento ala Jepang



Video ini memperlihatkan bagaimana membuat bento ala Jepang. Biasanya kami membuat bento menggunakan bahan seadanya dengan menu masakan Indonesia. Malah kadang membuat bento dari sisa makan semalam yang dibuang sayang, lebih bisa menghemat waktu karena tinggal mengepak bekalnya saja.  Saya pribadi jarang sekali membuat bento yang menggunakan berbagai macam jenis masakan seperti ini. Tapi hasilnya memang terlihat menggiurkan sekali. Kalau bekalnya seperti ini mungkin kerja gak akan konsentrasi yah udah kepingin cepet-cepat menyantap makan siang.  

Video ini kami peroleh dari channel cooking with the dog. Anjing di sini sebagai naratornya, wuah pinter banget yah tuh anjing bisa mengajar cara membuat bento :p (makanya jangan mau kalah.. yuuk kita ngebento). Saya buat ringkasannya, di bawah ini, siapa tahu ada yang tidak mengerti dengan logat bahasa inggris si anjing ini.

Membuat salat kentang:
  • Potong dan iris ketimun menjadi bentuk setengah lingkaran, simpan di mangkuk aduk bersama garam sampai merata, diamkan sampai layu, kemudian keringkan dengan tissue.
  • Kupas kentang dan wortel iris menjadi 1/4 lingkaran, masak  dalam air yang sudah diberi garam, hingga matang/lembut. Setelah itu tiriskan, cepat-cepat di hancurkan selagi hangat, tambahkan cuka, gula, lada hitam, kemudian aduk rata. Masukan mentimun tambahkan juga jagung dan mayonaise, aduk rata. Setelah dingin simpan di wadah (food cup/food devider) dan beri hiasan berupa tomat cheri.

Membuat tamagoyaki isi spinat:
  • Potong spinat/bayam, pisahkan bagian batang dengan bagian daunnya, masak dalam air mendidih yang sudah diberi garam sampai layu, angkat dan masukan ke air es, peras airnya, kemudian pindahkan ke piring, siram dengan soy sauce/kecap asin, kemudian peras lagi perlahan.
  • Panaskan wajan yang dilap dengan minyak.
  • Kocok satu butir telur sampai rata dan masukan di wajan yang panas, masak sampai setengah matang, letakan spinat/bayam tadi dan gulung dengan menggunakan sumpit, angkat dan setelah dingin potong menjadi beberapa bagian.
  • Saya pernah juga mempraktekkan resep ini dengan modifikasi, bisa ditengok di sini

Membuat labu madu:
  • Potong labu menjadi beberapa bagian seperti yang ditunjukkan, goreng dalam minyak panas, angkat dan tiriskan, kemudian celupkan ke dalam madu. Setelah dingin, letakan dalam wadah (food cup/food devider) taburi dengan wijen hitam

Membuat apel bentuk kelinci:
  • Potong apel menjadi 8 bagian, ambil 1/8 bagian, hilangkan bagian bijinya, 
  • Buat potongan bervola V dipermukaan kulit apel, kemudian kupas bagian kulit seperti yang ditunjukkan dan potong kedua ujung apel. 
  • Rendam apel dalam larutan garam.

Membuat sosis bentuk oktopus:

Membuat chicken karaage:
  • Bumbui potongan filet daging ayam dengan bumbu kimchi, aduk rata, biarkan beberapa waktu. tambahkan tepung kentang (potato starch), aduk dan goreng hingga matang.

Membuat onigiri:
  • Bisa juga dilihat caranya di sini atau di sini 
  • Ambil plastik wrap, bentuk semangkuk nasi yang sudah didinginkan menjadi segitiga, taburi dengan furikake dan balut dengan nori.

Semua makanan yang sudah dimasak sebaiknya didinginkan terlebih dahulu sebelum dikemas sehingga bento tidak terlalu beruap/lembab. Susun semua bahan seperti yang ditunjukkan beri tambahan tomat cheri dan bento pun siap di bawa.

Lihat juga postingan tips dan trik bento mania lainnya:

4 comments:

  1. .waH beRguna banget niH tips".a..
    .n_n.

    ReplyDelete
  2. hmm pgn nyoba bikin bento buat aisha,semangat..nori itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayo semangat buat bento, bekal sehat utk anak, biar anak gak terlalu sering jajan dan kebutuhan gizinya tetap terpenuhi.
      nori itu rumput laut yang diproses dan dikeringkan, biasanya digunakan tuk membalut sushi

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke blog kami. Jika teman ingin mengutarakan pendapat, pertanyaan saran, kritik silahkan jangan malu-malu untuk menulisnya di sini.

Salam Bento Mania